PROFIL ARTIKEL ILMIAH BUATAN GURU PADA PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU - GURU DI SMP LAB SCHOOL SURABAYA

Authors

  • Endang Susantini Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Yuni Sri Rahayu Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Djoko Budiono Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
  • Raharjo Raharjo Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v1n1.p1-7

Keywords:

pelatihan penulisan, karya ilmiah, guru

Abstract

 Tujuan kegiatan ini ialah untuk melatih guru-guru SMP Lab School Surabaya dalam menulis karya ilmiah dengan baik dan benar dari hasil PTK atau Lesson Study yang pernah dilakukan dan untuk mendeskripsikan respon peserta terhadap kegiatan pelatihan. Metode pelaksanaan dibagi menjadi tiga tahap, yakni Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan, dan Tahap Evaluasi. Kegiatan pelatihan menghasilkan 4 artikel ilmiah karya guru. Tiga artikel ilmiah belum sesuai dengan kaidah penulisan artikel ilmiah yang baik dan satu artikel memiliki isi dan format yang lebih mirip proposal penelitian. Sementara itu, sebanyak 100% peserta memberi respon bahwa kegiatan pelatihan bermanfaat, menambah wawasan tentang penulisan karya ilmiah dan materi yang disampaikan instruktur sangat jelas. Lalu, sebanyak 57% peserta menyatakan materi yang disajikan sesuai dengan kebutuhan, 50% peserta menyatakan kegiatan pelatihan efektif, dan 79% peserta menyatakan pelatihan yang telah dilakukan lebih jelas dan lebih konkrit daripada pelatihan yang pernah diikuti sebelumnya.

 Tujuan kegiatan ini ialah untuk melatih guru-guru SMP Lab School Surabaya dalam menulis karya ilmiah dengan baik dan benar dari hasil PTK atau Lesson Study yang pernah dilakukan dan untuk mendeskripsikan respon peserta terhadap kegiatan pelatihan. Metode pelaksanaan dibagi menjadi tiga tahap, yakni Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan, dan Tahap Evaluasi. Kegiatan pelatihan menghasilkan 4 artikel ilmiah karya guru. Tiga artikel ilmiah belum sesuai dengan kaidah penulisan artikel ilmiah yang baik dan satu artikel memiliki isi dan format yang lebih mirip proposal penelitian. Sementara itu, sebanyak 100% peserta memberi respon bahwa kegiatan pelatihan bermanfaat, menambah wawasan tentang penulisan karya ilmiah dan materi yang disampaikan instruktur sangat jelas. Lalu, sebanyak 57% peserta menyatakan materi yang disajikan sesuai dengan kebutuhan, 50% peserta menyatakan kegiatan pelatihan efektif, dan 79% peserta menyatakan pelatihan yang telah dilakukan lebih jelas dan lebih konkrit daripada pelatihan yang pernah diikuti sebelumnya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. (2005). Materi Pelatihan Terintegrasi Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdiknas.

Heinich, R., M. Molenda and J.D. Russel. (1982). Instructional Media and the New Technologies of Instruction. New York: Macmillan Publishing Company.

Pribadi, Benny A. (2011). Model ASSURE untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Sadiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Smaldino, Sharon E, (2012). Instructional Technology dan Media For Learning (Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar). Jakarta: Prenada Media Group.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Downloads

Published

2016-10-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1540 , PDF Downloads: 723