PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Tiara Ayu Rahma Illahi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p826-835

Abstract

ABSTRACT

This study aims to develop learning media using interactive multimedia on the material types of work to improve the critical thinking skills of grade IV elementary school students. This type of research is qualitative and quantitative with the development model using Dick and Carrey. The results of the feasibility test of interactive multimedia products are categorized as feasible because the results of media validation testing, materials, individual tests and small groups show very good categories. For the practical aspect of the development of learning media is categorized very well because the category of the results of the implementation of learning outcomes and classroom learning activity has a range between 3.5-4.0. And for the aspect of the effectiveness of the media tested using t test, the result is obtained ttable value of 2.024 and tcount of 2.435, t-count> t-table means that there is a significant difference critical thinking skills by using interactive multimedia in learning on the material types of work grade IV students at SDN Baturono.

 

Keywords: Interactive Multimedia, Types of Works, Critical Thinking Feasibility, Practicality, Effectivenes.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif pada materi jenis-jenis pekerjaan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif dengan model pengembangan menggunakan Dick and Carrey. Hasil pengujian kelayakan produk multimedia interaktif ini dikategorikan layak karena hasil dari pengujian validasi media, materi, uji perorangan dan kelompok kecil menunjukkan kategori sangat baik. Untuk segi kepraktisan pengembangan media pembelajaran ini dikategorikan sangat baik karena kategori skor hasil keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas belajar siswa kelas memiliki rentang antara 3,54,0. Dan untuk segi keefektifan media diuji menggunakan uji t, hasilnya adalah diperoleh nilai ttabel sebesar 2,024 dan thitung sebesar 2,435, nilai thitung > ttabel berarti bahwa maka terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran pada materi jenis-jenis pekerjaan siswa kelas IV SDN Baturono

 

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Jenis-Jenis Pekerjaan, Kemampuan Berpikir Kritis, Kelayakan, Kepraktisan, Keefektifan.

Author Biography

Tiara Ayu Rahma Illahi, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Ahmadi. (2003). Tentang Sikap yang Tercermin dari Perilaku. Rineka Cipta, Jakarta.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Bandung

Alec Fisher. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Andi Prastowo. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Anitah, Sri. (2009). Strategi Pembelajaran di SD. Universitas Terbuka. Jakarta.

Arda, dkk. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VIII. e-Jurnal Mitra Sains. Vol.3. No.1. Hal 69-77.

Arends, R. I. dan A. Kilcher. (2010). Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher. Rotledge Taylor & Francis Group. New York and London. 456 hlm.

Ariani, N. dan Haryanto, D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: GAVA Media

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Dick. W, Carey. L. Carey. J.O. (2015). The Systematic Design of Instruction. Addison-Wesley Educational Publisher Inc.

Diknas. (2004). Pedoman Umum Pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Ditjen Dikdasmenum. Jakarta.

Dr. Sharma, Pratibha. (2013). Role Of Interactive Multimedia For Enhancing Students' Achievement And Retention. International Women Online Journal of Distance Education. Vol.2. No.3. Hal 12-22.

Fadded, Peter dan Sullivan, Patricia. (2013). Using Interactive Video to Develop Preservice Teachers Classroom Awareness. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education. Vol. 13, No. 2. Hal 156-174.

Fanny, Arif Mahya dan Suardiman, Siti Partini. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia. Vol.1. No.1. Hal 1-9.

Giancarlo, C. A., and Facione, P. A. (2001). A look across four years at the disposition toward critical thinking among undergraduate students. J. Gen. Educ. 50 (1), 2955.

Hassoubah, I. Z. (2007). Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis Disertai Ilustrasi dan Latihan. Bandung; Nuansa.

Heinich, Robert; dkk. (1982). Instructional Media and The New Technologies of Instruction. New York: John Wiley & Son

Herijanto, Budi. (2012). Pengembangan CD Interaktif Pembelajaran IPS Materi Bencana Alam. Journal of Educational Social Studies. Vol.1. No.1. Hal 9-12.

Ibrahim, Muslimin, dkk. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa University Press

Jhonson dan Tambunan, Hamonangan. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Visual Basic Dan Smoothboard Pada Matematika. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Vol.1. No.1. Hal 98-109.

Leow, Fui-Theng. (2014). Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education In A Malaysian University. The Turkish Online Journal of Educational Technology. Vol.13. No.2. Hal 99-110.

Lloret, Miguel, dkk. (2009). Self-Regulated Learning Using Multimedia Programs In Dentistry Postgraduate Students: A Multimethod Approach. International Electronic Journal of Elementary Education. Vol.2. No.1. Hal 101-121.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. Cambridge University Press.

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran: sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mustaji & Mochammad Nursalim. (2010). Media bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa universitas press.

Mustaji. (2013). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran. [online]. Tersedia: http://pasca.tp.ac.id/site/pengembangan-kemampuan-berpikir-kritis-dan-kreatif-dalam-pembelajaran

Myers. E. (2006). A Personal Study of Science Process Skills in A General Physics Classroom: A Capstone submitted in Partial Fulfillment of the Requirements for the Degree of Masters of Arts in Education, Natural Sciences/Environmental Education. Hamline University. Minnesota. (online) Diakses dari http://www.hamline.edu/WorkArea/DownloadAsset.aspx?id=2147491163pada 20 Oktober 2016 21.12 p.m.

MZ, Yumarlin. (2012). Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPS Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknik. Vol.2. No.1. Hal 61-68.

Niken Ariani dan Dany Haryanto. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka

Nitko, Anthony J. (1996). Educational Assessment of Students, Second Edition. Ohio: Merrill an imprint of Prentice Hall Englewood Cliffs.

Nusir, Sawsan, dkk. (2012). Studying The Impact Of Using Multimedia Interactive Programs At Children Ability To Learn Basic Math Skills. Acta Didactica Naposencia. Vol.5. No.2. Hal 17-32.

Pratama, I Gede Eka, dkk. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V SD Negeri 4 Peliatan. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan. Vol.2. No.1. Hal 1-10.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Pujiadi, dkk. 2015. Influence Of Creative Problem Solving Aided With Interactive Compact Disk Towards Mathematics Learning Achievement Of Grade X Students. International Journal of Education and Research. Vol.3. No.3. Hal 611-618.

Rasyid, Harun dan Mansyur. (2007). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima

Resiani, Ni Kadek, dkk. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Semester Genap Di SMPN 7 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan. Vol.8. No.1. Hal 1-10.

Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Saad, Sawsan, dkk. (2015). The Multimedia-Based Learning System Improved Cognitive Skills and Motivation of Disabled Children with a Very High Rate. Educational Technology & Society. Vol.18. No.2. Hal 366-379.

Sadiman, A., dkk. (2003). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No. 6. Rajawali.

Setiawan, Heru. (2015). Implementation Of Digital Learning Using Interactive Multimedia In Excretory System With Virtual Laboratory. Research and Evaluation in Education Journal. Vol.1. No.2. Hal 212-224.
Shah, Iqbal dan Khan, Muhammad. 2015. Impact of Multimedia-aided Teaching on Students Academic Achievement and Attitude at Elementary Level. US-China Education Review A. Vol.5. No.5. Hal 349-360.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sunandar, Imam. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS Berbasis Karakter Pada Materi Sumber Daya Alam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis, Pendidikan Dasar Pascasarjana UNESA.

Sundayana, Rostina. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, Cv.

Supriani, Yani dan Oktaviyanthi, Rina. (2014). The Influence of Compact Disk Interactive Learning Model and Students Creativity Toward The Understanding of Mathematics Concept. International Journal of Education and Research. Vol.2. No.7. Hal 535-540.

Suriadi. (2006). Pembelajaran dengan pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi untuk meningkatkan pemahaman matematik dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Tesis Sps UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyanto. M. (2005). MULTIMEDIA Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, 2nd ed. Yogyakarta: ANDI

Wibowo, Endro Joko. (2013). Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA 2013. Vol.2. No.1. Hal 75-78.

Winarno, dkk. (2009). Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran. Genius Prima Media.

Downloads

Published

2018-09-11

How to Cite

Illahi, T. A. R. (2018). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3), 826–835. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p826-835
Abstract views: 7013 , PDF Downloads: 3583