PENGEMBANGAN KIT MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MATERI TATA SURYA PADA SISWA KELAS VI SD

Authors

  • Kahfi Rahmah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n1.p892-899

Abstract

ABSTRACT

This research aims to produce Media Kit Science Learning Based on Scientific Method that feasible to improve mastery of concept on the material of Solar System in Grade 6th elementary school. This reaserch is a developmental reasearch, wich model reasearch is ADDIE. Limited try out design using one group pretest-posttest design with quantitative descriptive analysis techniques and descriptive qualitative. The try out subject that used in this reaserch are students Grade 6th of Elementary School 3 Kedungwinangun, Kebumen, academic year 2015/2016 on the material of Solar System. The result of reaserch showed: (1) The all content of the lesson plan, such RPP, BAS, LKS, Media KIT about Solar System, and Learning Aspects of Knowledge Test Results are feasible; level of legibility BAS and LKS categorized well; (2) Development content of lesson plans is practice to used, shown by implementation of content of lessonplan up to 100%; (3) The lesson is effective, achievement learning objectives and indicators is shown by all of students can reach the completeness criteria; The students activity is studen centered, average of students activity about observed is 84,67%, 65,33% for questioning, 84,5% for collecting information, 83,17% for associating information, and 100% for communicating; result study of students shown there is increasing mastery of concept on the solar system material with categorie of gain scor is high. Based on the result and discussion of this study concluded that the device of science learning based on scientific method that use media kit of solar system feasible, practice, and effective for use in study.


Key Words: Kit Media, Science Learning, Scientific, dan Mastery of Concept.


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Kit Media Pembelajaran IPA berbasis saintifik yang layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep materi tata surya pada siswa kelas VI SD.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model ADDIE. Desain uji coba terbatas menggunakan one group pretest-posttest design dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Subjek ujicoba ini adalah siswa kelas VI SDN 3 Kedungwinangun, Kebumen, tahun pelajaran 2015/2016 dengan materi tata surya.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, LKS, BAS, Kit Media Tata Surya, Tes Penguasaan Konsep valid; tingkat keterbacaan BAS dan LKS berkategori baik; (2) Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan praktis digunakan, ditunjukkan dengan terlaksananya kegiatan pembelajaran dengan persentase keterlaksanaan sebesar 100%; (3) Pembelajaran berlangsung efektif, pencapaian tujuan pembelajaran dan indikator ditunjukkan dengan tercapainya kriteria ketuntasan sebesar 100% dari jumlah siswa, aktivitas siswa dalam pembelajaran lebih dominan yang ditunjukkan dengan rata-rata aktivitas siswa untuk kegiatan mengamati sebesar 84,67%, menanya sebesar 65,33%, mengumpulkan informasi 84,5%, mengolah informasi 83,17%, dan mengkomunikasikan 100%; hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan penguasaan konsep siswa mengenai materi tata surya meningkat dengan kategori gain skor tinggi.Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis saintifik yang menggunakan Kit Media IPA Tata Surya valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.


Kata Kunci: Kit Media, Pembelajaran IPA, Saintifik, dan Penguasaan Konsep.

ABSTRACT

This research aims to produce Media Kit Science Learning Based on Scientific Method that feasible to improve mastery of concept on the material of Solar System in Grade 6th elementary school. This reaserch is a developmental reasearch, wich model reasearch is ADDIE. Limited try out design using one group pretest-posttest design with quantitative descriptive analysis techniques and descriptive qualitative. The try out subject that used in this reaserch are students Grade 6th of Elementary School 3 Kedungwinangun, Kebumen, academic year 2015/2016 on the material of Solar System. The result of reaserch showed: (1) The all content of the lesson plan, such RPP, BAS, LKS, Media KIT about Solar System, and Learning Aspects of Knowledge Test Results are feasible; level of legibility BAS and LKS categorized well; (2) Development content of lesson plans is practice to used, shown by implementation of content of lessonplan up to 100%; (3) The lesson is effective, achievement learning objectives and indicators is shown by all of students can reach the completeness criteria; The students activity is studen centered, average of students activity about observed is 84,67%, 65,33% for questioning, 84,5% for collecting information, 83,17% for associating information, and 100% for communicating; result study of students shown there is increasing mastery of concept on the solar system material with categorie of gain scor is high. Based on the result and discussion of this study concluded that the device of science learning based on scientific method that use media kit of solar system feasible, practice, and effective for use in study.

 

Key Words: Kit Media, Science Learning, Scientific, dan Mastery of Concept.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Kit Media Pembelajaran IPA berbasis saintifik yang layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep materi tata surya pada siswa kelas VI SD.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model ADDIE. Desain uji coba terbatas menggunakan one group pretest-posttest design dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Subjek ujicoba ini adalah siswa kelas VI SDN 3 Kedungwinangun, Kebumen, tahun pelajaran 2015/2016 dengan materi tata surya.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, LKS, BAS, Kit Media Tata Surya, Tes Penguasaan Konsep valid; tingkat keterbacaan BAS dan LKS berkategori baik; (2) Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan praktis digunakan, ditunjukkan dengan terlaksananya kegiatan pembelajaran dengan persentase keterlaksanaan sebesar 100%; (3) Pembelajaran berlangsung efektif, pencapaian tujuan pembelajaran dan indikator ditunjukkan dengan tercapainya kriteria ketuntasan sebesar 100% dari jumlah siswa, aktivitas siswa dalam pembelajaran lebih dominan yang ditunjukkan dengan rata-rata aktivitas siswa untuk kegiatan mengamati sebesar 84,67%, menanya sebesar 65,33%, mengumpulkan informasi 84,5%, mengolah informasi 83,17%, dan mengkomunikasikan 100%; hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan penguasaan konsep siswa mengenai materi tata surya meningkat dengan kategori gain skor tinggi. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis saintifik yang menggunakan Kit Media IPA Tata Surya valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

 

Kata Kunci: Kit Media, Pembelajaran IPA, Saintifik, dan Penguasaan Konsep.

Author Biography

Kahfi Rahmah, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Anderson, Lorin W. & Krathwol, David R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. A Revision of Blooms Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Arends, Richard I. (2008). Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. New York: Mc. Graw-Hill Companies, Inc.

Dahar, Ratna Wilis. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dewantara, Ki Hajar. (1977). Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Fathurrohman, P. (2007). Strategi Belajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islam. Bandung: PT Refika Aditama.

Heinich, Robert, Michael Molenda, & James D. Russell. (1982). Instructional Media and The New Technologies of Instruction. Newyork: John Wiley & Sons, Inc.

Houston, W.R., Cliff, R.T., Reiberg H.J. & Wargen A.R. (1988). Touch The Future: Teach. New York: West Publishing Company.

Ibrahim, Muslimin, dkk. (2008). Model Pembelajaran Inovatif IPA melalui Pemaknaan. Surabaya: Unesa University Press.

Ibrahim, Muslimin, dkk. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa University Press.

Karsidi. (2007). Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Laksono, Kisyani. (2007). Membaca 2. Modul UT. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mustaji. (2013). Media Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Nagl, M. G., Obadovic, D. Z., & Segedinac. (2012). Efectivitive Teaching of Physics and Scientific Method. TEM Journal, 2, Vol. 1, page 85-89.

Nusyamsuddin, dkk. (2013). Pembelajaran Berbasis Kompetensi dengan Pendekatan Saintifik. Jakarta: Kemendikbud RI.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Departemen Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pribadi, Benny A. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Rohman, Muhammad. (2012). Kurikulum Berkarakter, Refleksi dan Proposal Solusi terhadap KBK dan KTSP. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Rumampuk, D.B. (1988). Media Instruksional IPS. Jakarta: Depdikbud.

Savinainen, A. & Scott P. (2002). The Force Concept Inventory: A Tool for Monitoring Student Learning. Physic Education, 37 (1), page 45:52.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Subiyanto. (1988). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-01-11

How to Cite

Rahmah, K. (2019). PENGEMBANGAN KIT MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MATERI TATA SURYA PADA SISWA KELAS VI SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(1), 892–899. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n1.p892-899
Abstract views: 625 , PDF Downloads: 442