PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENGAJUAN MASALAH PADA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA DI KELAS V SD

Authors

  • Siyamtini Siyamtini Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n2.p976-985

Abstract

ABSTRACT

This research aims to produce a learning set and to describe its effectiveness trought a good problem posing approach problems in comparison and scale materials grade 5 Elementary School. This is research and development study which uses Plomp model. The model includes five phases: a preliminary investigation, design, contruction, test, evaluation , and revision , and implementation . Furthermore,the learning set producedis leson plans, worksheets, and test. The subjects were students of grade 5 SDN Erogemiwang Kebumen in the academic year 2015/2016 . The data were obtained from the assessor, the observation of the teacher's activity in managing teaching learning process and student activities, the results of the questionnaire, and tes score. The technique analysis was using data  validation analysis, observation analysis, and test analysis. The result show that the developed learning set meet the criteria: (1) valid, in which the assessor marks 3.13 for good learning sets and test in valid, reliable, and sensitive (2) practical, the teacher's ability is good in which the obtains 4.22 and the students are in which they reach 86.24% for the activity in experimental class, (3) effective, which is demonstrated by: (a) the teachers is good with 4.22 poin in experimental class and 4.17 in control class. (b) the students are active in which they obtain 86.24% for their activity in experimental class and 87.85% in controlclass, (c) the students respons reach  92.8% in experimental class and 92.5% in control class, (d) the learning outcomes achieve 100% in experimental class tests and 95% in control class. Based on the analysis , it can be concluded that developed learning set is good and problem posing approach in comparisons and scale material effective.

 

Key Words:learning set, problem posing, comparisons and scale.

 

ABSTRAK                                                                                         

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan pengajuan masalah yang baik dan mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan pendekatan pengajuan masalah pada materi perbandingan dan skala di kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Plomp. Model Plomp yang meliputi 5 tahap yaitu tahap investigasi awal, tahap perancangan realisasi/konstruksi, tahap tes, evaluasi, dan revisi, dan tahap implementasi. Perangkat yang dihasilkan meliputi: RPP, LKS, dan THB. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Erogemiwang Kebumen tahun pelajaran 2015/2016. Pada penelitian ini, data diperoleh dari hasil penilaian perangkat oleh validator, hasil observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, hasil observasi aktivitas siswa, hasil angket respons siswa, dan nilai tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data validasi, analisis data observasi, dan analisis tes hasil belajar. Hasil Penelitian menunjukkan perangkat yang dikembangkan memenuhi kriteria : (1) valid, di mana penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran berkategori baik dengan nilai 3,13 dan THB valid, reliabel, dan sensistif (2) praktis, hal ini ditunjukkan oleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berkategori baik dengan nilai 4,22 dan aktivitas siswa dalam pembelajaran berkategori aktif dengan persentase mencapai 86,24% di kelas uji coba dan, (3) efektif, ditunjukkan oleh: (a) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berkategori baik dengan nilai 4,22 di kelas ujicoba dan 4,17 di kelas implementasi, (b) aktivitas siswa dalam pembelajaran berkategori aktif  dengan persentase mencapai 86,24% di kelas uji coba dan 87,85% di kelas implementasi, (c) respon positif siswa berkategori sangat positif  dengan persentase mencapai 92,8% di kelas uji coba dan 92,5 di kelas implementasi, (d) ketuntasan hasil belajar secara klasikal tercapai dengan persentase mencapai 100% di kelas uji coba dan 95 % di kelas implementasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkualitas baik dan pembelajaran dengan pendekatan pengajuan masalah pada materi perbandingan dan skala efektif.

 

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, pengajuan masalah, perbandingan dan skala.

Author Biography

Siyamtini Siyamtini, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Ahdhianto, Erif. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Geometri Bangun Datar Berbasis Teori Van Hiele untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar (Tesis yang tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Akbar, Sadun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Zaenal. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrori, Mohammad. (2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Astuti, Lusia Tri & P. Sunardi. (2009). Matematika untuk SD Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Depdiknas.(2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.

Grondlund, Norman E. (1982). Constructing Achievement Test (Third Edition). Englewood Cliffs, N.J: Prentice-Hall.

Haji, Saleh. (2011). Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan Triadik, April 2011, Volume 14, No.1

Herawati, Oktiana Dwi Putra, Rusdi Siroj, & H.M. Djahir Basir. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem posing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 4. No. 1 Juni 2010.

Hermat. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Pengajuan Soal pada Materi Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 1 Sangkulirang (Tesis yang tidak dipublikasikan), Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Hsiao, Ju-Yuan, Chun-Ling Hung, Yu-Feng Lan, & Yoau-Chau Jeng. (2013). Integrating Worked Examples into Problem Posing in a Web-based Learning Environment. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology April 2013, volume 12.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember : Pena Salsabila.

Ibrahim, Muslimin, (2003). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.

Irwan. (2011). Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dalam Upaya Meningkatkan Penalaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1, April 2011.

Kasturi, Dafik, & Ojat Darojat. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Posing Berorientasi Penerapan HOTS pada Materi Kesebangunan kelas IX ©Pancaran, Vol. 4, No. 1, hal 11-32, Februari 2015.

Kesan, Cenk, Deniz Kaya, & Selim Guvercin. (2010). The Effect of Problem Posing Approach to the Gifted Students Mathematical Abilities. International Online Journal of Educational Sciences, 2010, 2 (3), 677-687.www.iojes.net.

Khabibah, Siti. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar(Disertasi yang tidak dipublikasikan), Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Kojima, Kazuaki, Kazuhisa Miwa, & Tatsunori Matsui. (2013). Supporting Mathematical Problem Posing with a System for Learning Generation Processes through Examples. International Journal of Artificial Intelligence in Education 22 (2013) 161190. DOI 10.3233/JAI-130035.IOS Press.

Marufi, Muhammad Ilyas, & Fitriani A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Posing dengan Scaffolding Metakognitif pada SMPN Kota Palopo. Prosiding Seminar Nasional Volume 01, Nomor 1, Mei 2014.

Maryati. (2014). Keefektifan kooperatif think pair square (TPSQ) pada Materi Kubus, Balok, Prisma, dan Limas di SMP Kelas VIII SMP Negeri 1 Nganjuk (Tesis yang tidak dipublikasikan), Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Muriadi, I Nengah Parta, & Makbul Muksar. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Tipe Problem Posing untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Operasi Bentuk Aljabar. 561, KNPM V, Himpunan Matematika Indonesia, Juni 2013.

Plomp, T. & Nieveen, N. (2007). An Introduction to educational design Research. Shanghai : The East China Normal University.

Putra, Sitiatava Rizema. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.

Ratumanan, Tanwey Gerson & Theresia Laurens. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Saepudin, Aep, Babudin, Dedi Mulyadi, & Adang. (2009). Gemar Belajar Matematika untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdikknas.

Saleh Haji. (2011). Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, Volume 14, No.1, April 2011.

Siswono, T.Y.E. (2008). Mengajar & Meneliti Panduan Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru dan Calon Guru. Surabaya: Unesa University Press.

Siswono, T.Y.E . (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Pres.

Slavin, Robert E. (1994). Educational Psychology: Theories and Practice (Four Edition). Boston: Allyn & Bacon.

Subagyo, Mulyono & YL Sukestiyarno. (2013). Pembelajaran Matematika Bermuatan Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Problem Posing Melalui Laboratorium Teenzania. Unnes Journal of Mathematics Education Research , UJMER 2 (1) (2013).

Sugiono dan Gunarto, Dedi. (2009). Matematika SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Undang- undang Sisdiknas. (2011). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Upu, Hamzah. (2003). Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Warsono & Haryanto. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Widnya, I Pt., Ign. I Wyn. Suwatra, & I Nym. Murda. (2013). Implementasi Pendekatan problem posing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika Siswa Kelas IV SD No.2 Banjar Bali. ejournal.undiksha.ac.id.

Downloads

Published

2019-05-11

How to Cite

Siyamtini, S. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENGAJUAN MASALAH PADA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA DI KELAS V SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(2), 976–985. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n2.p976-985
Abstract views: 1320 , PDF Downloads: 649