EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PERMAINAN GATRIK PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS IV SD

Authors

  • Alfatah Ibnu Alkulub Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n2.p1025-1033

Abstract

ABSTRACT

This research has purposed to find out the effectiveness of realistic mathematics education with gatrik game on arithmatic operation mix material in elementary school grade IV at Public Elementary School Palang district Tuban. The result data analysis of implementation realistic mathematics education materials revealed to: (1) Teachers be able to teaching the materials nicely, (2) Students activities during learning process is effective, (3) Students responses during learning process are positive, and (4) classical Students completeness is achieved. Based on the result of this research, Researcher concluded that realistic mathematics learning using gatrik game is effective when applied on arithmatic operation mix in elementary school grade IV.

 

Keywords: Realistic mathematic education and gatrik games

 

ABSTRAK                                                                                         

Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan pembelajaran matematika realistik dengan permainan gatrik pada materi operasi hitung campuran di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Palang Kabupaten Tuban. Hasil analisis data implementasi perangkat pembelajaran terungkap bahwa: (1) guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik, (2) aktivitas siswa selama pembelajaran efektif, (3) respon siswa terhadap pembelajaran positif, dan (4) ketuntasan belajar siswa secara klasikal tercapai.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika realistik dengan permainan gatrik efektif digunakan pada materi operasi hitung campuran di kelas IV SD.

 

Kata Kunci: pembelajaran matematika realistik dan permainan gatrik.

Author Biography

Alfatah Ibnu Alkulub, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ahmadi. (1999). Psikologi sosial. Bandung: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian. Bandung: PT Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Lampiran permendiknas no.22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Depdiknas

Castle, K. & Needham, J. (2007). First graders understanding of measurement. Early Childhood Education Journal, 35 (3), 215-221

Eggen, P. & Kauchak, D. (1996). Strategies for teaching conten and thinking skill. Third Edition. Boston: Ailyn and Bacon Publishers.

Gravemeijer, K. P. E. (1994). Developing realistic mathematics education. Utrecht: Freudenthal Institute.

Gunawan, B. (2015). Penerapan teori belajar vygotsky dalam interaksi belajar mengajar. Diakses di http://www.kompasiana.com/baktigunawan/ penerapan-teori-belajar-vygotsky-dalam-interaksi-belajar-mengajar. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2016.

Hadi, S. (2005). Pendidikan matematika realistik dan implementasinya. Banjarmasin: Tulip

Hamiyah, N. & Jauhar M. (2014). Strategi belajar mengajat di kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Mudhoffir. (1990). Teknologi instruksional: sebagai landasan perencanaan dan penyusunan program pengajaran. Bandung: Remadja Rosda Karya.

Uno, H. & Nurudin, M. (2012) Belajar dengan pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara

Kartodiwirio, S. K. & Abadi, A. (2005). Album Bandoeng tempo doeloe. Bandung: Navpress Indonesia

Slavin, R. E. (2009). Educational psychology: theory and practice. Fifth Edition. Boston: Ailyn and Bacon Publishers

Soviawati, E. (2011). Pendekatan matematika realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa di tingkat sekolah dasar. Jurnal Pendidikan. Edisi Khusus No. 2, ISSN 1412-565X.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik (suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2019-05-11

How to Cite

Alkulub, A. I. (2019). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PERMAINAN GATRIK PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS IV SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(2), 1025–1033. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n2.p1025-1033
Abstract views: 511 , PDF Downloads: 550