PELATIHAN KONSELING POST-MODERN BAGI GURU BK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA SURABAYA

Authors

  • Bambang Dibyo Wiyono Universitas Negeri Surabaya
  • Tamsil Muis Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Purwoko Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ja.v3n1.p11-16

Keywords:

Pelatihan, Konseling Post-modern, Guru BK SMP

Abstract

Kota Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia. Kemajuan teknologi menimbulkan efek negatif yang kompleks melebihi manfaat dari teknologi itu sendiri terutama terkait pola hidup manusia dalam dimensi sosial budaya. Guru bimbingan dan konseling SMP Surabaya sebagai pendidik bisa mengambil peran untuk mengatasi kondisi tersebut. Salah satu layanan kuratif dalam bimbingan dan konseling adalah layanan konseling. Salah satu pendekatan konseling kekinian yakni pendekatan konseling post-modern yang terdiri dari konseling singkat berfokus solusi. Berdasarkan evaluasi proses dan hasil, peserta pelatihan konseling post-modern memberikan kesan positif dan mampu mempraktekkan konseling singkat berfokusi solusi di instansinya masing-masing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bachtiar, Amsal. (2012). Filsafat Ilmu Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bandler, R. & Grinder, J. (1975). The Structure of Magic I: A Book About Language and Therapy. California: Svience and Behavior Books Inc.

Charlesworth, J.R. & Jackson, C.M. (2004). Solution-Focused Brief Counseling: An Approach for Professional School Counselor. Dalam

Bradley T. Erford (Ed), Professional School Counseling: A Handbook of Theories, Programs & Practice (hal. 139-148). Austin, TX: Pro-Ed, Inc.

Corey, G. (2009). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (8th Ed.). Belmont, CA: Brooks/Cole.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Lines, D. (2012). Brief Counseling in Schools: Working with Young People from 11-18 (3th Ed.). London: Sage Publication.

McLeod, J. (2009). An Introduction to Counseling (4th Ed.). New York: Open University Press.

Downloads

Published

2017-10-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 2524 , PDF Downloads: 1944