PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Suci Nur Amaliyah Universitas Negeri Surabaya
  • Rusijono Rusijono Universitas Negeri Surabaya
  • Waspodo Tjipto Subroto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1100-1115

Abstract

ABSTRACT

This research aims to know the effect of cooperative learning model of team game tournament with uno card toward student activity fourth grade student of Elementary School and to know the effect of cooperative learning model of team game tournament with uno card to learning outcomes of Social Studies fourth grade student of Elementary School. This research is conducted in SDN Sidokare IV, Sidoarjo with research subject is fourth grade students in fourth A as control class and fourth B grade students as experiment class school year 2015/2016. The type of research is experiment research with form of research is pretest-posttest control group design. The research data was obtained as follows: students activity at experiment class is better than control class. This condition was shown with tarithmetic score (5,253) > ttable (1.994) with mean score in experiment class is 82,3200 higher than students social skills in control class 71,5600. So, there are effect of cooperative learning model of team game tournament with uno card to student activity. While for second hypothesis testing was showed that student learning outcomes in experiment class is higher than control class. This condition was shown with tarithmetic score (5.462) > ttable (1.994) with mean score in experiment class is 90,3400 higher than student learning outcomes in control class 62,9600. So, there are effect of cooperative learning model of team game tournament with uno card to student learning outcomes.

Keywords: Team Game Tournament Learning Model, Uno Card, Student Learning Activity.

 

ABSTRAK                                                                                         

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran team game tournament dengan media kartu uno terhadap aktivitas siswa kelas IV Sekolah Dasar dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran team game tournament dengan media kartu uno terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN Sidokare IV, Sidoarjo dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan bentuk desain penelitian pretest-posttest control group design. Data hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: aktivitas siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (5,253) > ttabel (1.994) dengan nilai mean pada kelas eksperimen sebesar 82,3200 lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas siswa pada kelas kontrol yaitu sebesar 71,5600. Jadi, ada pengaruh model pembelajaran team game tournament dengan media kartu uno terhadap aktivitas siswa. Sedangkan untuk pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (5.462) > ttabel (1.994) dengan nilai mean pada kelas eksperimen sebesar 90,3400 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu 62,9600. Jadi, ada pengaruh model pembelajaran team game tournament terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Model pembelajaran team game tournament dengan media kartu uno, aktivitas siswa, hasil belajar.

Author Biographies

Suci Nur Amaliyah, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Rusijono Rusijono, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Waspodo Tjipto Subroto, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

References

Ahmadi, Widodo Suriyono. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Al Amri, Ichsan Hamid, & Tuti Astianti. (2014). Pengembangan Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jakarta : Departement Pendidikan Nasional RI

Arikunto, Suharsimi. (2011).Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Radja Grapindo Persada

Asyar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta:Referensi

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. (2013). Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran IPS. Jakarta : Depdiknas

Bahasa, Pusat. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Bahri, Syaiful. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

BSNP K13. (2013). Standart Kopetensi dan Kopetensi Dasar Tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas

Chikkering, Gamson. (2004). The seven principles for a framework for evaluating .on-line teaching. (http:// www.jurnal the internet higher education.ac.id) volume 7 hal 217-232 diakses tanggal 8 juni 2016 pukul 15.30

David, J.R. (2012). TGT Model of Cooperative Learning. Learning is the journey of life vol. 8, 2012 (online) diakses pada 8 juli 2015 (http://readermeter.org/Ke.Fengfeng/paper) pukul 07.00

Departemen Pendidikan Nasional. (2006).Standart Isi untuk SD/MI. Jakarta: Depdiknas

Dimyati dan Mujiono. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Djodjo Suwadisastra dkk. (2011). Pendidikan IPS 3.Jakarta : Depdikbud

Hamalik, Oemar. (2013). Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti

Hamdani. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Isjoni & Ismail M.A. (2013). Model-model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Indra Mugas. (2014). Kelayakan Permainan Kartu Uno sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pokok Struktur Atom. (http://www.jurnal.untan.ac.id) diakses tanggal 3 januari 2016 pukul 09.15

Johnson, D. W & Stanne M. B. (2000). Cooperative Learning Methods. Jurnal International of Learning

Kadek Mita Wahyuni. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament melalui Variasi Reinforment dengan Kartu Indeks mampu meningkatkanhasil belajar IPS siswa Kelas V SD Gugus III Batuan Sukawati.(www.tadulakujurnal.ac.id) diakses 24 Nopember 2015 pukul14.00

Komalasari, Kokom. (2012). The Living Values of Reinforment to Students Character. Journal of Social Sciences 8 (2): 246-251 ISSN 1549-3652 Science Publication 246.(http:// e-resources.pnri.go.id/library.php.id=0001) di akses 7 Maret 2015)

Lie, Anita. (2011). Coopertive Learning. Jakarta: PT Gramedia

Micheal M. van Wyk. (2011). The Effects of Teams Games Tournaments on Achievement,Retentation, and Attitudes of Economics Education Students : (online) di akses 21 Desember 2015 (http:// www.krepublishers.com) pukul 13.20

Mugiyanto. (2007). Penggunaan Kartu konsep untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Sejarah. (Online) (http:// jurnaljpi.wordpress.com) diakses 2 Januari 2016

Munandar, Sukarni Catur Utami. (2013). Creativity and Education. Proyek Penggandaan Penerjemah Buku :Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi GP Press Group

Novi Hargyastutik. (2013). Team Game Tournament (TGT) pada Peninggalan Sejarah dengan Media Kartu Puzzle mampu meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas V SDN 02 Macanan Kec. Karanganyar (www.Ganeshaejournal.ac.id) diakses 3 Desember 2015 pukul 17.00

Nur dan Wikandari. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT.
Nurhadi, Burhan Yasin & Agus Gerrad Senduk. (2014). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya. Malang: Universitas Negeri Malang http://www.google.com/2010/12/Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. html (diunduh tanggal 21 Juni 2015)

Pringgawidagda, Suwarna. (2012). Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

RifaI, Ahmad dan Anni. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: UnnesPress

Sardiman. (2013). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajafindo Persada

Sapriya. (2010). Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Slavin, E. Robert. (2009). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM (edisi revisi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Algersindo

Sudarmi. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. MIMBAR PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol 2 No.1 Tahun 2014. (Online) diakses 18 Desember 2015

Sujarweni, Wiratna. (2014). SPSS untuk Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Jakarta: Ar Ruzz Media.

Trianto. (2007). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : kencana

Udin S Winataputra, dkk. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Umar, Arsyad. (2013). IPS Terpadu untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Van Dat Tran. (2014). The Effects of Cooperative Learning on the Academic Achievement and Knowladge Retention. International Journal of Higher Education vol 3, No. 2 2014 diakses 7 Desember 2015 pukul 09.00.

Downloads

Published

2019-09-11

How to Cite

Amaliyah, S. N., Rusijono, R., & Subroto, W. T. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3), 1100–1115. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1100-1115
Abstract views: 518 , PDF Downloads: 630