PENGEMBANGAN MEDIA PETA 3D PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Eko Mauludin Subianto Universitas Negeri Surabaya
  • Aminuddin Kasdi Universitas Negeri Surabaya
  • Waspodo Tjipto Subroto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1043-1055

Abstract

ABSTRACT

This research is a development approach that aims to (1) describe the feasibility media 3D maps have been developed, (2) describe the effectiveness of media 3D map. This research was conducted in SDN Lidah Kulon I Surabaya, with research subjects are students of class IV A SDN Lidah Kulon I Surabaya as the control class and IV B SDN Lidah Kulon I Surabaya as an experimental class of the school year 2015/2016. Type of research is the development of the research design form 4-D. The data was obtained as follows: media 3D map developed declared eligible. This is shown by the assessment of media experts validator that shows the percentage of votes at 92.5% which is in excellent condition and the assessment of experts validator percentage material showed 90% were classified as very good. As for testing the hypothesis analyzed by t-test showed that the learning outcomes of students in the experimental class is higher than the control class. This is indicated by tcount (4713)> ttable (1.664) with a mean value of the experimental class of 78.3750 higher than the learning outcomes of students in the control class is 67.6923. Thus, the use of a 3D map media influence on student learning outcomes. Based on the analysis, it can be concluded that the media 3D map effectively improve student learning outcomes fourth grade of Elementary School.

 

Keywords: Development, Media Map 3D, Learning Outcomes.

 

ABSTRAK                                                                                         

Penelitian ini merupakan pendekatan dari pengembangan yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kelayakan media peta 3D yang telah dikembangkan, (2) mendeskripsikan efektivitas media peta 3D. Penelitian ini dilakukan di SDN Lidah Kulon I Surabaya, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV A SDN Lidah Kulon I Surabaya sebagai kelas kontrol dan IV B SDN Lidah Kulon I Surabaya sebagai kelas eksperimen tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang dilakukan adalah pengembangan dengan bentuk desain penelitian 4-D. Data hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: media peta 3D yang dikembangkan dinyatakan layak. Hal ini ditunjukkan dengan penilaian dari validator ahli media yang menujukkan persentase hasil penilaian sebesar 92.5% yang tergolong sangat baik dan penilaian dari validator ahli materi yang menunjukkan persentase sebesar 90%yang tergolong sangat baik. Sedangkan untuk pengujian hipotesis yang dianalisa dengan uji t menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (4.713) > ttabel (1.664) dengan nilai mean pada kelas eksperimen sebesar 78.3750 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu 67.6923. Jadi, penggunaan media peta 3D berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa media peta 3D efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Peta 3D, Hasil Belajar.

Author Biographies

Eko Mauludin Subianto, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Aminuddin Kasdi, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Waspodo Tjipto Subroto, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

References

Sudjana Nana, Rivai Ahmad. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: GP. Press Group.

Sadiman, Arief S., R. Raharjo, Anung Haryono, Rahardjito. (2010). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Seels & Richey (AECT). (1994). Teknologi Pembelajaran (Definisi dan Kawasannya). Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.

Borg. W.R. dan Gall, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction. New York: Longman.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, Sumadi. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hamzah Amir Sulaiman. (1981). Media Audio Visual. Jakarta: Gramedia.

Kasmadi, H. (1992). Taktik Mengajar Bagian diskusi tentang Teknik Mengajar. IKIP: Semarang Press.

Suwarno, W. Peta. (1980). Media Pendidikan. Semarang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, IKIP Semarang bagian.

Downloads

Published

2019-09-11

How to Cite

Subianto, E. M., Kasdi, A., & Subroto, W. T. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PETA 3D PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3), 1043–1055. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n3.p1043-1055
Abstract views: 470 , PDF Downloads: 398