PENERAPAN PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI AKTIVITAS DAN PERUBAHAN KEHIDUPAN MANUSIA DALAM BIDANG EKONOMI PADA KELAS V SDN PLOSO I/172 SURABAYA

Authors

  • Melasari Febrianti Marbangun Universitas Negeri Surabaya
  • Aminuddin Kasdi Universitas Negeri Surabaya
  • Warsono Warsono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p153-162

Abstract

ABSTRACT

This research aims to improve student's social skills and capability of understanding human activities and changes in the economic life through learning model Think Pair Share in V Grade SDN Ploso I / 172 Surabaya. Classroom action research was conducted in two cycles, each cycle includes the stages of planning, execution, observation, and reflection. The result showed the students' social skills in aspects of ability to listen to others on the actions of the first cycle of 74% increased to 86.5% in the second cycle. Aspects of the ability to ask, on the actions of the first cycle of 76.5% increased to 85.5% in the second cycle. Aspects of the ability to establish and maintain friendships, on the actions of the first cycle of 77.5% increased to 88% in the second cycle. Aspect ability to cooperate on the action the first cycle of 77% increased to 88.5% in the second cycle. Viability want to share on the action the first cycle of 77% increased to 87.5% in the second cycle. This classroom action research also managed to improve the students' understanding of human life activity and changes in the economic field in the form of learning outcomes. The results of students in classical completeness cycle I reached 52% and in the second cycle increased to 88%. Based on these results, it was concluded that the social skills and the ability of students to understand the activity and changes in human life in the economic field after applying the learning model Think Pair Share was increased.

Keywords: Think Pair Share, Social Skills, Capability of Understanding

ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial dan kemampuan siswa memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam bidang ekonomi melalui model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas V SDN Ploso I/172 Surabaya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan keterampilan sosial siswa pada aspek kemampuan mendengarkan orang lain pada tindakan siklus I sebesar 74% meningkat menjadi 86,5% pada tindakan siklus II. Aspek kemampuan bertanya, pada tindakan siklus I sebesar 76,5% meningkat menjadi 85,5% pada tindakan siklus II. Aspek kemampuan menjalin dan memelihara pertemanan, pada tindakan siklus I sebesar 77,5% meningkat menjadi 88% pada tindakan siklus II. Aspek kemampuan bekerja sama pada tindakan siklus I sebesar 77% meningkat menjadi 88,5% pada tindakan siklus II. Aspek  kemampuan mau berbagi pada tindakan siklus I sebesar 77% meningkat menjadi 87,5% pada tindakan siklus II. Penelitian tindakan kelas ini juga berhasil meningkatkan kemampuan siswa memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia pada bidang ekonomi dalam bentuk hasil belajar. Hasil belajar siswa pada tindakan siklus I ketuntasan klasikal mencapai 52% dan pada tindakan siklus II meningkat menjadi 88%. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa keterampilan sosial dan kemampuan siswa memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia pada bidang ekonomi setelah menerapkan model pembelajaran Think Pair Share mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Think Pair Share, Keterampilan Sosial, Kemampuan memahami

Author Biographies

Melasari Febrianti Marbangun, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

Aminuddin Kasdi, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

Warsono Warsono, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

References

Aeni, Nurul, Fitryane Lihawa, & Ragle Yunginger. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Hidrologi. KIM Fakultas Matematika dan IPA, 1 (1), pp. 1-13.

Arifin, Zainal. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arroio, Agnaldo. (2011). Comics as A Narrative In Natural Science Education. Westrern Anatolia Journal of Educational Science, pp. 93-98

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Budiarti, Wahyu Nuning & Haryanto. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4 (2), pp. 233-242.

Dick, Walter, Lou Carey, & James O Carey. (2001). The Systematic Design of Intruction. United States: Pearson.

Febriandari, Efi Ika. (2015). Pengembangan Media Komik Dalam Pembelejaran Model Round Table Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Siswa Kelas IV SD. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Tesis tidak dipublikasikan.

Gall, Meredith D., Joyce, P Gall, & Walter R Borg. (2003). Educational Research. United States: Pearson Education, Icn.

Indaryati & Jaelani. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3 (1), pp. 84-96.

Islamiyah, Umi Kolifatul. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Tesis tidak dipublikasikan.

Kamaruddin, Nafisah Kamariah Md, Wan Mohd Rashid bin Wan Ahmad, Zulkarnain Md Amin & Maizam Alias. (2011). A Study Of The Effectiveness Of The Contextual Approach To Teaching And Learning Statistics At The Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM). International Journal of Arts & Sciences, 4 (25), pp. 305313.

Mandasari, Dewi Septiani. (2016). Pengembangan Bahan Ajar PKn Kelas V Yang Beorientasi Pada Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di SDN Lerpak 3 Bangkalan. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Tesis tidak dipublikasikan.

Negrete, Aquiles. (2013). Constructing A Comic To Communicate Scientific Information About Sustainable Development And Natural Resources In Mexico. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103 (13), pp. 200 209.

Noor, Faiq Makhdum & Insih Wilujeng. (2015). Pengembangan SSP Fisika Berbasis Pendekatan CTL Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1 (1), pp. 73-85.

OSullivan, Margo. (2005). Lesson Observation And Quality In Primary Education As Contextual Teaching And Learning Processes. International Journal of Educational Development, 26 (06), pp. 246260.

Rahayu, Sri. (2011). Improving Students Learning Achievement In Civics Using Contextual Teaching And Learning Method. Journal of Arts, Science & Commerce, 4 (1), pp. 88-91.

Subroto, Waspodo Tcipto & Suhanadji. (2005). Pengetahuan Dasar Ilmu-Ilmu Sosial Geografi, Sejarah, Ekonomi, Politik, Sosiologi & Antropologi. Surabaya: Unesa University Press.

Sudjana, Nana. (1997). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susiani, L. (2006). Bikin Komik dengan Adobe Ilustator dan Adobe Photoshop. Yogyakarta: Andi.

Wiegers, Patronella Grootens, Martine C. de Vries, Mara M. van Beusekom, Laura van Dijck, & Jos M. van den Broek. (2015). Comic Strips Help Children Understand Medical Research Targeting The Informed Consent Procedure To Childrens Needs. Patient Education and Counseling, 98 (15), pp. 518524.

Downloads

Published

2020-05-10

How to Cite

Marbangun, M. F., Kasdi, A., & Warsono, W. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI AKTIVITAS DAN PERUBAHAN KEHIDUPAN MANUSIA DALAM BIDANG EKONOMI PADA KELAS V SDN PLOSO I/172 SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 153–162. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p153-162
Abstract views: 191 , PDF Downloads: 190