PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KARYA WISATA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Enok Elin Seftiani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p115-124

Abstract

ABSTRACT

This study aims to describe the increase in the ability to write a paragraph description reached third grade students of SDN Unggulan Kuningan by using field trips on learning to write. Subjects in this study were students of class III SDN Unggulan Kuningan Academic year 2016/2017, amounting to 16 students consisting of 11 male students and 5 female students. Data collection techniques in this research through observation, interviews, test writing paragraph description. The results showed an increased ability to write a paragraph of description that achieved by students. It can be seen from the achievement of the average value of the first cycle of 76,5 increased to 84,25. The level of completeness of the ability to write a paragraph description of the first cycle of 62,5% rising to 100% in the second cycle. Besides an increase in activity of students during the learning process. Activities of students in the first cycle gained 67,18% with good criteria increased in the second cycle gets 93% with the criteria very well. Activities of teachers in the first cycle gained 66,5% with good criteria increased in the second cycle gained 95,75% with very good criteria. Based on the results of this study concluded that through the use of field trips in learning to write a paragraph description of the ability to write a paragraph description of the third grade students of SDN Unggulan Kuningan increased.

Keywords: Field Trips, Writing Paragraphs Description.

ABSTRAK                                                                                         

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi yang dicapai siswa kelas III SDN Unggulan Kuningan dengan menggunakan metode karya wisata pada pembelajaran menulis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Unggulan Kuningan tahun pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 16 siswa terdiri atas 11 siswa dan 5 siswi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, tes menulis paragraf deskripsi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi yang dicapai siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian nilai rata-rata siklus I sebesar 76,5 meningkat menjadi 84,25. Tingkat ketuntasan kemampuan menulis paragraf deskripsi  pada siklus I sebesar 62,5% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Selain itu terjadi peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 67,18% dengan kriteria baik mengalami peningkatan di siklus II memperoleh 93% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh 66,5% dengan kriteria baik mengalami peningkatan di siklus II memperoleh 95,75% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode karya wisata dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi maka kemampuan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas III SDN Unggulan Kuningan mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Metode Karya Wisata, Menulis Karangan  Deskripsi

Author Biography

Enok Elin Seftiani, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Arikunto, Suharsimi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.

Bungin, Burhan.(2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Darmawati, Uti dan Suparyanto, Anton. (2010). Buku Panduan Pendidik Bahasa Indonesia Untuk SD dan MI kelas IV. Klaten: Intan Pariwara.

Depdiknas. (2004). KTSP 2006. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dimyati, dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Elliot, John. (1991). Action Research for Educational Change. Philadelphia: Open University Press Milton Keynes.

Enre, Fachrudin Ambo. (1988). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.

Hamalik, Oemar. (2009). Startegi Belajar-Mengajar Berdasarkan CBSA Menuju Profesionalitas Guru dan Tenaga Pendidik. Bandung: Sinar baru Algesindo.

Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Resmini, Novi, dkk. (2006). Membaca dan Menulis di SD: Teori dan Pengajarannya. Bandung: UPI PRESS.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories An Education Perspective, Sixth Education. Boston:Pearson Education, Inc.

Sudjana, Nana. (2009). Dasar-Dasar Proses Mengajar. Bandung:Sinar Baru.

Sukartiningsih, Wahyu. (2014). œImplikasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori dan Hasil Penelitian. 2 (Januari, II)

Suparno dan Yunus, Muhammad. (2011). Keterampilan Dasar Menulis.Indonesia: Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Edisi Revisi. Bandung: Angkasa.

Yulianto, Bambang. (2011). Pengantar Teori Belajar Bahasa. Surabaya: Unesa Press.

Yulianto, Bambang. (2012). Strategi Pembelajaran Berbahasa. Surabaya: Unesa Press

Downloads

Published

2020-05-10

How to Cite

Seftiani, E. E. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KARYA WISATA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 115–124. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p115-124
Abstract views: 349 , PDF Downloads: 550