Pelatihan Pengembangan Kreativitas Guru PAUD Melalui Kerajinan Tangan Dengan Teknik Decoupage
DOI:
https://doi.org/10.26740/abi.v1i2.7638Abstrak
Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengembangkan kreativitas guru pada guru PAUD melalui pelatihan kerajinan tangan dengan teknik decoupage. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini sebagai berikut: (1) tim pengabdian masyarakat merancang desain kerajinan tangan yang akan dibuat, (2) tim pengabdian masyarakat memberikan pelatihan tentang cara membuat kerajinan tangan dengan teknik decoupage, (3) guru pada TK mitra melakukan pembuatan kerajinan tangan dengan teknik decoupage yang didampingi oleh tim pengabdian masyarakat. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa (1) para peserta pelatihan telah memiliki pengetahuan membuat kerajinan tangan dengan menggunakan teknik decoupage, (2) para peserta pelatihan telah memiliki hasil kerajinan tangan dengan menggunakan teknik decoupage,dan (3) para peserta pelatihan telah memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat dan mengembangkan kreativitasnya dalam membuat kerajinan tangan dengan menggunakan teknik decoupageReferensi
<p> [1] Monawati, Fauzi. (2018). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa<em>. Jurnal Pesona Dasar</em>, <em>6</em>(2): 33-43. <a href="https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12195">https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12195</a></p><p>[2] Murdiono, M. (2012). <em>Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan</em>. Yogyakarta: Ombak.</p><p>[3] Osakwe, R. N. 2009. The Effect Of Early Childhood Education Experience On The Academic Performances Of Primary School Children. <em>Studi Home comm Sci</em>, <em>3</em>(2), 143-147. <a href="https://doi.org/10.1080/09737189.2009.11885290">https://doi.org/10.1080/09737189.2009.11885290</a></p><p>[4] Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Kreatif Pelajaran Bahasa Inggris. <em>Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4</em>(3), 265-272.</p><p>[5] Permendikbud No 137 tahun 2014 tentang <em>Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini</em>. Jakarta: Kemdikbud.</p><p>[6] Soefandi, I. (2009). <em>Strategi Mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak</em>. Jakarta: Bee Media Indonesia.</p><p>[7] Supardi S. (2012). <em>Penelitian Tindakan Kelas</em>. Jakarta. PT Bumi Aksara.</p><p>[8] Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang <em>Sistem Pendidikan Nasional</em>. Jakarta: Depdiknas.</p><p>[9] Utami A. B. & Pratitis N. T. (2013). Peran Kreativitas dalam Membentuk Strategi Coping Mahasiswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian dan Gaya Belajar. <em>Pesona: Jurnal Psikologi Indonesia</em>, <em>2</em>(3), 232-247. https://doi.org/10.30996/persona.v2i3.308</p>
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
2020-08-28
Cara Mengutip
Salim, S., Abubakar, S. R., Hindaryatiningsih, N., Darnawati, D., Irawaty, I., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan Pengembangan Kreativitas Guru PAUD Melalui Kerajinan Tangan Dengan Teknik Decoupage. Abimanyu : Jornal of Community Engagement, 1(2), 34–41. https://doi.org/10.26740/abi.v1i2.7638
Terbitan
Bagian
Artikel


