PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IVA SD BAWURAN KECAMATAN PLERET KABUPATEN BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v1n1.p20-27Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa IVA SD Bawuran Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus pembelajaaran. Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Bawuran Pleret Bantul yang berjumlah 23 siswa pada semester 2 tahun pelajaran 2014/2015, dan objek penelitiannya adalah aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL pada pembelajaran IPS materi pokok aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan dan analisisa data pada setiap siklusnya. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari peningkatan persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75,36% menjadi 82,09% pada siklus II dan 87,83% pada siklus III. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 60,87% menjadi 78,26% pada siklus II dan 95,65% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam pembelajaran IPS materi pokok aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa IVA SD Bawuran Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul.
Kata Kunci : Contextual Teaching And Learning, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar
References
Ahmadi, Iif Khoiru dan Amri Sofan. (2011). Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi., Suhardjono., Supardi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib Zainal. (2014). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran
Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya.
Devi. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil belajar IPS dengan Pokok Bahasan Sumber Daya Alam pada Siswa Kelas IV di SDN Werungotok 2 Nganjuk melalui Penerapan Strategi Inkuiri Berbasis CTL. (Tesis magister pendidikan tidak publikasikan). Universitas Negeri Surabaya
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta
Ginting, Kula. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 060885 Medan. Jurnal Tematik ISSN : 1979-0633 Volume: 003/No.12/DIKSAS/Desember 2013, diakses 5 Januari 2015.
Hanifah dan Suhana, Cucu. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ibrahim, Muslimin dkk. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya : Unesa University Press
Johnson, Elaine. (2002). Contextual Teaching and Learning what it is and why its here to stay. Calofornia : Corwin Press, Inc
Kemmis, S. and Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria : The Deakin university
Komalasari, Kokom. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Komalasari, Kokom. (2012). The Living Values-Based Contextual Learning to Develop the Students' Character. Journal of Social Sciences Volume : 8. Edisi : 2 (2012) : Hal : 246-251, diakses 19 November 2014.
Kurniawan, Deni. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung : Alfabeta
Muchith, Saekhan. (2008). Pembelajaran Kontekstual. Semarang : RaSAIL Media Group
Napoleon. (2014). Penerapan Pembelajaran Kontekstual dengan Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Koto Anau Kabupaten Solok Sumatera Barat. (Tesis magister pendidikan tidak publikasikan) Universitas Negeri Surabaya.
Nurhadi. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta : Depdiknas
Nur, M. dan Wikandari, P.R. (2000). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Paris, Scott G.; Winograd, Peter. (2003). The Role of Self-Regulated Learning in Contextual Teaching:Principals and Practices for Teacher Preparation. Washington, DC.: Office of Educational Research and Improvement (ED).10.0000@files.eric.ed.gov@generic-8570A0796B84, diakses 17 Oktober 2014.
Riyanto, Yatim. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta : Kencana
Sardiman AM. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sears, Susan. (2002). Contextual Teaching and Learning A Primer for Effective Instruction. Bloomington : Phi Delta Kappa Educational Foundation .
Sudjana, Nana. (1989). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Trianto. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritis- Praktis dan implemetasinya. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Trianto. (2012). Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana
Wahyudin, D (2008) Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Sekolah Dasar Negeri Ciomas Kelas VI Di Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang). http://jurnal.upi.edu/md/view/705/ Volume : 2 No : 2 Januari 2008, diakses 20 Januari 2015
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

