PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN KETERAMPILAN KOLABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA TEMA CITA-CITAKU

Authors

  • Linda Nur Khanifah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n1.p900-908

Abstract

ABSTRACT

This study have purpose research the effect of using Project Based Learning model toward the learning output student of grade IV elementary school and the effect of using collaboration skill toward the learning output student of grade IV elementary school. The type of the research was experimental research with pretest-posttest control group research design.. Results of testing the hypothesis that t value obtained is equal to 7.259 and a significance value of 0.002, the hypothesis testing results show that the t value obtained is greater than the value of t in the table(7.259 > 2.920), while the significance value smaller than the value of α (0.002 <0.05). Based on these results, the hypothesis is accepted, it be concluded that project based learning models and collaboration skill can improve the learning outputs of the student grade IV SDN Kutorejo 1 Tuban significantly.

 

Keywords: Project Based Learning, Collaboration Skill, Learning Output.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar dan keterampilan kolaborasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan bentuk penelitian pretest-posttest control group design.. Hasil pengujian hipotesis menjelaskan nilai f hitung yang didapat yaitu sebesar 7.259 dan nilai signifikansi sebesar 0,002, hasil pengujian hipotesis tersebut menunjukkan bahwa nilai f hitung yang didapat lebih besar dari nilai t dalam tabel (7.259 > 2.920) sedangkan nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari nilai α (0,002 < 0,05).  Berdasar hasil tersebut, maka hipotesisditerima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model project based learning dan keterampilan kolaborasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kutorejo 1 Tuban.

 

Kata Kunci : Project Based Learning, Keterampilan Kolaborasi, Hasil Belajar.

Author Biography

Linda Nur Khanifah, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Arends, R. (2012). Learning to Teach: Ninth Edition. America, New York: Mcgraw-Hill, Inc.

Arikunto, Suharsimi. (1989). Manajemen Penelitian. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan P2LPTK.

Cawi, I Wayan, Dkk. (2014). Vol.4. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Menggambar Layout Dengan Kovariabel Kecerdasan Spasial Dan Kecerdasan Logis Matematis. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Colt. The George Lucas Educational Foundation (2005). Instructional Module Project Based Learning. http://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl.php (Diunduh pada tanggal 10 Januari 2016)

Fogarty, R. (1991). The Mindful School How To Integrate The Curricula.USA:IRI/Skylight publishing.

Jagantara,I Made,Dkk. (2014). Vol.4. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA.Bali. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Khamdi. (2007). Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jakarta: Pustaka Karya.

Mustaji. (2009). Teori dan Model Pembelajaran.Surabaya: Unesa University Press.

Mustaji. (2010). Desain Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kolaborasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkolaborasi. http://pasca.tp.ac.id/site/ desain-pembelajaran-dengan-menggunakan-model-pembelajaran-kolaborasi-untuk-meningkatkan-kemampuan-berkolaborasi (diakses pada tanggal 05 Januari 2016).

Nurochman, Sabar. (2007). Pendekatan Project Based Learning Sebagai Upaya Internalisasi Scientific Method Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan mutu Pendidikan. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SD Kelas II. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rachmawati, Dini. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. FITK Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sekiyani, Dwi. (2012).Implementasi Metode Kolaborasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SD.FIP Universitas Sebelas Maret.

Subagia, I Wayan dkk. Vol.4. No.1. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. Bali: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudjana, Nana. (2009). Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Triani, Wina (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi. FKIP Universitas Lampung.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2011). Mendesain Pembelajaran Kontekstual di kelas (Contekstual Teaching Learning). Jakarta: Cerdas Pustaka.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Wrigley. (1998). Knowledge in Action: The Promise of Project-Based Learning. http://repository.upi.edu/operator/uploads/s (Diakses pada tanggal 10 Januari 2016).

Downloads

Published

2019-01-11

How to Cite

Khanifah, L. N. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN KETERAMPILAN KOLABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA TEMA CITA-CITAKU. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(1), 900–908. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n1.p900-908
Abstract views: 3427 , PDF Downloads: 2191