PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENGAJUAN MASALAH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD PADA MATERI SUDUT
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v1n1.p51-57Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pengajuan masalah untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD pada materi sudut. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Tes Berpikir Kreatif (TBK), dan Tes Hasil Belajar (THB) pada materi sudut. Pengembangan penelitian ini menggunakan model 4-D Thiagarajan, dkk. (pendefinisian, perancangan, pengembangan, penyebaran) dengan sedikit modifikasi. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pengajuan masalah yang berkualitas yaitu kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan telah terpenuhi. Hasil dari penelitian ini adalah pada uji coba lapangan perubahan kemajuan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 85,29% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 85,29%, sedangkan pada tahap penyebaran perubahan kemajuan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 77,78% dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,89%. Dengan demikian, perangkat pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sudut.
Kata Kunci: Pengajuan Masalah, pengembangan perangkat, kemampuan berpikir kreatif, sudut.
References
Ibrahim, Muslimin. (2012). Pembelajaran Berdasarkan Masalah Edisi Kedua. Surabaya: Unesa University Press.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2014) http://kbbi.web.id/. Diakses 1 Oktober 2014
Nieeven, Nieke. (1999). Prototy to Reach Product Quality. In Jan Vanden Akker, R.M. Brach, Gutafson, N. Nieveen & Tj Ploom (eds), Design Approaches and Tools in Education and Training. Dorgrecht, Netherland Kluwer Academic Publisher.
Permendiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.
Silver, Edward A. & Cai Jinfa. (1996). An Analysis of Arithmetic Problem Posing by Middle School Students. Jurnal for Research in Mathematics Education. V-27 No.5, November 1996, 521-539.
Silver, Edward A., Mamona-Down, Leung, S. & Kenney P. A.. (1996). Posing Mathematical Problems: An Exploratory Study. Jurnal for Research in Mathematics Education. V-27 No.3, May 1996, 293-309.
Siswono, Tatag. Y. E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Thiagarajan, S. Dkk. (1974). Intructional Development for Training Teachers of Exeptional Children. Minnesota: University Minnesota.
Undang Undang Republik Indonesia. Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Woolfolk, Anita (2008). Educational Psychology Active Learning Edition. Terjemahan: Soetjipto, dkk.. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.