PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Authors

  • Ady Soejoto Jurusan Pendidikan Ekonomi, FE Universitas Negeri Surabaya
  • Dhiah Fitrayati Jurusan Pendidikan Ekonomi, FE Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Abdul Ghofur Jurusan Pendidikan Ekonomi, FE Universitas Negeri Surabaya
  • Nimatush Sholikhah Jurusan Pendidikan Ekonomi, FE Universitas Negeri Surabaya
  • Albrian Fiky Prakoso Jurusan Pendidikan Ekonomi, FE Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p51-59

Keywords:

Proposal, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan kepada para guru MGMP IPS SMP Lamongan yang bertempat pada SMPN 1 Lamongan, Jl. Ki Sarmidi Mangun Sarkara, Kelurahan Jetis, Kecamatan Lamongan, Jawa Timur. Tujuan Pelatihan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk (1) memberikan penyampaian materi pada guru tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK), (2) memberikan penugasan penyusunan proposal pada guru tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK), (3) memberikan pendampingan pada guru tentang telaah proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dibuat oleh guru. Pelaksanaan PKM terdiri dari tahapan: 1) pemberian materi pelatihan terdiri: Hakekat Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Anatomi Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Grand Teori/ Kajian Teori dan Empirik, Penulisan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh peserta; 2) Penyusunan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh peserta; 3) Telaah proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Mohamad.1985. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Angkasa. Bandung: Angkasa.

Anwar, 2006. Penggunaan Pete Konsep Melalui Model Pembelajaran KooperatifTipe STAD Untuk Meningkatkan Proses, Hasl belajar dan Respon pada Konsep Ekosistem Siswa Kelas X SMAN 8 Malang. Tesis tidak diterbaitkan. Malang: Universitas Negeri Malang. PPS Biologi.

Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bohar, Soeharto. 1985. Menyiapkan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi-Thesis). Bandung: Tarsito.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwiloka, Bambang. 2005. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Bandung: Rineka Cipta.

Elfitri, Ayu Rahayu. 2012. Kompas

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hariwijaya. 2008. Pedoman Penulisan Ilmiah proposal dan Skripsi. Tugu Publisher.

Hasan, dkk. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif Tinjauan Teoritis dan Praktis. Malang: Lembaga Penelitian UNISMA kerjasama dengan VISIPRESS.

Moleong, L. J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2017-04-16

Issue

Section

Articles
Abstract View: 6878