PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ahmad Muzakki Alfahmi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n1.p941-948

Abstract

ABSTRACT

In this study, researchers used a type of experimental research. Experimental research conducted because there is whether or not to examine the relationship between the causal variables are tied and free through model-based learning problems about creative thingking. The subject of research is the student class IVB as class experiments, and class IVA as a control class. Each class respectively amounted to 20 students. The results of hypothesis testing retrieved results t count of 9, 327dan t table with signification value 0,05 is 2,086. Thus the value t count earned value greater than t table (9,327 > 2, 086).  Based on those results, then the hypothesis is accepted means there is significant influence between the free variable problem based learning (X) towards creative thinking bound variable (Y) grade IV elementary school.

 

Keyword: Problem Based Learning, Creative Thinking, Social Studies.

 

ABSTRAK                                                                                         

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen dilakukan karena untuk meneliti ada tidaknya hubungan sebab akibat antara variable terikat dan bebas melalui model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kreatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB sebagai kelas eksperimen, dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Setiap kelas masing-masing berjumlah 20 siswa. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil t hitung sebesar 9,327dan t tabel dengan nilai signifikansi 0,05 adalah 2,086. Dengan demikian nilai t hitung yang didapat lebih besar dari nilai t tabel (9,327>2, 086). Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variable bebas pembelajaran berbasis masalah (X) terhadap variable terikat berpikir kreatif (Y) siswa kelas IV.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Kreatif, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Author Biography

Ahmad Muzakki Alfahmi, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Arends, Richard, I. (2008). Learning To Teach Belajar Untuk Mengajar (Edisi Ketujuh: Buku Dua). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

_______________. (2012) Learnig to Teach, Ninth Edition. New York: McGraw-Hill.

Arikunto, Suharsimi. (1989). Manajemen Penelitian. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan P2LPTK.

Awang, Halizah and Ishak Ramly. (2008). œCreative Thinking Skill Approach Through Problem-Based Learning: Pedagogy and Practice in the Engineering Classroom. World Academy of Science, Engineering and Technology International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business and Industrial Engineering. Vol.2 No.4. pp. 334-339.

Aziz, Abdul Saefudin. (2012). œPengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Al-Bidāyah. Vol 4 No 1. pp. 37-48.

Azwar, Saifudin. (1996). Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bilgin Ibrahim, Erdal Senocak and Mustafa Snozbilir. (2009). œThe Effect of Problem-Based Learning Instruction on University Students Performance of Conceptual and Quantitative Problems in Gas Concept. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. pp. 153-164.

DePorter, Bobbi. (2011). The 7 Biggest Teen Problems and How To Turn Them Into Strengths (Edriani Azardi, Trans). Bandung: Kaifa. (Original work published 2006).

Dimyati dan Mujiono. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Elvira, Maria De Caroli and Elisabetta Sagone. (2010). œCreative Thinking And Big Five Factors Of Personality Measured In Italian Schoolchildren. Journal Faculty of Educational Science University of Catania, Italy.pp.1-12.

Gunawan, Rudi. (2011). Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Hassoubah, Zaleha, Izhab. (2004). Developing Creative & Critical Thinking Skills (Cara Berpikir Kreatif & Kritis). Bandung: Nuansa.

Herman, Tatang. (2007). œPembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. EDUCATIONIST. Vol.1 No.1. Januari 2007. pp. 47-56.

Ibrahim, Muslimin dan Mohammad Nur. (2005). Pengajaran Berdasarkan Masalah (Edisi 2). Surabaya: University Press.

Ibrahim, M. (2005). Pembelajaran Berdasarkan Masalah latar Belakang, Konsep Dasar, dan Contoh Implementasinya. Surabaya: Unesa University Press.

Julianto, dkk. (2011). Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa University Press.

Kiki Efi Assriyanto, J.S. Sukardjo, dan Sulistyo Saputro. (2014). œPengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Eksperimen Dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA N 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol.3 Tahun 2014, pp 89-97.

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Presindo.

Riyanto, Yatim. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Salim, Ali Rashid Alghafri and Hairul Nizam Bin Ismail. (2014). œThe Effects of Integrating Creative and Critical Thinking on Schools Students' Thinking. International Journal of Social Science and Humanity. Vol.4, No.6. pp. 518-525.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sardjiyo dkk. (2007). Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Savery, John R. (2006). œOverview of Problem-based Learning: Definitions and Distinction. IJPBL-Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning. Vol.1 No.1. Spring 2006. pp. 9-20.

Siswono, Tatag Y.E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.

Sohibi, Muh dan Joko Siswanto. (2012). œPengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa. Jurnal Prodi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Semarang. pp. 135-144.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suhanadji dan Waspodo Tjipto S. (2003). Pendidikan IPS. Surabaya: Insan Cendekia.

Sukmadinata, Nana Saodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sundayana, Rostina. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryanti, dkk. (2008). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa University Press.

Susanto, Ahmad. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tim Dosen Pengembang Ilmu Pengetahuan FIP Unesa. (2004). Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

_____. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Walpole. (1995). Pengantar Statistika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Warsono dan Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Surabaya: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2019-01-11

How to Cite

Alfahmi, A. M. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(1), 941–948. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n1.p941-948
Abstract views: 834 , PDF Downloads: 540