PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI POKOK AKTIVITAS EKONOMI KELAS IVA SD CANDEN BANTUL

Authors

  • Siti Sarofah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v1n1.p28-35

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar materi aktivitas ekonomi menggunakan pendekatan CTL pada siswa kelas IVA SD Canden Bantul. CTL merupakan konsep belajar yang mengaitkan antara materi yang dipelajari dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan kehidupan sehari-hari sehingga dapat berpengaruh terhadap  aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data aktivitas siswa diperoleh melalui observasi. Sedangkan data hasil belajar diperoleh melalui tes tertulis. Analisis data yang digunakan deskripftif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I persentase aktivitas siswa sebesar 75%. Hasil tersebut belum memenuhi indikator keberhasilan sebesar 80% karena masih banyak siswa yang belum berani bertanya dan kurang aktif dalam diskusi. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan tindakan pada siklus II. Pada siklus II persentase aktivitas siswa sebesar 80,75%. Persentase tersebut sudah memenuhi indikator keberhasilan akan tetapi belum untuk semua aspek aktivitas maka perlu dilakukan perbaikan tindakan pada siklus III. Persentase aktivitas siswa siklus III sebesar 84,66%, sehingga tidak perlu dilakukan tindakan yang lebih lanjut karena semua aspek aktivitas sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Ketuntasan belajar siklus I sebesar 55%.  Persentase tersebut belum memenuhi indikator ketuntasan yang telah ditentukan yaitu 80% karena banyak siswa yang belum memahami materi.Untuk itu perlu dilakukan perbaikan pada siklus II. Ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 75%, berarti masih perlu dilakukan perbaikan pada siklus III karena belum mencapai indikator ketuntasan. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa mencapai 95% sehingga tidak perlu dilakukan tindakan yang lebih lanjut karena sudah mencapai indikator ketuntasan yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL dalam pembelajaran IPS dapat membantu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: CTL, Aktivitas, Hasil Belajar

Author Biography

Siti Sarofah, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Anderson, Lorin W and Krathwohl, David R. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching And Assessing A Revision Of Blooms Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Weslay Longman, Inc.

Ahmadi, Iif Khoiru dan Amri Sofan. (2011). Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, Supardi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta

Ginting, Kula. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 060885 Medan. Jurnal Tematik ISSN : 1979-0633 Volume: 003/No.12/DIKSAS/Desember 2013. http:// jurnal.unimed.ac.id diakses tgl 9 Januari 2015 pukul 04.46

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ibrahim, M dan Nur, M. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Jarolimek, John. (1982). Social Studies in Elementary Education. Seventh Edition. New York: Macmillan Publishing Company. London: Collier Macmillan Publishers.

Johnson. E.B. (2002). Contextual Teaching and Learning : What It Is and Why It Is here to Stay. California USA: Corwin Press. Inc.

Kemmis, S. dan Mc Taggart, R. (1988). The Action Research Planner, 3rd edn. Victoria: Deakin University.

Kemp, Jerrol E. (2011). Designing Effective Instruction Sixth Edition. United States of America: John Wiley& Sons, Inc.

Komalasari, Kokom. (2012). The Living Values-Based Contextual Learning to Develop the Students' Character. Journal of Social Sciences 8 (2): 246-251, ISSN 1549-3652 Science Publications 246. http://e-resources.pnri.go.id/ library.php?id=00001, diakses 18 Desember 2014 pukul 22.05

Komalasari, Kokom. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Kurniawan, Deni. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhadi. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning(CTL)). Jakarta: Depdiknas.

Nur, M. dan Wikandari, P.R. (2000). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Ratumanan, Tanwey Gerson dan Laurens, Theresia. (2011). Penilaian Hasil Belajar Pada Tingkat Satuan Pendidikan Edisi 2. Surabaya: Unesa University Press.

Sagala, Syaiful. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sapriya. (2008). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Lap Pkn UPI Bandung.

Sapriya. (2012). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman, AM. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sears Susan. (2002). Contextual Teaching and Learning A Primer for Effective Instruction. Bloomington: Phi Delta Kappa Educational Foundation .

Subroto, Waspodo Tjipto. (2009). Bahan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Surabaya: Unesa University Press.

Sudjana, Nana. (2009). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2015-09-27

How to Cite

Sarofah, S. (2015). PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI POKOK AKTIVITAS EKONOMI KELAS IVA SD CANDEN BANTUL. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 1(1), 28–35. https://doi.org/10.26740/jrpd.v1n1.p28-35
Abstract views: 1798 , PDF Downloads: 505