PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA LISAN MELALUI METODE KUIS PENDIDIKAN INTERAKTIF SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PEJAWARAN

Authors

  • Soni Fajarudin Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Sukartiningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Suhartono Suhartono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p133-143

Abstract

ABSTRACT

This study is a Class Action Research which aims to describe the improvement in the students ability to identify elements of the story which is listened through Interactive Education Quiz methods for 5th grade students of SD Negeri 2 Pejawaran. This study refers to the views of Kemmis and Taggart which were held for two cycles research.  Each cycle consists of planning, acting and observing, and reflecting. The data collection techniques of this research are observation, interviews, questionnaires, and listening skills tests. The data of each cycle were analyzed and tested using one sample paired t-test (Paired Pre-Post Samples t-test). The results of the data analysis of cycle I and cycle II show that the activity of teacher in learning increased of 10,94% and included into Very Good criteria, student activities in learning increased of 6,75% and on average included into Very Active criteria, positive responses of students increased of 3,45% or included into Very Good criteria, and the average of test students' listening stories skills increased of 62,07% with 27 students or 93,10% of students at the end of the second cycle belong to Completed criteria. Based on data analysis, it can be concluded that the application of the Interactive Education Quiz method can increase the activity of teachers and students in learning activities, it also makes teachers and students respond positively to learning, and can significantly improve students skills in identifying the elements of the story that is listened.

Keywords: Interactive Education Quiz Method, Listening Skills, Story Element.

ABSTRAK                                                                                         

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur cerita yang didengar melalui metode Kuis Pendidikan Interaktif siswa kelas V SD Negeri 2 Pejawaran. Penelitian ini merujuk pada pandangan Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan menyimak siswa. Data hasil penelitian tiap siklus dianalisis dan diuji menggunakan uji-t berpasangan satu sampel (Paired Pre-Post Samples t-test). Hasil analisis data siklus I dan siklus II menunjukkan aktivitas guru dalam pembelajaran terjadi peningkatan sebesar 10,94% dan mendapat kriteria Sangat Baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat 6,75% dan secara rata-rata mendapat kriteria Sangat Aktif, respons positif siswa meningkat 3,45% atau mencapai kriteria Sangat Baik, dan rata-rata tes kemampuan menyimak cerita siswa meningkat 62,07% dengan 27 siswa atau 93,10% siswa di akhir siklus II mendapat kriteria Tuntas. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Kuis Pendidikan Interaktif dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, guru dan siswa merespons positif terhadap pembelajaran, serta dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur cerita yang didengar secara signifikan.

Kata Kunci: Kemampuan Menyimak, Metode Kuis Pendidikan Interaktif, Unsur-Unsur Cerita.

Author Biographies

Soni Fajarudin, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

Wahyu Sukartiningsih, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

Suhartono Suhartono, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Ahmadi, Abu. (1999). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Anderson, Paul S. (1972). Language Skills in Elemantary Educations. New York: Macmillan Publishing Company.

Aziez, Furqanul. (2015). Pengajaran Bahasa Komunikatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Betnawati, Suyanto, dan Samhati. (2016). Peningkatan Kemampuan Menyimak melalui Penerapan Model Permainan Siswa Kelas VIII. J-Simbol (Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran). Januari 2016, 1-7.

Hainey, Thomas, dkk. (2016). A Systematic Literature Review of Games-Based Learning Empirical Evidence in Primary School. Computer & Education Journal, 102(2016), 202-223. Diunduh dari http://dx.doi.org/10.1016/ j.compedu.2016.09.001.

Hamalik, Oemar. (2009). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Kemmis, Stephen. dan McTaggart, Robin. (1988). The Action Research Planner, 3rd ed. Victoria: Deaking University.

Musfiroh, Tadkiroatun. (2005). Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ngalimun dan Alfulaila, Noor. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurgiyantoro, Burhan. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi, Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.

Permendiknas Nomor 23 dan Nomor 24 Tahun 2006.

Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007.

Purwadi. (2009). Pengaruh Metode Kuis Interaktif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Sikap Percaya Diri (Tesis Master). Diperoleh dari http://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/15147.

Resmini, Novi dan Dadan Juanda. (2007). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung: UPI Press.

Rosdiana, Yusi. (2007). Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyatno. (2005). Permainan Pendukung Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Walpole, Ronald. E. (2013). Probality and Statistics for Engineers and Scientists: Ninth Edition. Boston: Pearson Education Inc.

Winataputra, Udin S., dan Tita Rosita. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka Depdiknas.

Yulianto, Bambang. (2011). Pengantar Teori Belajar Bahasa. Surabaya: Unesa University Press.

Yulianto, Bambang, dkk. (2009). Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia. Surabaya: Unesa University Press.

Downloads

Published

2020-05-10

How to Cite

Fajarudin, S., Sukartiningsih, W., & Suhartono, S. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA LISAN MELALUI METODE KUIS PENDIDIKAN INTERAKTIF SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PEJAWARAN. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 133–143. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p133-143
Abstract views: 266 , PDF Downloads: 318