Concerto in C Minor for Viola Karya Henri Casadesus dalam Tinjauan Bentuk Musik dan Teknik Permainan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk musik dan teknik permainan Concerto in C Minor for Viola Karya Henri Casadesus. Concerto in C Minor for Viola termasuk karya musik klasik, dimainkan dalam format solo viola diiringi strings orchestra. Dasar teori yang digunakan dalam meneliti bentuk musik dan teknik permainan dalam Concerto in C Minor for Viola karya Henri Casadesus yakni analisis bentuk musik Concerto, yang didalamnya menganalisis bentuk musik sonata, analisis bentuk lagu tiga bagian, analisis bentuk musik rondo dan terakhir, menganalisis teknik permainan pada solo viola. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif karena tidak menggunakan angka-angka sebagai sumber datanya dan hasil penelitian memfokuskan penjabaran pada bentuk musik dan teknik permainan solo viola. Data dalam penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Concerto in C Minor for Viola Karya Henri Casadesus dimainkan dalam tangga nada C Minor dan memiliki 3 movement. Movement I Allegro molto ma maestoso memiliki bentuk musik sonata (sonata allegro form) yang terdiri dari bagian eksposisi, development, dan rekapitulasi yang terdiri dari 157 birama. Movement II Adagio molto espressivo memiliki bentuk lagu 3 bagian yaitu ABA yang terdiri dari 80 birama. Movement III Allegro molto energico memiliki bentuk musik rondo yaitu ABACA yang terdiri dari 175 birama dan terdapat cadenza ad libitum pada bagian A. Teknik permainan pada Concerto in C Minor for Viola terdapat teknik staccato, legato, detaché, vibrato, accent, tremolo dan multiple stops, serta terdapat ornamen appogiatura, acciacatura.
Downloads
Article Details
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
References
Auer, Leopold. 1991. Violin Playing As I Tech It. New York : Barnes & Noble
Banoe, Pono. 2003. Pengantar Pengetahuan Harmoni.Yogyakarta : Kanisius
Banoe, Pono. 2013. Kamus Musik. Yogyakarta : Kanisius
Casadesus, Henri. 1947. Jean-Chrétien BACH Concerto en ut mineur version pour alto & piano reconstitué & harmonisé par Henri Casadesus orchestré par Francis Casadesus. Paris : Salabert
Groove, George. 1889. Dictionary of Music and Musician. New York : The MacMilan.
Jamalus, 1998. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta : Rineka Cipta
Kamien, Roger. 2011. Music : An Appreciation. New York : McGraw-Hill
McNeill, Rhoderick. 2000. Sejarah Musik 2. Jakarta: PT.BPK Gunung Mulia
Mustopo, M.Habib.1983. Ilmu Budaya Dasar. Surabaya: Usaha Nasional
Muttaqin. 2008. Musik Klasik : Pengantar Musikologi untuk SMK. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Prier, Edmund. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta : Pusat Musik Liturgi
Prier, Edmund. 2014. Kamus Musik. Yogyakarta : Pusat Musik Liturgi
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Prenada Media Group.
Schindler. 1980. Listening to Music. New York : Holt, Rinehart and Wiston.
Stein, Leon. 1979. Structure & Style The Study and Analysis of Musical Forms. Miami (USA) : Summy-Birchard Music Inc.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukohardi. 1990. Teori Musik Umum. Yogyakarta : Pusat Musik Liturgi
Syafiq, Muhammad. 2003. Ensiklopedia Musik Klasik. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa