Pelatihan Pengembangan Kreativitas Guru PAUD Melalui Kerajinan Tangan Dengan Teknik Decoupage

Authors

  • Salim Salim Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Halu Oleo
  • Sitti Rahmaniar Abubakar Jurusan PG-PAUD, Universitas Halu Oleo
  • Nanik Hindaryatiningsih Jurusan Pendidikan Akuntansi, Universitas Halu Oleo
  • Darnawati Darnawati Jurusan Pendidikan Sejarah, Universitas Halu Oleo.
  • Irawaty Irawaty Jurusan PPKn, Universitas Halu Oleo.
  • Hendra Nelva Saputra Prodi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.26740/abi.v1i2.7638

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengembangkan kreativitas guru pada guru PAUD melalui pelatihan kerajinan tangan dengan teknik decoupage. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini sebagai berikut: (1) tim pengabdian masyarakat merancang desain kerajinan tangan yang akan dibuat, (2) tim pengabdian masyarakat memberikan pelatihan tentang cara membuat kerajinan tangan dengan teknik decoupage, (3) guru pada TK mitra melakukan pembuatan kerajinan tangan dengan teknik decoupage yang didampingi oleh tim pengabdian masyarakat. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa (1) para peserta pelatihan telah memiliki pengetahuan membuat kerajinan tangan dengan menggunakan teknik decoupage, (2) para peserta pelatihan telah memiliki hasil kerajinan tangan dengan menggunakan teknik decoupage,dan (3) para peserta pelatihan telah memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat dan mengembangkan kreativitasnya dalam membuat kerajinan tangan dengan menggunakan teknik decoupage

References

<p> [1]       Monawati, Fauzi. (2018). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa<em>. Jurnal Pesona Dasar</em>, <em>6</em>(2): 33-43. <a href="https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12195">https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12195</a></p><p>[2]        Murdiono, M. (2012). <em>Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan</em>. Yogyakarta: Ombak.</p><p>[3]        Osakwe, R. N. 2009. The Effect Of Early Childhood Education Experience On The Academic Performances Of Primary School Children. <em>Studi Home comm Sci</em>, <em>3</em>(2), 143-147. <a href="https://doi.org/10.1080/09737189.2009.11885290">https://doi.org/10.1080/09737189.2009.11885290</a></p><p>[4]        Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Kreatif Pelajaran Bahasa Inggris. <em>Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4</em>(3), 265-272.</p><p>[5]        Permendikbud No 137 tahun 2014 tentang <em>Standar  Nasional  Pendidikan  Anak  Usia Dini</em>. Jakarta: Kemdikbud.</p><p>[6]        Soefandi, I. (2009). <em>Strategi Mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak</em>. Jakarta: Bee Media Indonesia.</p><p>[7]        Supardi S. (2012). <em>Penelitian Tindakan Kelas</em>. Jakarta. PT Bumi Aksara.</p><p>[8]        Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang <em>Sistem Pendidikan Nasional</em>. Jakarta: Depdiknas.</p><p>[9]        Utami A. B. &amp; Pratitis N. T. (2013). Peran Kreativitas dalam Membentuk Strategi Coping Mahasiswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian dan Gaya Belajar. <em>Pesona: Jurnal Psikologi Indonesia</em>, <em>2</em>(3), 232-247. https://doi.org/10.30996/persona.v2i3.308</p>

Published

2020-08-28

How to Cite

Salim, S., Abubakar, S. R., Hindaryatiningsih, N., Darnawati, D., Irawaty, I., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan Pengembangan Kreativitas Guru PAUD Melalui Kerajinan Tangan Dengan Teknik Decoupage. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(2), 34–41. https://doi.org/10.26740/abi.v1i2.7638
Abstract views: 946 , PDF Downloads: 336 , PDF Downloads: 0