PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ika Agustin Adityawati Universitas Negeri Surabaya
  • Muhari Muhari Universitas Negeri Surabaya
  • Nasution Nasution Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1070-1076

Abstract

ABSTRACT

This study aims to develop a learning device by using cooperative teams games tournament model to improve student learning achievement in Primary School Student. This research is conducted in SDN Lambangan, Wonoayu, Sidoarjo with research subject is fifth A grade students as experiment class and fourth B grade students as control class school year 2015/2016. The type of research is research development model which development Four-D model is reduced, namely define, design, dan develop.  The research data was obtained as follows: the device is valid with validity result as follow, Lesson Plan (RPP) equal to 80.62, student worksheet (LKS) equal to 81.57, student achievement test (THB) equal to 94.44. So that the validity of the learning devices equal to 85.54 with a very well done predicate. Materialize learning device equal to 87.73 with a very well done predicate,  student questionnaire responses of student worksheet equal to 91.17% with excellent category, observation of student activity equal to 82.06 with very active predicate. In different test learning achievement in pretest control class and experimental class results is the significant value thitung (5.806)> t table (1.693) at 32 and s df significance value is smaller than the value α (0.000 <0.05), the null hypothesis (Ho) filed rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. The average completeness posttest control class is 52.94% and the average completeness posttest experimental class at 94.11%. So we can conclude that there is influence the development of cooperative teams games tournament model subtheme environmental changes to improve student learning outcomes V grade of primary school.

Keywords: Learning Device using Cooperative type Teams Games Tournament, Learning Achievemen.

 

ABSTRAK                                                                                         

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. Penelitian ini dilakukan di SDN Lambangan, Wonoayu, Sidoarjo dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen dan V B sebagai kelas kontrol tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan perangkat Four-D Model yang direduksi yaitu define, design, dan develop. Data hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: perangkat valid, dengan hasil validasi RPP sebesar 80,62, LKS sebesar 81,57, THB sebesar 94,44 sehingga kevalidan seluruh perangkat pembelajaran memperoleh persentase sebesar 85,54 dengan kriteria sangat baik. Keterlaksanaan perangkat pembelajaran sebesar 87,73 dengan kriteria terlaksana sangat baik,  angket respon siswa terhadap LKS sebesar 91,17% yang menandakan bahwa respon siswa dalam kategori sangat baik, pengamatan aktivitas siswa sebesar 82,06 dengan kriteria sangat aktif. Pada uji beda hasil belajar posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen hasil nilai signifikansi thitung (5,806) > ttabel (1,693) pada df 32 dan s nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari nilai α (0,000 < 0,05), maka hipotesis nihil (Ho) yang diajukan di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Rata-rata ketuntasan posttest kelas kontrol sebesar 52,94% dan rata-rata ketuntasan posttest kelas eksperimen sebesar 94,11%. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pengembangan perangkat pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament pada subtema perubahan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD.

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif tipe Teams Games Tournament, Hasil Belajar.

Author Biographies

Ika Agustin Adityawati, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Muhari Muhari, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Nasution Nasution, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

References

Akbar, Sadun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Akhtar, Kiran, et.al. (2012). A Study of Students Attitudes towards Cooperative Learning. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 2 No. 11. USA.

Coughlan, Sean. (2015). "Asia Peringkat Tertinggi Sekolah Global, Indonesia Nomor 69". BBC, 13 Mei 2015.

Darmojo D. & Kaligis J. RE. (1992). Pendidikan IPA II. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moore, Kenneth D. (2005). Effective Instructional Strategies from Theory to Practice. London: Sage Publications Inc.

Munandar. (1999). Ruang Lingkup Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan.

Pemerintah Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang RI Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta.

Pemerintah Republik Indonesia. (2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Reys, Robert. (2009). Helping Children Learn Mathematic. The United States of America: John Wiley & Sons, Inc.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning Penerjemah: Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2019-09-11

How to Cite

Adityawati, I. A., Muhari, M., & Nasution, N. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3), 1070–1076. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1070-1076
Abstract views: 240 , PDF Downloads: 479