PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Faridah Universitas Negeri Surabaya
  • Mustaji Mustaji Universitas Negeri Surabaya
  • Waspodo Tjipto Subroto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1092-1099

Abstract

ABSTRACT

This study is purposed to gain information of the effect of contextual teaching and learning to the activities and the result of social study subject of the fourth grader students. This research was conducted at SDN Kesek 2 Labang elementary school of Bangkalan with the students of IV-A and IV-B 2015/2016 as the subject. The type of the research was experimental research by using pre-post test control group design. The instruments used are the items of the learning result. Each of the variable items was tested by validity checker using the corektion between product moment and reliability test using Alpha cronbachs in valid and reliable result, kolmogorov smirnov was used to the normality test, while independent sample œt test was used for the homogenity test. The result was normal and homogen. The data which had been collected was analyzed with T test using SPSS Version 21.The hypotetical test result explains that f value obtained is 1,689 and significance valve is 0,05. Based on these results the hyipothesis is accepted it can be concluded that contextual teaching and learning can significantly improve the learning output ot the fourth grader students of SDN Kesek 2 Bangkalan.

Keywords: Contextual teaching and learning, Activities, Students learning results, Social studies.

 

ABSTRAK                                                                                         

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran contextual teaching and learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN Kesek 2 Labang Bangkalan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV-A dan IV-B tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan bentuk desain penelitian pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal-soal hasil belajar. Butir soal variabel hasil belajar telah diujicobakan melalui uji validitas menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan  Alpha Cronbachs dengan hasil yang valid dan reliabel. Uji normalitas data menggunakan Kolmogorov Smirnov, sedangkan uji homogenitas menggunakan rumus Independent Sample t test dengan hasil kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Data-data yang telah berhasil dikumpulkan kemudian dianalisa dengan Uji t dengan memanfaatkan komputer dengan sistem seri program statistic (SPSS version 21). Hasil pengujian hipotesis menjelaskan nilai f hitung yang didapat yaitu sebesar 1,689 dan nilai signifikansi sebesar 0,05, hasil pengujian hipotesis tersebut menunjukkan bahwa nilai f hitung yang didapat lebih besar dari nilai t dalam tabel (0,879 > 5,61111) sedangkan nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari nilai α (0,000 < 0,05).  Berdasar hasil tersebut, maka hipotesisditerima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran contextual teaching and learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kesek 2 Labang Bangkalan.

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Aktivitas, Hasil Belajar Siswa, IPS

Author Biographies

Siti Faridah, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Mustaji Mustaji, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Waspodo Tjipto Subroto, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

References

Akbar, Sadun. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran IPS. Yogyakarta: Cipta Media.

Amelia Pramitasari, Yeniar Indriana & Jati Ariati. (2011). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Matode Pembelajaran Kontekstual dengan motivasi Belajar IPA Siswa Kelas XI, Jurnal Psikologi Undip.

Amri, Sofan. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Aqib, Zainal. (2013). Model-model Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipto.

Bell, Thorsten. (2009). Collaborative Inquiry Learning: Model, Tolls, and Challenges, Internasional Journal of Science Education.

BNSP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Creswell, J.W. (2009). Research Design: Pendekatan Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 4. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Gracia Jimenez-Fernandez, Joaquin M.M. Vaquero, Luis Jimenez & Sylvia

Defior. (2011). Dyslexic Children Show Deficits in Implicit Sequence or Contextual Cuening Learning, but not in explicit sequence Learning, Ann. Of Dyslexia (2011) vol. 61 pp. 85-110.

Hasdiana. (2011). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup. Surabaya: Thesis, Unesa.

Hasnawati. (2006). Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya dengan Evaluasi Pembelajaran, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol. 3 No.1 April 2006.

Ibnu, Suhadi dkk. (2003). Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Irnalia. (2011). Penerapan Pembelajaran CTL Menunjukkan Hasil Belajar dan Respon Siswa Lebih Baik dibandingkan dengan Pembelajaran Convensional. Surabaya: Thesis, Unesa.

Istiklah. (2011). Pengembangan Perangkat dengan CTL. Surabaya: Thesis, Unesa.

Johson B, Elaine. (2007). Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).

Komalasari, Kokom. (2012). œThe Of Contextual Learning In Civic Education On Students Character Development, Asia Pacific Journal of Educators and Education, Vol. 27, pp, 87-103.

Kusmana Suherli. (2010). Model Pembelajaran Siswa Aktif. Jakarta: PT. Multi Kreasi Satudelapan

Nurhadi, Yasin Burhan dkk. (2004). Pembelajaran Kontekstual (CTL) Dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang (UM PRESS).

Nurhadi. (2012). Menciptakan Pembelajaran IPS Efektif Dan Menyenangkan. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.

Prasetyo, Bambang & Jannah, Lina Miftakul. (2011). Metode Penelitian kuantitatis Teori dan Aplikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Ranil Coorey and Ann Firth. (2013). œIntegred Contectual Learning and Food Science Students.Journal of Food Science Education.Vol.12, 2013.
Rich, W. Clough; Robert P. Lehr. (1996). œTesting Knowledge of Human Gross Anatomy in Medical School; An Applied Contextual-Learning Theory Method, Clinical Anatomy, Vol No. 4, pp 263-268.

Riyanto, Yatim. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran : sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, Ed I. Jakarta: Kencana.

Ruminiati. (2010). Implikasi Teori Sosiologi dan Budaya Patriarkhi dalam Pembelajaran IPS SD Berbasis Gender Pidato Pengukuhan Guru Besar di Universitas Negeri Malang.

Rensus Silalahi. (2011). œKontribusi Model Pembelajaran Kontekstual Tipe Inkuiri dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarnegaraan. Universitas Pendidikan Indonesia, 2011. Vol. 10. No.: 2 Oktober.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru: Raja Grafindo Prasada. Jakarta.
Rusyana Adun, dkk. (2011). Prinsip-Prinsip Pembelajaran Efektif. Jakarta: Trans Mandiri Abadi.

Sapriya. (2012). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman. (2012). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Solihatin, Etin. (2008). Cooperative Learning Model Pembelajaran IPS. Jakarta PT. Bumi Aksara.

Subroto, Waspodo Tjipto. (2009). Bahan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Surabaya: Unesa University Press.

Sudjarweni, V. Wiratna. Statiska Untuk Penelitian. Jogyakarta: Graha Ilmu

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta

Sujana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Indonesia.

Downloads

Published

2019-09-11

How to Cite

Faridah, S., Mustaji, M., & Subroto, W. T. (2019). PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3), 1092–1099. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1092-1099
Abstract views: 831 , PDF Downloads: 664