PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SIFAT CAHAYA KELAS V SD

Authors

  • Sukoco Sukoco Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n2.p986-995

Abstract

ABSTRACT

The aims of this research is to produce a learning materials that uses a scientific approach to training thinking skills and concepts understanding. This research is a Research and Development using 4-D design. Design of implementation using one group pretest-posttest design. Development of learning materials that include lesson plans, textbook, worksheets, and evaluation sheets, all of them has been validated by two validators. The result of the learning materials validation is categorized valid and feasible to implemented in learning. The implementation result showed that: 1) adherence to learning that includes introduction, core activities, and the closure has a very good category. 2) The observation of student activities showed that the most dominant students activity is working on worksheets/experiment. 3) The results of concepts understanding test showed that the percentage of completeness students in concept understanding is 90%. 4) The results of thinking skills test showed that there are increase students thinking skills after learning with the scientific approach 5) Obstacles encountered during the learning process is time effectiveness that not good because the method used is new for the students so need to habituation. 6) The response of students to the learning materials developed indicate a positive response. The conclusions of this research is that learning materials based scientific approach developed is valid, practical, and effectively implemented to training students thinking skills and concepts understanding on the subject matter properties of light on fifth grade of elementary school.

 

Keywords: Learning Materials, Scientific Approach, Thinking Skills, Concepts Understanding.

 

ABSTRAK                                                                                         

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik untuk melatihkan keterampilan berpikir dan pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D. Desain uji coba menggunakan one group pretest-posttest design. Pengembangan perangkat pembelajaran yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, buku ajar siswa, lembar kerja siswa, dan tes hasil belajar, semuanya telah divalidasi oleh dua orang validator. Hasil dari validasi perangkat pembelajaran berkategori valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji coba menunjukkan bahwa: 1) keterlaksanaan pembelajaran yang mencakup pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup memiliki kategori sangat baik. 2) Pengamatan aktivitas siswa menunjukkan bahwa aktivitas siswa yang paling dominan adalah mengerjakan lembar kerja siswa/melakukan eksperimen. 3) Hasil tes pemahaman konsep menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa dalam pemahaman konsep sebesar 90%. 4) Hasil tes keterampilan berpikir menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir setelah pembelajaran dengan pendekatan saintifik. 5) Hambatan yang dihadapi selama proses pembelajaran adalah efektivitas waktu yang kurang baik karena metode pembelajaran yang digunakan dianggap baru oleh siswa sehingga perlu pembiasaan. 6) Respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan respon positif. Simpulan yang bisa diambil pada penelitian ini adalah bahwa perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif diimplementasikan untuk melatihkan keterampilan berpikir dan pemahaman konsep siswa pada materi sifat cahaya kelas V SD.

 

Kata-kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Keterampilan Berpikir, Pemahaman Konsep.

Author Biography

Sukoco Sukoco, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Akbar, Sadun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Akker, J.V.D., Branch, R. M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (2012). Prototyping to reach Product Quality.Design approaches and tools in education and training (eds). 125-135. doi: 10.1007/978-94-011-4255-7

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach, Ninth Edition. New York: The McGraw Hill Companies Incorporation.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Biggs, John B & Collis, Kevin F. (1982). Evaluating The Quality of Learning: The SOLO Taxonomy (Structure of the Observed Learning Outcome). New York: Academic Press Inc.

BSNP. (2006). Naskah Akademik Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gama Media.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar.

Fraenkel, Jack R., Norman Wallen, Helen Hyun. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education, Eighth Edition. New York: The McGraw Hill Companies Incorporation.

Fitri, Dewi Cahya dan Supriyono. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). 04(02), 8-12.

Gage, Peter C. (1994). How to Teach Elementary School Science. 2nd Edition. USA: Macmillan Publishing Company.
Hackling, M., Garnett, P., & Dymond, F. (1990). Improving the Scientific Thinking of Preservice Secondary Science Teachers. Australian Journal of Teacher Education, 15(2).

Hamalik, Oemar. (2009). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hima, Yatu Sembi. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X SMKN1 Banyudono dengan Penerapan Pendekatan Scientific Melalui Reward pada Pokok Bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear. Naskah Publikasi. Retreved from http://www.ums.ac.id.

Ibrahim, M. (2012). Konsep, Miskonsepsi dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: Unesa University Press.

Khodijah, Nyayu. (2006). Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.

Laksono, Kisyani, dkk. (2007). Membaca 2[Modul Universitas Terbuka PBIN 4329]. Jakarta: Universitas Terbuka.

Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter, dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3(1), 28-35.

Mujinem. (2012). Peningkatan Pemahaman, Keterampilan Berfikir, dan Sikap Demokratis Siswa dengan Metode Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran PKn di Kelas XI L1 SMKN 3 Kasihan. Jurnal Ilmiah Guru œCOPE16(02), 49-58.

Mulyani. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Melatihkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Siswa (Tesis yang tidak dipublikasikan), Surabaya:.Universitas Negeri Surabaya

Nur, M. (2008). Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: Unesa Press.

Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Slavin, Robert E. (2011). Psikologgi Pendidikan: Teori dan Praktik. Edisi Kesembilan, Jilid 2. (Terjemahan). Jakarta: PT Indeks.

Smith, P. M., & Hackling, M. W. (2016). Supporting Teachers to Develop Substantive Discourse in Primary Science Classrooms. Australian Journal of Teacher Education, 41(4).

Sulisetiawati, Anna. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar (Tesis yang tidak dipublikasikan), Universitas Negeri Surabaya,Surabaya

TIMSS. (2011). International Result in Science. Diperoleh pada Desember 19, 2015 dari http://timssandpirls.bc.edu/timss2011/international-results-science.html.

Wegerif, Rupert. (2010). Mind Expanding: Teaching for Thinking and Creativity in Primary Eductaion. Berkshire: Mc Graw Hill Education.

Whitebread, David. (2001). The Psychology of Teaching and Learning in the Primary School. London and New York: Routledge Falmer.

Downloads

Published

2019-05-11

How to Cite

Sukoco, S. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SIFAT CAHAYA KELAS V SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(2), 986–995. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n2.p986-995
Abstract views: 463 , PDF Downloads: 467