MATERI NASIONLISME PADA BUKU TEKS IPS SD BERDASARKAN KURIKULUM KTSP

Authors

  • Abd. Malik Dachlan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n2.p958-966

Abstract

ABSTRACT

This research aims to determine how nationalism is narrated in Social Science Education textbooks elementary fourth grade based on SBC curriculum 2006. This research is a descriptive qualitatively used content analysis of textbooks fourth grade social studies and works Tantya Hisnu P. Winardi with the titles of Social Sciences for Primary School and works Retno Heny Pujiati and Umi Yuliati with the title of the book Smart Social Sciences Grade 4 Primary School. The method of this research is analysis of the content (content analysis). Techniques of the content analysis covers the following efforts: classification symbols used in the communication, the criteria in the classification,  the prediction and the use of certain techniques to make predictions. Overall the materials presents nationalism has contextual and proportionate without ignoring standards of competence and basic competence curriculum SBC as what is described in the material by text books I and II. Both textbooks itself reflect the real corresponding to everyday life. Description of the material also presents academic, persuade students to think, practice, direct labor, and social skills. The material also involves daily activities, daily life, social issues, and everyday learners.

 

Keywords: Text Book, Social Science Education, School Based Curriculum (SBC), Nasionalisme.

 

ABSTRAK                                                                                         

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah nasionalisme dinarasikan dalam buku ajar IPS SD kelas IV SD berdasarkan kurikulum KTSP 2006. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi terhadap buku ajar IPS kelas IV karya Tantya Hisnu dan P. Winardi dengan judul buku Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI  dan karya Retno Heny Pujiati dan Umi Yuliati dengan judul buku Cerdas Pengetahuan Sosial untuk Kelas 4 SD/MI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Secara teknik content analysis mencangkup upaya-upaya : klasifikasi lambang-lambang yang di pakai dalam komunikasi, menggunakan kriteria dalam klasifikasi, dan menggunakan prediksi dan menggunakan teknik tertentu dalam membuat prediksi. Secara keseluruhan materi nasionalisme yang disajikan telah kontekstual dan proporsional tanpa mengabaikan standar kompetensi dan kompetensi dasar kurikulum KTSP, apa yang di uraikan dalam materi oleh buku ajar I dan buku ajar II adalah persoaalan nyata yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Uraian materi yang disajikan juga sudah memuat kecakapan akademik, mengajak siswa berpikir, praktek, kerja langsung, serta kecakapan sosial, materi yang disajikan juga telah melibatkan kegiatan sehari-hari, kehidupan sehari-hari, melibatkan masalah-masalah sosial sehari-hari yang ada dilingkungan peserta didik.

 

Kata Kunci: Buku Teks, IPS, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Nasionalisme.

Author Biography

Abd. Malik Dachlan, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Aman. (2014). Aktualisasi Nilai-Nilai Kesadaran Sejarah dan Nasionalisme Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA. Jurnal Pendidikan Karakter. Ed. Februari No.1. pp. 23-34.

Amri, Sofan. Jauhari, Ahmad. Elisah, Tatik. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran (Stategi analisis dan pengembangan karakter siswa dalam proses pembelajaran). Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Anderson Benedict. (2008). Imagined Communities (Komunitas - komunitas Terbayang. Yogyakarta: INSIST dan Pustaka Pelajar,

Anthony D. Smith. (2004). History and National Destiny: Responses and Clarifications, Nations and Nationalism 10 (1/2, 195209, 198.

Bungin, Burhan. (2007) Penelitian Kualitatif (komunikasi, ekonomi, kenijakan publik, dan ilmu sosial lainnya), Jakarta: Kencana Prenada Media Group,

Bungin, Burhan. (2012) Analisis Data Penelitian Kualitatif (Pemahaman filosofis dan metodologis ke arah penguasaan model aplikasi). Jakarta: Grafindo Persada.

Connelly F. Michael dan Clandinin, D. Jean. (1988). Teacher as Curriculum Planners. Amsterdam Vanue: Teacher College Press.

David Brown. (1999). Are there Good and Bad Nationalism. Nations and Nationalism, 5 (2), 282.

Detiknews, duh! Istri Simpanan, Perebutan Wanita & Sadis di Buku Anak SD/MI. 2012. (http://news.detik.com/berita/1892038/duh-istri-simpanan-perebutan-wanita-sadisme-di-buku-anak-sd diakses 13 Desember 2015).

Dinas Pendidikan. (2010). Pedoman Teknis Pengintegrasian Materi Nasionalisme melalui Jalur Pendidikan Bagi SD/MI. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Dokumen Peraturan Menteri Pendiidkan Nasional Republik Indonesia No 11 Tahun Tahun 2005, Tentang Buku Teks Pelajaran.

Haryati, Mimin. (2008). Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Henry Guntur Tarigan, dkk. (1993). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Hidayati. (2002) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Program D-II PGSD FIP UNY.

Khaeruddin. Junaedi, Mahfud. (2007) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Konsep dan Implementasinya di Madrasah). Jogyakarta: Nuansa Aksara.

KPAI. Setiawan Davit. (2015). Pola Kosumsi Miras Dikalangan Remaja Meningkat, (http://www.kpai.go.id/berita/kpai-pola-konsumsi-miras-dikalangan-remaja-meningkat/ dikases 20 Nopember 2015).

KPAI. Setiawan Davit. (2015). Pelaku Kekarasan Terhadap Anak Tiap Tahun Meningkat. (http://www.kpai.go.id/berita/kpai-pelaku-kekerasan-terhadap-anak-tiap-tahun-meningkat/ dikases 21 Nopember 2015).

Mary Kaldor. (2004). Nationalism and Globalization. Nations and Nationalism 10 (1/2). Pp. 103-128.

Muhadjir, Noeng. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Mulyanti Arifin. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Malang: UIN Press.

Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Suatu panduan praktis). Bandung: Remaja Rosydakarya.

Mursel, J. dan Nasution, S. (1999). Mengajar dengan Sukses, Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, Mansur. (2012). KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan (Pedoman bagi pengelola lembaga pendidikan, pengawas sekolah, kepala sekolah, komite sekolah, dewan sekolah, dam guru). Jakarta: Bumi Aksara.

Nana, Sudjana. (2007). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Pratt, David. (1980). Curriculum Design and Development, New York: Harcourt Brace Javanovich Publishers.

Rohman Arif. (2009). Politik Idiologi Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.

Rukiyati, dkk. (2008). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: UNY Press.

Rosana, Dadan. (2014). Penguatan Kurikulum dengan Pendidikan Kewirausahaan dan Pembelajaran Aktif untuk Pengembangan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter. Ed. Juni No.2. pp. 160-174.

Sapriya. (2012). Pendidikan IPS (Konsep dan Pembelajaran). Bandung: Remaja Rosydakarya.

Sitepu. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosydakarya.

Skripsi jurusan kependidikan sekolah dasar, fakultas ilmu pendiidkan UM. (2012). Website: repository um.ac.id, universitas malang. (http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/KSDP/article/view/19042 dikases 22 September 2015).

Smith, D Anthony. (2012) Nasionalisme Teori Ideologi Sejarah. Jakarta: Erlangga.

Suara Merdeka, Mungin Edi Wibowo. (2005). Hati-hati Menggunakan Buku Pelajaran. (http://www.suaramerdeka.com/harian/0508/09/opi04.htm diakses 12 Desembe 2015).

Sudrajat, Ajat. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter. Ed. Juni No.2, pp.47-58.

Suhanadji. & Waspodo Tjipto Subroto. (2003). Pendidikan IPS. Surabaya: Insan Cendikia.

Sumaatmadja Nursid. (1997). Materi Pokok Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sumaatmadja, Nursid. (1980). Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alumni.

Sumaatmadja, Nursid. (2007). Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sunarso, dkk. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan PKN Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Press.

Sutiyono. (2013). Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Sebagai Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah: Sebuah Fenomena dan Realitas. Jurnal Pendidikan Karakter. Ed.Oktober No.3, pp. 309-320.

Suyitno, Imam. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berawawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter. Ed. Februari No.1, pp. 1-13

Tempo.Co Nasonal. Yuni, Imam. (2012). Kontroversi Istri Simpanan di buku kelas 2 SD. (http://nasional.tempo.co/read/news/2012/04/13/079396764/kontroversi-istri-simpanan-di-buku-kelas-2-sd dikases 21 September 2015).
Tilaar, H.A.R. (2006). Standarisasi Pendidikan Nasional (Suatu Tinjauan Kritis). Jakarta: Rineka cipta.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2019-05-11

How to Cite

Dachlan, A. M. (2019). MATERI NASIONLISME PADA BUKU TEKS IPS SD BERDASARKAN KURIKULUM KTSP. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(2), 958–966. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n2.p958-966
Abstract views: 877 , PDF Downloads: 432