PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
DOI:
https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p51-59Keywords:
Proposal, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan kepada para guru MGMP IPS SMP Lamongan yang bertempat pada SMPN 1 Lamongan, Jl. Ki Sarmidi Mangun Sarkara, Kelurahan Jetis, Kecamatan Lamongan, Jawa Timur. Tujuan Pelatihan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk (1) memberikan penyampaian materi pada guru tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK), (2) memberikan penugasan penyusunan proposal pada guru tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK), (3) memberikan pendampingan pada guru tentang telaah proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dibuat oleh guru. Pelaksanaan PKM terdiri dari tahapan: 1) pemberian materi pelatihan terdiri: Hakekat Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Anatomi Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Grand Teori/ Kajian Teori dan Empirik, Penulisan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh peserta; 2) Penyusunan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh peserta; 3) Telaah proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Downloads
Download data is not yet available.
References
Ali, Mohamad.1985. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Angkasa. Bandung: Angkasa.
Anwar, 2006. Penggunaan Pete Konsep Melalui Model Pembelajaran KooperatifTipe STAD Untuk Meningkatkan Proses, Hasl belajar dan Respon pada Konsep Ekosistem Siswa Kelas X SMAN 8 Malang. Tesis tidak diterbaitkan. Malang: Universitas Negeri Malang. PPS Biologi.
Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Bohar, Soeharto. 1985. Menyiapkan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi-Thesis). Bandung: Tarsito.
Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwiloka, Bambang. 2005. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Bandung: Rineka Cipta.
Elfitri, Ayu Rahayu. 2012. Kompas
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hariwijaya. 2008. Pedoman Penulisan Ilmiah proposal dan Skripsi. Tugu Publisher.
Hasan, dkk. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif Tinjauan Teoritis dan Praktis. Malang: Lembaga Penelitian UNISMA kerjasama dengan VISIPRESS.
Moleong, L. J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Anwar, 2006. Penggunaan Pete Konsep Melalui Model Pembelajaran KooperatifTipe STAD Untuk Meningkatkan Proses, Hasl belajar dan Respon pada Konsep Ekosistem Siswa Kelas X SMAN 8 Malang. Tesis tidak diterbaitkan. Malang: Universitas Negeri Malang. PPS Biologi.
Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Bohar, Soeharto. 1985. Menyiapkan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi-Thesis). Bandung: Tarsito.
Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwiloka, Bambang. 2005. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Bandung: Rineka Cipta.
Elfitri, Ayu Rahayu. 2012. Kompas
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hariwijaya. 2008. Pedoman Penulisan Ilmiah proposal dan Skripsi. Tugu Publisher.
Hasan, dkk. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif Tinjauan Teoritis dan Praktis. Malang: Lembaga Penelitian UNISMA kerjasama dengan VISIPRESS.
Moleong, L. J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
2017-04-16
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for non commercial purposes.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.

