PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DENGAN LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA DI KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ali Musafa Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p836-846

Abstract

ABSTRACT

The study of learning media development is motivated by the lack of availability of computer-based learning media PPKn in elementary school. The type of research used is research and development using 4-D development model, by executing various stages of development covering the stage of defining, designing, developing and disseminating. The subjects of this media development research are grade III-A students as experimental grade and III-B as control class at SDN Pakis I / 368 Surabaya. Based on the results of assessment of media experts and material experts on computer-based learning media obtained value with the category of " Reasonably", and the results of assessment of users of computer-based learning media obtained value with the category "Practical". Based on the data analysis of the results of student learning tests showed there are significant differences between the results of student learning tests on experimental classes that use computer-based media with control classes that do not use computer-based media, and the average posttest value and percentage increase in pretest posttest value in the experimental grade is larger than the control grade. From the results of data analysis above can be concluded that computer-based learning media with Lectora Inspire reasonably and practical, and effectively can improve students' understanding on the subject of PPKn about the implementation of values of Pancasila in grade III Primary School.

 

Keywords: Media Learning, Computer Based, Lectora Inspire, Values, Pancasila.

 

ABSTRAK

Penelitian pengembangan media pembelajaran ini dilatarbelakangi oleh minimnya ketersediaan media pembelajaran PPKn berbasis komputer di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D, dengan melaksanakan berbagai tahap pengembangan meliputi tahap pendefinisian, perancangan pengembangan dan penyebaran. Subjek penelitian pengembangan media ini adalah siswa kelas III-A sebagai kelas eksperimen dan III-B sebagai kelas kontrol di SDN Pakis I/368 Surabaya. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli media dan ahli materi terhadap media pembelajaran berbasis komputer diperoleh nilai dengan kategori œLayak, dan hasil penilaian dari pengguna terhadap media pembelajaran berbasis komputer diperoleh nilai dengan kategori œPraktis. Berdasarkan analisis data hasil tes belajar siswa menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan media berbasis komputer dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media berbasis komputer, dan hasil rata-rata nilai posttest dan persentase kenaikan nilai pretest posttest pada kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Dari hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis komputer dengan Lectora Inspire layak dan praktis, serta efektif dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PPKn tentang pengamalan nilai-nilai Pancasila di kelas III Sekolah Dasar.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Berbasis Komputer, Lectora Inspire, Nilai-Nilai Pancasila.

Author Biography

Ali Musafa, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Al Hakim, Suparlan, dkk. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Konteks Indonesia. Madani: Malang.

A. M, Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bakar, Ramli. (2014). The Effect Of Learning Motivation on Students Productive Competencies in Vocational High School, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 4(6): 722-732.
Build Mobile Courses the Efficient Way with Lectora 16. 2016. http://trivantis.com/products/ inspire-e-learning-software/. Diakses tanggal 1 November 2016.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Etin Solihatin. (2013). Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hernawan, Edi. (2009). Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD dan MI Kelas III. Departemen Pendidikan Nasional: Pusat Perbukuan.

Hüsamettin, Ackay, etc. (2006). Effects of Computer Based Learning on Students Attitudes And Achievements Towards Analytical Chemistry. The Turkish Online Journal of Educational Technology TOJET January 2006 ISSN: 1303-6521 volume 5 Issue 1 Article 6.

Isjoni, dkk. (2007). ICT Untuk Sekolah Unggul (Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Persindo.

Kurnianingsih, Yanti, dkk. (2015). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas III Tema 6 œIndahnya Persahabatan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurnianingsih, Yanti, dkk. (2015). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas III Tema 6 œIndahnya Persahabatan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lawrence J. Najjar. (1996). Multimedia Information and Learning of Educational Multimedia and Hypermedia (1996) 5 (2), 129-150. Diakses pada 1 November 2016.

Leow, Fui Theng. (2014). Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education in A Malaysian University. The Turkish Online Journal of Educational Technology, Volume 13 Issue 2.

Mahya, Arif Fanny dan Siti Partini Suardiman. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, Volume I - Nomor 1

Nurchasanah, Putri. (2016). Video Lambang Pancasila. https:// www.youtube.com/results?search_query=video+lambang+pancasila. Diambil pada 1 November 2016.

Masud, Muhammad. (2014). Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.

Miarso, Yusuf Hadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, Prenda Media.

Munir. (2013). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Murwanti dan Teguh Yuwono. (2009). Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD dan MI Kelas III. Departemen Pendidikan Nasional: Pusat Perbukuan.

Nurchasanah, Putri. (2016). Video Lambang Pancasila. https:// www.youtube.com/results?search_query=video+lambang+pancasila. Diambil pada 1 November 2016.

Nana, Sudjana. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhasanah, dkk. (2015). Buku Guru Kelas III Tema 7 œEnergi dan Perubahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurhasanah, dkk. (2015). Buku Siswa Kelas III Tema 7 œEnergi dan Perubahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Normawati, Nurulita. (2016). Pemanfaatan Komputer dalam Pembelajaran di SD Negeri Tukangan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 23 Tahun ke-5 2016.

Permendiknas. (2003). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.52 tahun 2003 tentang Standar Proses. Jakarta.

Purbarini, Sekar Kawuryan. (2010). Pendidikan Karakter di Sekolah: Masihkah Menjadi Tanggung Jawab Utama PKn. http:// eprints.uny.ac.id/4502/1/ pendidikan_karakter-sekar.pdf. Diakses pada 1 November 2016.

Widiyoko, Putro. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratumanan, Tanwey, Gerson. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Ris, Hervandha Daniarti Fadlilah. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran PKn Berbasis Lectora Inspire Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pendulan Sumbersari Moyudan Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. http:// repository.upy.ac.id/215/1/JURNAL.pdf. Diakses pada 1 November 2016.

Risal M. Merentek. (2012). Pembelajaran Berbasis Computer Sarana Multimedia dalam Pengembangan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3, No. 5 Desember 2012.

Rohman, Muhammad dan Sofan Amri. (2013). Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Robert, B. Kozma. (1994). The Influence of Media on Learning: The Debate Continues. SLMQ Volume 22, Number 4. Diakses pada 1 November 2016.

Roschelle, Jeremy, etc. (2007). Changing How and What Children Learn in School with Computer-Based Technologies. HAL archives-ouvertes. The Future of Children CHILDREN AND COMPUTER TECHNOLOGY Vol.10, No.2 Fall/Winter 2000. Diakses pada 1 November 2016.

Sanjaya, Wina. (2014). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Sardiman. (2006). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. dkk. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sidik, Nur. (2014). Membangun E-Learning Mudah dan Asik dengan Lectora Inspire. Tegal: Em Tiga Group.

Soewarno, dkk. Kendala-Kendala yang Dihadapi Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis Komputer di SD Negeri 10 Banda Aceh. JURNAL PESONA DASAR Vol. 2 No.4, April 2016, hal 28 -39 ISSN: 2337-9227.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryaningsih, Heni dan Wahyu Kurniawati. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Sumber Daya Alam Berbasis Lectora Inspire Pada Siswa Kelas IV SD Pundung Imogiri Bantul. http://repository.upy.ac.id/1168/. Diakses pada 1 November 2016.
Sutarman, Adang. 2016. Pemanfaatan Pembelajaran Berbasis Komputer Model CD Interaktif Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar. JPPI, Vol. 2, No. 1, Juni 2016, Hal. 81-98 e-ISSN 2477-2038.

Ted S. Hasselbring. (2000). Use of Computer Technology to Help Students with Special Needs. The Future of Children CHILDREN AND COMPUTER TECHNOLOGY Vol.10, No.2 Fall/Winter 2000. Diakses pada 1 November 2016.

TIM MKU Pendidikan Pancasila. (2014). Pendidikan Pancasila. Unesa University Press. Surabaya.

TIM PPS Unesa. (2015). Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Unesa University Press. Surabaya.

Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

Widoyoko, Eko Putro. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yudhi Munadi. (2008). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Pers.

Zhang, Dongsong. (2005). Interactive Multimedia-Based E-Learning: A Study of Effectiveness. The American Journal of Distance Education, 19(3), 149162.

Veloo, Arsaythamby and Sitie Chairhany. (2013). Fostering Students Attitudes and Achievement in Probability Using Teams Games Tournament. Science Direct, Social and Behavioral Sciences 93 (2013) 59-64.

Downloads

Published

2018-09-11

How to Cite

Musafa, A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DENGAN LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA DI KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3), 836–846. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p836-846
Abstract views: 1500 , PDF Downloads: 1193