PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI POKOK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI KELAS IV SD KAREN BANTUL

Authors

  • Winarni Winarni Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v1n1.p36-43

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran langsung dengan mind map dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi pokok perkembangan teknologi di kelas IV SD Karen Bantul. Penerapan model pembelajaran langsung memberikan banyak kesempatan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan kemampuan belajarnya. Belajar siswa menjadi terstruktur dengan mengacu pada tahapan/sintaks yang meliputi: (1) Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, (2) Mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan, (3) Membimbing pelatihan, (4) Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik, (5) Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan. Sedangkan mind map menjadikan siswa tertarik, memiliki kreatifitas, lebih fokus dan mampu mengingat materi yang dipelajari. Hal ini yang dapat berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain Kemmis Taggart model siklus berulang (spiral), yang meliputi 3 tahapan, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan dan Observasi, dan (3) Refleksi. Data penelitian diperoleh dari observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas siswa selama pembelajaran, sedangkan tes untuk mengukur kemampuan/hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa mencapai 70,30%, sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa  mencapai 62,50%. Hasil ini belum memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan sebesar 80%. Dalam proses pembelajaran diketahui bahwa masih terdapat beberapa kendala, antara lain: siswa kurang fokus dalam belajar, baru pertama mengenal mind map, inisiatif untuk bertanya, berpendapat/ berbicara masih kurang, dan belum mampu menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Selanjutnya peneliti melanjutkan pembelajaran pada siklus 2 dengan melakukan perbaikan terhadap rancangan pembelajaran ataupun dalam melaksanakan proses pembelajarannya. Hasil yang diperoleh pada siklus 2 menunjukkan bahwa  persentase aktivitas siswa mencapai 81,10%, sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa  mencapai 87,50%. Hasil ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung dengan mind map dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi pokok  perkembangan teknologi di kelas IV SD Karen Bantul.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Langsung, Mind Map, Hasil Belajar

Author Biography

Winarni Winarni, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Al Naqbi, Shamma. (2011). The use of mind mapping to develop writing skills in UAE schools.Education, Business and Society: Contemporary Middle Eastern Issues Vol. 4 No. 2, 2011 pp.120-133, (online),dalam Galegroup (http://infotrac.galegroup.com), diakses 2 Desember 2014 pukul 09.45

Al-Shammari Z, Hussain AS, and Thomas DY. (2004). The Effectiveness of Direct Instruction in Teaching English in Elementary Public Education Schools in Kuwait. Proquest Education Journal Vol. 129 No.1, (online), dalam ProQuest(http//search.proquest.com), diakses 2 desember 2014 pukul 10.00

Anderson, Lorin W and David R Krathwohl. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, Assesing. New York: Addison Wesley Longman Inc

Arend, Richard I. (2012). Learning to Teach. New York: Mc Graw Hill
Arikunto, Suharsimi.,Suhardjono., dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Aufan Al-Makahleh and Ahmad Abdulhameed. (2011). The Effect of Direct Instruction Strategy on Math Achievement of Primary 4th and 5 th Grade Students with Learning Difficulties. International Education Studies: Al-Balqa Applied University Jordan Vol 4 No. 4, 2011, (online),dalam ProQuest (http//search.proquest.com), diakses 2 desember 2014 pukul 10.00

Ayca.K dan Aysegul.S. (2013). Views of the Students on Mind Mapping Technique in Social Studies Course. Turkey: Ankara University Journal of Faculty of Educational Sciences Vol 46, (online), dalam ProQuest (http//search.proquest.com), diakses 2 desember 2014 pukul 10.00
Busan, Tony. (2013). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Darmayoga, I Wayan., I Wayan Lasmawan., dan A.A.I.N. Marhaeni. (2013). Pengaruh Implementasi Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari Minat Siswa Kelas IV SD Sathya Sai Denpasar. Singaraja: e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar volume 3 (online), (pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index) diakses 2 Desember 2014 pukul 09.40

DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. (1999). Quantum Learning. Bandung: Kaifa

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Eggen, Paul and Don Kauchak. (2012). Strategies and Models for Teachers.New York: Pearson

Hidayati. (2004). Pendidikan Ilmu pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY.

Jarolimek, John. (1982). Social Studies In Elementary Education. New York: Collier Macmillan Canada Inc

Kardi, Soeparman. (2013). Model Pembelajaran Langsung Inquiri Sains Teknologi Masyarakat. Surabaya: Unesa
Kousar, Rubina and Pir Mehr Ali Shah Arid. (2010). The Effect Of Direct Instruction Models On Intermediate Class Achievement And Attitudes Toward English Grammar. Agriculture University Pakistan Vol. 7, (online), dalam ProQuest(http://search.proquest.com), diakses 2 Desember 2014 pukul 09.50

Mc Taggart and Kemmis. (1988). Action Research A Short Modern History. Deakin University

Morrison Gary R, Steven M Ross, Howard K. Kalman, and Jerrrold E

Kemp. (2011). Designing Effective Instruction. Newyork: John Wiley & sons,Inc

Nur, Muhamad. (2013). Pembelajaran Langsung. Surabaya: Unesa University Press

Priantini O, Dewa Ayu made Manu, Nengah Bawa Atmadja, AA.I.N Marhaeni. (2013). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Prestasi Belajar IPS. Singaraja: e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar volume 3 (online), (http://download.portalgaruda.org/article), diakses 2 Desember 2014 pukul 09.40

Riswanto dan Pebri Prandika P. (2012) The Use of Mind Mapping Strategy in the Teaching of Writing at SMAN 3 Bengkulu, Indonesia. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 2 No. 2,(online), (www.ijhssnet.com/journals/Vol_2_No_21_November_2012/8.pdf) di akses 11 Desember 2014, pukul 00.42

Riyanto, Yatim. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC

Setiawan, Wawan dan Eka Fitrajaya. (2010). Penerapan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction)untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa dalam Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) Vol. 3 No. 1, (online),(http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_TIK/Jurnal_Pend_TIK_Vol_3_No_1/PENERAPAN_MODEL_PENGAJARAN_LANGSUNG_%28DIRECT_INSTRUCTION%29_UNTUK_MENINGKATKAN_PEMAHAMAN_BELAJAR_SISWA_DALAM_PEMBELAJARAN_REKAYASA_PERANGKAT_LUNAK_%28RPL%29.pdf.diakses 2 Desember 2014 pukul 10.40

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Subroto, Waspodo Tjipto. (2009). Bahan pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial di Sekolah Dasar. Surabaya: Unesa University Press

Sudjana, Nana. (2013). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Suyono dan Hariyanto. (2011). Belajar dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Swadarma, Doni. (2013). Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Gramedia

Tanti M, Slamet Santosa, dan Sajidan. (2011). Penerapan Pembelajaran Aktif (Active Learning) dengan Metode Mind Map untuk Meningkatkan kreativitas Belajar Biologi Siswa Kelas XI A3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Boyolali: Pendidikan Biologi Vol 3 UNS. (online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bio/article/view/1458), diakses 2 Desember 2014 pukul 09.40

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bidang Dikbud KBRI Tokyo. (online), (http://www.inherentdikti.net/files/sisdiknas.pdf). Diakses 11 Desember 2014 pukul 19.15

Windura, Sutanto. (2013). Mind Map. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia

Downloads

Published

2015-09-26

How to Cite

Winarni, W. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI POKOK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI KELAS IV SD KAREN BANTUL. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.26740/jrpd.v1n1.p36-43
Abstract views: 1297 , PDF Downloads: 320