PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERORIENTASI PADA NILAI-NILAI ISLAMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS PUISI SISWA KELAS V

Authors

  • Samiyah Samiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Yulianto Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Sukartiningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1056-1062

Abstract

ABSTRACT

The purpose in this research is to describe the quality of book oriented on islamic values by using PBL model to increase the ability to analyse  poem at grade V students. Detaily, the purpose of the research is explained into three that is: (1) To describe the validity of student book oriented  on islamic value by using PBL model to increase the ability to analyse poem at grade V student. (2) To describe the simplicity of using student book oriented on islamic values by using PBL model to increase the ability to analyse poem at grade V student. (3) To describe the effectiveness of the using student book oriented on islamic values by using PBL model to increase the ability to analyse poem at grade V students.  This kind of research is research and development (R&D) which produce the product of student book oriented on islamic values by using PBL model to increase the ability to analyse poem at grade V students. The design of this research used pretes and postest control group desaign instrument which iis used in this research that is observation sheet, test sheet, guestionaire sheet and validation sheet.It is proved by students ability as a user showed the very high activity with percentage 87 %. Especially in understanding the problem and making evaluation.

 

Keywords: Text Book, Islamic Values, PBL Model, The Ability to Analyse Poem.

 

ABSTRAK                                                                                         

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan buku ajar berorientasi pada nilai-nilai islami dengan menggunakan model PBL untuk meningkatkan kemampuan menganalisis puisi siswa kelas V. Secara terperinci tujuan penelitian tersebut dijabarkan menjadi tiga, yakni: (1) Mendeskripsikan validitas buku ajar berorientasi pada nilai-nilai islami dengan menggunakan model PBL untuk meningkatkan kemampuan menganalisis puisi siswa kelas V, (2) Mendeskripsikan kepraktisan penggunaan buku ajar berorientasi pada nilai-nilai islami dengan menggunakan model PBL untuk meningkatkan kemampuan menganalisis puisi siswa kelas V. (3) Mendeskripsikan keefektifan dari penggunaan buku ajar berorientasi pada nilai-nilai islami dengan menggunakan model PBL untuk meningkatkan kemampuan menganalisis puisi siswa kelas V.  Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) yang menghasilkan produk buku ajar dengan menggunakan model PBL. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-postest control group desain Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar denhan model PBL layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi buku ajar dengan model PBL adalah layak diterapkan dalam pembelajaran dengan sedikit revisi dengan persentase sebesar 96,3%. Kepraktisan buku ajar dengan menggunakan model PBL dalam pembelajaran menunjukkan hasil yang yang sangat tinggi.  Hal tersebut dibuktikan dengan aktivitas siswa sebagai pengguna menunjukkan keaktifan yang sangat tinggi dengan persentase 87%, terutama dalam hal memahami masalah dan melakukan evaluasi.

Kata Kunci: Buku ajar, Nilai-Nilai Islami, Model PBL, Kemampuan Menganalisis Puisi.

Author Biographies

Samiyah Samiyah, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Bambang Yulianto, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Wahyu Sukartiningsih, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

References

Arikunto. Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Standart Nasional Pendidikan. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum 2013 Jenjang Pendidikan Dasar. Jakarta: Badan Standart Nasional Pendidikan.

Bogdan, R.C., Biklen, S.K. (1982). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Method. Boston: Alliyn and Bacon, Inc.

Chanzanagh, H. Ebadollahi and M. Akbarnejad. (2012). Work E THIC, Gender and Social Class in Ann Islamic Society: A Case Study in Iran.

Dahar, RW. (1998). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Standar Isi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Erozkan, Atilgan. (2013). The Effect of Communication Skills and Interpersonal Problem Solving Skills on Social Self-Efficacy. Spring Educational Consultancy and Research Center. Volume 2 Number 13 pp. 737-745 https://eric.ed.gov/?q=problem+solving+skills&id=EJ1017303 Tanggal 19 November 2015.

Fogarty, Robin. (1991). The Mindful School: How to Integrete The Curricula. IRI/skylight Publishing, Inc: Pelatine, Illinois.

Hudojo. (1988). Mengajar Belajar Bahasa. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Indriyani, Umri Nuraini. (2008). Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Surakarta: Depdiknas.

Kemendikbud. (2013). Modul Pedoman Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendididkan dan Kebudayaan dan Penjamin mutu Pendidikan.

Krombab, Angela. (2008). Acquiring Knowledge about Biodiversity in a Auseum are Worksheets Effective?. Journal of biological Education 2008. Volume 42 Number 4 pp. 157-163 http://www.tandfonline.com/doi/pdf/10.1080/00219266.2008.9656134 Tanggal 19 November 2015.

Marwati. (2011). Pengembangan Buku Ajar Apresiasi Prosa Berorientasi Pendidikan Berkarakter Siswa SMA Kelas X. Tesis Program Megister Pendidikan Bahasa dan Sastra Tidak Dipublikasikan.

Matson, Gill. (2012). The Impact of Specefic Langguage Impairment on Perfofmence in Science and Suggested Implication for Pedagogy. London: University College London.

Muslich, Mansur. (2010). Textbook Writing: Dasar-Dasar Pemahaman Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurgiantoro, Burhan. (2011). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompeteni Edisi 3.Yogyakarta: Anggota IKAPI.

Downloads

Published

2019-09-11

How to Cite

Samiyah, S., Yulianto, B., & Sukartiningsih, W. (2019). PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERORIENTASI PADA NILAI-NILAI ISLAMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS PUISI SISWA KELAS V. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3), 1056–1062. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1056-1062
Abstract views: 208 , PDF Downloads: 248