Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal ABDI?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK BAGI PENULIS JURNAL ABDI

A.       Ketentuan Umum
  1. Jurnal ABDI hanya menerima naskah/manuscript berupa artikel hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan atau hasil penelitian terkait dengan pengabdian kepada masyarakat yang belum pernah dimuat dalam jurnal lain.
  2. Dewan Penyunting berhak menyunting manuscript dengan tanpa mengubah esesnsinya.
  3. Dewan Penyunting berhak menolak (tidak menerbitkan) manuscript yang tidak memenuhi syarat tanpa mengembalikan manuscript yang sudah dikirim.
  4. Manuscript yang dikirim berupa softcopy (file Ms Word) dan hardcopy yang dicetak satu muka sebanyak dua eksemplar.
  5. Alamat Redaksi Jurnal ABDI:

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Kampus Ketintang Gedung D1. Telp. 031-8280009, Fax. 031- 8296427

e-mail: jurnal.abdi@unesa.ac.id

 

B.       Tata Tulis Manuscript

Manuscript yang dikirim ke redaksi hendaknya dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia baku atau Bahasa Inggris dan diketik menggunakan program Ms Word, dengan format penulisan satu kolom, Times New Roman,  12 poin, spasi 1,5, ukuran kertas A4, semua batas tepi 2,5 cm. Manuscript terdiri atas 5-10 halaman dan masing-masing dilengkapi dengan nomor halaman. Manuscript ditulis dengan bagian dan sistematika sebagai berikut: Judul, nama dan alamat penulis (by lines), abstrak, pendahuluan, metode pelaksanaan, hasil dan pembahasan, simpulan dan saran, daftar pustaka.

  1. Judul; judul ditulis secara ringkas dan mencerminkan isi, terdiri atas maksimal 15 kata. 
  2. Nama dan Alamat Penulis (by-lines); semua nama penulis ditulis secara jelas, penulis pertama ditulis paling awal dan berturut-turut penulis kedua, ketiga dan seterusnya. Apabila penulis lebih dari satu dengan instansi yang berbeda, maka harus dituliskan setiap instansi tersebut dengan diberi tanda asterisk yang dimulai dari single asterisk (*) yang merujuk pada penulis.   
  3. Abstrak; abstrak memuat intisari artikel meliputi tujuan, metode, hasil dan pembahasan (simpulan), dan saran yang ditulis dalam 100-200 kata. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dilengkapi dengan kata kunci (key words) yang tidak lebih dari lima komponen. 
  4. Pendahuluan; pendahuluan berisi uraian tentang latar belakang. Uraian ini didukung dengan kajian pustaka yang berupa data-data baik dari kajian empiris maupun teoritis. Pada bagian ini tercantum tujuan yang diformulasikan dengan kata kerja operasional.
  5. Metode Pelaksanaan; bagian ini berisi tentang metode yang digunakan. Metode harus dijelaskan selengkap mungkin. 
  6. Hasil dan Pembahasan; hasil berisi paparan temuan. Data yang disajikan adalah data yang sudah diolah dan siap dibaca untuk menjawab tujuan (bukan data mentah), selain itu untuk memperjelas dapat diberikan ilustrasi berupa gambar dan tabel. Keterangan mengenai gambar langsung ditulis di bawah gambar di tengah-tengah halaman, keterangan mengenai tabel langsung ditulis di atas tabel, nomor gambar dan tebel ditulis secara berurutan dan dicetak tebal, spasi tunggal.  
  7. Simpulan dan Saran; bagian ini berisi jawaban dari tujuan yang ditulis secara ringkas dan jelas.
  8. Daftar Pustaka; sistem penulisan daftar pustaka mengikuti format berikut.
    1. Buku/Majalah: nama penulis. (tahun terbit). judul buku/majalah. edisi (harus dicantumkan untuk majalah). kota penerbit: nama penerbit. halaman yang diacu.
    2. Arikel dalam Jurnal: nama penulis. (tahun terbit). judul. nama jurnal, edisi/volume jurnal, nomor jurnal, halaman yang diacu.
    3. Tulisan dari Buku dengan Banyak Penulis: nama penulis. (tahun terbit). judul bab/tulisan. halaman dalam/in nama editor. judul buku. ). kota penerbit: nama penerbit.       
    4. Daftar pustaka diketik satu spasi. Jarak antar referensi yang satu dengan referensi berikutnya dua spasi.
Setiap kutipan harus diberikan referensi, daftar pustaka tidak perlu memuat seluruh sumber acuan, cukup memuat referensi yang dikutip dalam tubuh naskah saja. Acuan pustaka menggunakan sistem nama tahun. Contoh: Karim, M. (2004), untuk pengarang tunggal/pertama.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)

Fast-Track Review: 0.00 (IDR)

Article Publication: 0.00 (IDR)