PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS KODULAR BAGI GURU DI SMK TUNAS WIJAYA SURABAYA

Penulis

  • Ruri Nurul Aeni Wulandari Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Durinda Puspasari Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Trisnawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v4n1.p39-45

Kata Kunci:

training, development, interactive teaching materials, kodular, teacher

Abstrak

Kurikulum 2013 revisi 2017 berpusat pada siswa dan menekankan pada kemampuan siswa untuk belajar mandiri, serta dapat mengkomunikasikan informasi terkait materi yang dipelajari melalui pendekatan saintifik sebagai fokus kegiatan selama pembelajaran. Namun kendala belajar mandiri adalah kurangnya bahan ajar berbasis digital yang dapat membantu meningkatkan pemahaman, minat, dan motivasi siswa. Kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar yang memanfaatkan penerapan teknologi juga masih kurang, sehingga perlu dilakukan pelatihan pengembangan bahan ajar kodular-interaktif. Sasaran kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah 20 orang guru Program Keahlian Administrasi Perkantoran dan Otomasi di SMK Tunas Wijaya Surabaya. Hasil pelatihan bahan ajar interaktif berbasis codular menunjukkan bahwa 87% peserta menyatakan akan menerapkan apa yang telah dipelajari selama kegiatan pelatihan ke dalam pembelajaran mereka.

 

Kata kunci: pelatihan, pengembangan, bahan ajar interaktif, kodular, guru

 

 

Referensi

Afifulloh M., dan Cahyanto, B. 2021. Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Elektronik di Era Pandemi Covid-19. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(2), 31. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2515

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hills, D., Thomas, G., dan Hills, D. 2019. Digital technology and outdoor experiential learning Digital technology and outdoor experiential learning. Journal of Adventure Education and Outdoor Learning, 00(00), 1–15. https://doi.org/10.1080/14729679.2019.1604244

Maiyana, E. 2018. Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa. Jurnal Sains dan Informatika, Volume 4:54–67.

Mardiana, Isa, Y., dan Ningsih, S. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif pada Mata Kuliah Filsafat Pendidikan. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Volume 3(2): 138-148. DOI: 10.17977/um038v3i22020p138

Mudlofir. 2011. Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurjanah, S. A. 2019. Analisis Kompetensi Abad-21 dalam Bidang Komunikasi Pendidikan. Gunahumas: Jurnal Kehumasan Universitas Pendidikan Indonesia, Volume 2(2): 387-402. DOI: https://doi.org.10.17509/ghm.v2i2.23027

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Ronaldo, R., dan Ardoni, A. 2020. Pembuatan Aplikasi Mobile “Wonderful of Minangkabau” sebagai Gudang Informasi Pariwisata di Sumatera Barat Melalui Website Kodular. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan dan Ilmu Informasi, 2(1), 88–93. https://doi.org/10.24036/ib.v2i1.90

Supriani, Y., dan Oktaviyanthi, R. 2014. The Influence of Compact Disk Interactive Learning Model and Student’s Creativity toward the Understanding of Mathematics. International Journal of Education and Research. 2(7): 535-540. https://www.ijern.com/journal/July-2014/41

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Wulandari, R. N. A., Puspasari, D., & Trisnawati, N. (2023). PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS KODULAR BAGI GURU DI SMK TUNAS WIJAYA SURABAYA. Abimanyu : Jornal of Community Engagement, 4(1), 39–45. https://doi.org/10.26740/abi.v4n1.p39-45

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstract views: 144 , PDF Downloads: 131