Gaya Permainan Didiet Violin Dalam Lagu "Turning Point"

Main Article Content

Singgih Rastra Kusuma

Abstract

Lagu œTurning Point Merupakan lagu yang ditulis oleh Sigit Ardityo atau yang lebih dikenal sebagai Didiet Violin yang dipublikasikan pada tanggal 28 Januari 2018 dalam album œDidiet & Violin Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana aransemen dalam lagu œTurning Point ciptaan Didiet Violin, 2) Bagaimana gaya permainan dalam lagu œTurning Point ciptaan Didiet Violin. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah Lagu œTurning Point, dengan fokus yang dibahas adalah aransemen dan gaya permainan. Subjek penelitian ini adalah peneliti mewawancarai satu narasumber sekaligus pencipta lagu œTurning Point yakni Sigit Ardityo atau Didiet Violin. Hasil  penelitian ini fokus pada tinjauan aransemen dan gaya permainan pada lagu œTurning Point yang meliputi : 1) Pada Introduksi, terdapat melodic variation and fake, kemudian counter melodydiakhiri dengan transisi sebagai penghubung kebagian selanjutnya2) Terdapat tujuh transisiberbeda yang ada setiap perpindahan subbagian baru,3)empat kali retransisihadir untuk mengulagi bagian transisi yang sama,4)Disolusibertujuan sebagai pengulang dari Tema 1 dan Tema 2 dengan menambahkan melodic variation and fakesehingga tema terjadi pengembangan pada bagian melodi,5)Interludepada lagu œTurning Point terjadi dua kali, pertama terjadi antara disolusi tema 1 dengan repetisi tema 2 sebanyak 7 birama kemudian terjadi antara disolusi tema 1 yang kedua dengan kodeta melodis, 6)Kodeta melodisterdapat pada subbagian M, instrumen piano melakukan filler like obbligatountuk mengisi kekosongan pada melodi utama, diikuti dengan drum dan congas yang memainkan sixtupletsecara bersamaan dengan piano, 7) Kodamerupakan bagian dari disolusi tema 1. Pada instrumen gitar melakukan fillerterhadap melodi violin dan kemudian diakhiri dengan transisi, 8)Postludeberada pada subbagian q, Memiliki progresi akord secara berturut-turut F#dim-Em. Bass melakukan counter melodydengan violin dan gitar yang memainkan melodi yang sama supaya memperkuat jalannya harmoni,9)Didiet Violin menerapkan Gaya (style) Klasik,danJazzdidalam lagu œTurning Point,10)Didiet Violin  dalam lagu œTurning Point menggunakan teknik permainan pizzicato, staccato, sautille, glissando, legato,dan  doublestopuntuk menunjang gaya permainannya,11) Genre yang digunakan pada lagu œTurning Point merupakan genre Latindengan Samba pattern, tepatnya Brazilian Samba.

Kata Kunci: Aransemen, Gaya Permaninan, Lagu œTurning Point

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kusuma, S. R. (2019). Gaya Permainan Didiet Violin Dalam Lagu "Turning Point". Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 2(2), 106–120. https://doi.org/10.26740/vt.v2n2.p106-120
Section
Articles

References


Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka


Benward, Bruce. 2003. Music : In Theory and Practice (Vol. I). McGraw-Hill College


Duarter, John. 2008. Melody & Harmony for Guitarists. Missouri: Mel Bay Publications


Harrison,Winston. 2005. The Rockmaster System: Relating Ongoing Chords to the Keyboard. New York: Dellwin Publishing


Jamalus. 1988. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Depdikbud Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan


Károlyi, Otto. 1969. Introducing Music. Penguin Books


Monath, Norman. 1984. Hoe to Play Popular Piano in 10 Easy Lessons. New York: Fireside Books


Muttaqin, Moh. 2008. Seni Musik Klasik Jilid 1 untuk SMK oleh Moh. Muttaqin, Kustap. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional


Prier, Karl-Edmund SJ. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi


Prier, Karl-Edmund SJ. 1991. Sejarah Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi


Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group


Schoenberg, Arnold. (1983). Structural Functions of Harmony (2 ed.). London: Ernest Benn Limited


Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta


Sugiyono. 2012. Metode Penelitian dan Pengembangan dan R&D. Bandung: Alfabeta


Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta


Surmani, Andrew. 2004. Essentials of Music Theory: A Complete Self-Study Course for All Musicians. California: Alfred Publishing


Syafiq, Muhammad. 2003. Ensiklopedia Musik Klasik. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa