PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS VIA SDN KRECEK 1 KECAMATAN BADAS KABUPATEN KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v1n1.p66-70Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar IPS kelas VIA SDN Krecek 1 Kecamatan Badas Kabupaten Kediri melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan teknik mind mapping. Pembelajaran kooperatif jigsaw ini siswa belajar dalam kelompok yang heterogen. Setiap siswa bertanggung jawab atas penguasaan materi belajar (ahli) kemudian mengajarkan materi tersebut kepada siswa lain. Mind mapping membantu siswa untuk menjadi ahli dalam menguasai materi sehingga siswa aktif dan hasil belajar meningkat.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Kegitan perencanaan meliputi penyusunan perangkat pembelajaran, instrumen, dan pembentukan kelompok. Pelaksanaan tindakan berdasarkan rancangan kemudian melakukan observasi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil observasi direfleksi untuk perbaikan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIA SDN Krecek 1 Kecamatan Badas Kabupaten Kediri dengan jumlah 25 siswa.
Data hasil penelitian ini diperoleh melalui observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus I mencapai rata-rata 77,00 dengan persentase ketuntasan sebesar 56% meningkat pada siklus II rata-rata menjadi 98,87 dengan persentase ketuntasan 100%. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata siswa 67,00 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 40% atau 10 siswa tuntas dan 15 siswa tidak tuntas meningkat pada siklus II dengan rata-rata siswa 77,88 persentase ketuntasan klasikal mencapai 88% atau 22 siswa tuntas dan 3 siswa tidak tuntas dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas VIA SDN Krecek 1 Kecamatan Badas Kabupaten Kediri
Kata-kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Teknik Mind Mapping, Aktivitas Siswa, dan Hasil Belajar IPS.
References
Ahmadi, Iif Khoiru. (2011). Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Bandung: PT Genesindo
Anderson, Lorin W dan Krathwohl, David R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing a Revision of Blooms Taxonomy of Educaional Objectives. New York: Addison Weslay Longman, Inc.
Arends, Richard I. (2012). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Borich, GD. (1994). Observation Skill for Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company
Budimansyah. (2009). PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Bandung: PT Genesindo
Buehl, Doug. (2001). Classroom Strategies for Interactive Learning. New York: International Reading Association
Buzan, Tony. (2002). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dahar, Ratna Wilis. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga
Darnon, Celine, Buchs, Celine, dan Desbar, Delphine. (2012). The Jigsaw Technique and Self-efficacy of Vocational Training Students: a Practice Report. European Journal of Psychology of Education A Journal of Education and Development ISSN 0256-2928 Volume 27 Number 3. (Online) http://lapsco.univ-bpclermont.fr/sites/darnon/ diakses tanggal 5 Desember 2014
Hamdani, Judo. (2013). œImplementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan LKS pada Materi Dinamika Penduduk terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa (pada Kelas VIII di SMP Negeri 9 Pematangsiantar). Tesis Magister Pendidikan Prodi Pendidikan IPS yang Tidak Dipublikasikan. Surabaya: PPs UNESA
Hedeen, Timothy. (2003). The Reverse Jigsaw: a Process of Cooperative Learning and Discussion. Teaching Sociology; Jul 2003; 31, 3; ProQuest Education Journals pg. 325 diakses tanggal 5 Desember 2014
Huang, Yueh-Min, Tien-Chi, dan Hsieh, Meng-Yeh. (2008). Using Annotation Services in a Ubiquitous Jigsaw Cooperative Learning Environment. Educational Technology & Society, 11 (2), 3-15 diakses tanggal 5 Desember 2014
Ibrahim, Muslimin dkk. (2008). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa-University Press
Ischak. (2005). Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Keles, Ozgul. (2012). Elementary Teachers Views on Mind Mapping. International Journal of Education ISSN 1948-5476 2012, Vol. 4, No. 1 Published: March 11, 2012, (Online) http://dx.doi.org/10.5296/ije.v4i1.1327 diakses tanggal 5 Desember 2014
Kemp, Jerrold E. (2011). Designing Effective Instruction. USA: John Wiley & Sons, Inc.
Nur, Mohamad. (2008). Teori-teori Pembelajaran Kognitif. Surabaya: PSMS Unesa
Rahmat, Abdul. (2009). Super Teacher. Bandung: MQS Publishing
Ratumanan, Tanwey Gerson dan Laurens, Theresia. 2011. Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press
Riswanto dan Putra, Pebri Prandika. (2012). The Use of Mind Mapping Strategy in the Teaching of Writing at SMAN 3 Bengkulu, Indonesia. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 2 No. 21, (Online) www.ijhssnet.com diakses tanggal 5 Desember 2014
Riyanto, Yatim. (2007). Metodologi Penelitian pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press
Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sapriya. (2012). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Subroto, Waspodo Tjipto. (2009). Bahan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Surabaya: Unesa University Press
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sudjana, Nana. (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sugiarto, Bambang. (2009). Mengajar Siswa Belajar. Surabaya: Unesa Universiy Press
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Sujono. (2013). œPengembangan Karakter dan Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Menggunakan Teknik Mind Mapping di Kelas V SDN Pangolangan Bangkalan. Tesis Magister Pendidikan Prodi Pendidikan Dasar yang Tidak Dipublikasikan. Surabaya: PPs UNESA
Suprijono, Agus. (2005). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sutini. (2013). œPengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Materi Jenis-jenis Pekerjaan di Kelas III SD. Tesis Magister Pendidikan Prodi Pendidikan Dasar yang Tidak Dipublikasikan. Surabaya: PPs UNESA
Suyono dan Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Surya, M. (2004). Kapita Selekta Kependidikan SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Susanto. (2010). Konsep Penelitian Tindakan Kelas dan Penerapannya. Lembaga Penerbitan FBS Unesa
Swadarma, Doni. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Gramedia
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Tematik (Teori dan Praktik). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Wardhani, IGAK. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
Winataputra, Udin S. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Wong, Christhoper Kevin dan Driscoll, Maryanne. (2008). A Modified Jigsaw Method: an Active Learning Strategy to Develop the Cognitive and Affective Domains through Curricular Review. Journal of Physical Therapy Education: Spring, Vol 22 (1), ProQuest Education Journals pg. 15 diakses tanggal 5 Desember 2014
Woolfolk, A.W., Hughes, M., Walkup, V. (2008). Psychology in Education. Horlow, England, London: Pearson, Longman. Saduran oleh Mohamad Nur dalam bentuk power point.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.