PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Teguh Hendrawan Universitas Negeri Surabaya
  • Aminuddin Kasdi Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Sukartiningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1084-1091

Abstract

ABSTRACT

This research aims to describe the effect of learning models to the student learning outcomes. This research is a type of experimental research using Probing-Prompting learning model in fifth grade elementary school.This research was conducted for 1 month with the observation stage before conducting the research. At the time of the research conducted initial tests to determine the initial state and the final tests to determine the state after the implementation of Probing-Prompting learning model. The subjects of the research were students of grade V SDN I Nglebeng. Student class V A as control class and V B as experiment class in academic year 2016/2017, while the object of research is the result of student learning. The results of this research indicated that there is influence of Probing-Prompting learning model on the results of student learning grade V SDN 1 Nglebeng. This is evident from the results of observation and data analysis is the normality test with significance value 0,506> 0,05, homogeneity test with significance value 0,866> 0,05 and T test obtained value significance influence of cognitive ability level equal to 0,006 <0,05. Based on the research, it can be concluded that Probing-Prompting Learning Model to the learning outcomes of students have a significant effect.

 

Keywords: Experiment, Learning outcomes, Probing-Prompting Learning Model.

 

ABSTRAK                                                                                         

Penelitan ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan dengan tahap observasi sebelum melaksanakan penelitian. Pada saat penelitian dilakukan tes awal untuk mengetahui keadaan awal dan tes akhir untuk mengetahui keadaan setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Probing-Prompting. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN I Nglebeng. Siswa kelas V A sebagai kelas kontrol dan V B sebagai kelas eksperimen pada tahun pelajaran 2016/2017, sedangkan objek penelitiannya adalah hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Probing-Prompting terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Nglebeng. Hal ini terbukti dari hasil observasi dan analisis data yaitu uji normalitas dengan nilai signifikansi 0,506> 0,05, uji homogenitas dengan nilai signifikansi 0,866> 0,05 dan uji T diperoleh nilai signifikansi pengaruh tingkat kemampuan kognitif sebesar 0,006< 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Probing-Prompting terhadap hasil belajar siswa menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan.

 

Kata Kunci: Eksperimen, Hasil belajar, Model Pembelajaran Probing-Prompting.

Author Biographies

Teguh Hendrawan, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Aminuddin Kasdi, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Wahyu Sukartiningsih, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

References

Arends, Richardl. (1997). Classroom Instructional Management. New York: The Mc. Graw-Hill Company.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Joyce, R, Bruce. (1992). Models of Teaching. Universitas Michigan: Allyn and Bacon.

Kasmadi, Hartono. (2001). Pengembangan Pembelajaran dengan Model-Model Pengajaran Sejarah. Semarang: PT. Prima Nugroho Pratama Semarang.

Natawijaya, Rochman. (2005). Aktivitas Belajar. Jakarta: Depdiknas.

Puskur. (2001). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Mata Pelajarann IPS Sekolah Dasar. Jakarta: PusKur Balitbang, Depdiknas.

Roesminingsih, MV. (2005). Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: FIP UNESA.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.

Downloads

Published

2019-09-11

How to Cite

Hendrawan, T., Kasdi, A., & Sukartiningsih, W. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3), 1084–1091. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1084-1091
Abstract views: 439 , PDF Downloads: 540