PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 002 SEBATIK UTARA KABUPATEN NUNUKAN

Authors

  • Suwaib Suwaib Universitas Negeri Surabaya
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya
  • Waspodo Tjipto Subroto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p163-173

Abstract

ABSTRACT

This study is a Class Action Research (CAR), which aims to improve the activity and learning outcomes on the subject of Social Studies through the implementation of Problem-Based Learning with Mind Mapping method in fourth grade students of SD Negeri 002 Sebatik Utara, Nunukan. The results of this study indicate a significant increase of aspects studied in each cycle. Teacher activity in the first cycle of 78.33% increased in cycle II of 94.58%. Likewise, the activities of students in the first cycle of 75.30% experienced an increase in cycle II of 85.42%. The percentage of completeness cognitive learning outcomes of learners in the first cycle of 76.19% increased in the second cycle of 95.24%. Based on the results it can be concluded that the application of Problem-Based Learning with Mind Mapping methods can increase the activity of the teacher, the activity of the learner and the cognitive learning outcomes in the process of teaching and learning on the subject of Social Studies in fourth grade of SD Negeri 002 North Sebatik, Nunukan.

Keywords: Problem-Based Learning, Mind Mapping, teacher activities, student activities, learning result.

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui penerapan model Problem-Based Learning berbantuan metode Mind Mapping pada peserta didik kelas IV di SD Negeri 002 Sebatik Utara Kabupaten Nunukan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dari aspek yang diteliti di setiap siklusnya. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 78,33% mengalami peningkatan di siklus II sebesar 94,58%. Demikian juga aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 75,30% mengalami peningkatan di siklus II sebesar  85,42%. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif peserta didik pada siklus I sebesar 76,19% meningkat pada siklus II sebesar 95,24%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem-Based Learning berbantuan metode Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar kognitif  pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 002 Sebatik Utara Kabupaten Nunukan.

Kata kunci: Model Problem-Based Learning, Mind Mapping, aktivitas guru, aktivitas peserta didik, hasil belajar.

Author Biographies

Suwaib Suwaib, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

Yatim Riyanto, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

Waspodo Tjipto Subroto, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Amir. (2013). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memeberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R (2015). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom (edisi terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arends. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Akasara

Balim, Ali Gunay. (2013). Use of Technology-Assisted Tevhniques of Mind Mapping and Concept Mapping in Science Education: A Constructivist Study. Irish Educational Studies, 32 (4), pp. 437-456.http://doi.org/10.1080/03323315.2013.862907

Batdi, Veli. (2014). The Effect of A Problem Based Learning Approach on Students Attitude Levels: A Meta-Analysis. Academic Journals, Education Research and Reviews. 9 (9), pp.272-276. DOI: 10.5897/ERR2014. 1771.

Buzan, Tony. (2004). Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Buzan, Tony. (2006). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Darmayoga. W.I. (2013). Pengaruh Implementasi Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau dari Minat Siswa Kelas IV SD Sathya Sai Denpasar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar, Volume 3.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Hanabeth, Luke. David, Lloyd. William, Boyd & Kristin, Den Exter. (2014). Improving Conservation Community Group Effectiveness Using Mind Mapping and Action Research. Conservation and Society, 12 (43).
Ibrahim, Muslimin. (2005). Pembelajaran Berdasarkan Masalah: Latar belakang, Konsep Dasar, dan Contoh Implementasinya. Surabaya: Unesa University Press.

Ibrahim, Muslimin. (2012). Pembelajaran Berdasarkan Masalah: Edisi Kedua. Surabaya: Unesa University Press.

Kemdikbud. (2013). Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemdikbud Dirjen Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar

Lin, Lu-Fang. (2015). The Impact of Problem-Based Learning on Chiense-Speaking Elementary School Students English Vocabulary Learning and Use. Elsever System, Volume 55, pp. 30-42. http://dx.doi.org/10.1016/j.system. 2015.08.004

Liu, Ying., Zhao, Guoqing., Ma, Guozhen & Bo, Yuwei. (2014). The Effect of Mind Mapping on Teaching and Learning: A Meta-Analysis. Standar Journal of Education adn Essay, 2 (1), pp.017-037

Minolin, T. Mary. (2015). Mind Mapping Vs Traditional: A Comparison of Two Instrucyional Methods to Teach Theories of Growth and Development
of Children Among B.Sc (N) III Year Students. International Journal of Engineering Research and General Science, 3 (5), pp.327-330.

Mustaji & Sugiarso. (2005). Pembelajaran Berbasis Konstruktivistik: Penerapan dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: Unesa University Press

Nasution. (2011). Kajian Pembelajaran IPS di Sekolah. Surabaya: Unesa University Press.

Olivia, Fahmi. (2014). 5-7 Menit Asyik Mind Mapping Pelajaran Sekolah. Jakarta: Kompas Gramedia Building, PT.Elex Media Komputindo
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi

Rahman, Zulkifli. (2016). Penerapan Model Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas IV SDN Pari-Pari Kelau Tabalong. Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

Ritchie, Stuart J. Sala, Sergio Della & McIntosh, Robert D. (2013). Retrieval Practice, With or Without Mind Mapping, Boots Fact Learning in Primary School Children. Plos One, 8 (11): e78976. https://doi.org/10.1371/journal. pone.0078976.

Riyanto, Yatim. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.

Riyanto, Yatim. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai referensi Bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Said, Alamsyah & Budimanjaya, Andi. (2015). 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences: Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prenadamedia Group

Sanjaya, Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Schmidt, Henk.G., Rotgans, Jerome. I. & Yew, Elaine HJ. (2011). The Process of Problem-Based Learning: What Works and Why. Medical Education, volume 45, pp.792-806. https://doi.org/10.1111/j.1365.2923.2011.04035.x

Subroto, Tjpto Waspodo & Suhanadji. (2011). Konsep dan Teori Ilmu-Ilmu Sosial. Surabaya: Unesa University Press.

Susanto. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Unesa University Press

Sutikno. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Materi Masalah Sosial Siswa Kelas IV SDN Pandu Cerme Gresik. Jurnal Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), pp.14-19

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Welton, A. David & Mallan, T. John. (1999). Children and Their World: Strategies for Teaching Social Studies. Boston New York: Houngton Mifflin Company

Windura, Sutanto. (2009). Mind Map Langkah Demi Langkah: Cara Paling Mudah & Benar Mengajarkan dan Membiasakan Anak Menggunakan Mind Map untuk Meraih Prestasi. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo

Windura, Sutanto. (2013). Mind Map untuk Siswa, Guru, & Orang Tua: Teknik Berpikir & Belajar Sesuai Cara Kerja Alami Otak. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo

Wulandari, Bekti & Surjono, Herman Dwi. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (2), pp. 178-191.

Zejnilagic-Hajric, M., Sabeta, A & Nuic, I. (2015). The Effect of Problem-Based Leraning on Students Achievements in Primary School Chemistry. Bulletin of Chemist and Technologists of Bosnia and Herzegovina, Volume 44, pp. 17-22.

Downloads

Published

2020-05-10

How to Cite

Suwaib, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 002 SEBATIK UTARA KABUPATEN NUNUKAN. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 163–173. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p163-173
Abstract views: 958 , PDF Downloads: 839