DOI: http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p789-799

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Ais Rosyida

Abstract


ABSTRACT

The research aims to develop and test the validity, practicality, as well as the effectiveness of learning media, that is comic media based on Contextual Teaching And Learning (CTL) on Social Science subject. Observation model used is the research and development model (R&D) of Borg and Gall. The result of this research shows that comic media based on CTL is reasonable, practical and effective. The using of comic media based on CTL gives influence to the learning result of student. It can be seen through the result of t-test trial which shows that tcount is 2.55 > from ttable 2.903. The using of comic media based on CTL also gets good response from the students,that is 90.5%. Therefore, it can be concluded that comic media based on CTL is reasonable, practical and effective to improve the learning result on Social Science subject of third grade students in Elementary School.

 

Keywords: Comic Media Learning, Development, Learning Result, Social Studies.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan, kepraktisan, serta keefektivan media pembelajaran berupa media komik berbasis CTL pada mata pelajaran IPS. Model dari penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan (R&D) Borg and Gall. Kelayakan media komik didasarkan dari hasil validasi. Kepraktisan media komik didasarkan dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, serta angket kepraktisan media komik. Keefektivan media komik diuji dengan nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik berbasis CTL layak, praktis, dan efektif. Media komik berbasis CTL memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t-test yang menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,55 > dari ttabel 2,093. Penggunaan media komik berbasis CTL juga mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa, yaitu sebesar 90,5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media komik berbasis CTL layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III sekolah dasar pada mata pelajaran IPS.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Komik, Media Pembelajaran, Pengembangan.

Full Text:

PDF

References


Aeni, Nurul, Fitryane Lihawa, & Ragle Yunginger. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Hidrologi. KIM Fakultas Matematika dan IPA, volume 1 number 1, page 1-13.

Arifin, Zainal. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arroio, Agnaldo. (2011). Comics As A Narrative In Natural Science Education. Journal Of Educational Science.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Budiarti, Wahyu Nuning & Haryanto. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, volume 4 number 2, page 233-242.

Dick, Walter, Lou Carey, & James O Carey. (2001). The Systematic Design Of Intruction. United States: Pearson.

Febriandari, Efi Ika. (2015). Pengembangan Media Komik Dalam Pembelejaran Model Round Table Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Siswa Kelas IV SD (Tesis master tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia.

Gall, Meredith D., Joyce, P Gall, & Walter R Borg. (2003). Educational Research. United States: Pearson Education, Icn.

Indaryati & Jaelani. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, volume 3, number 1, page 84-96.

Islamiyah, Umi Kolifatul. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar (Tesis master tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia.

Kamaruddin, Nafisah Kamariah Md, Wan Mohd Rashid bin Wan Ahmad, Zulkarnain Md Amin & Maizam Alias. (2011). A Study Of The Effectiveness Of The Contextual Approach To Teaching And Learning Statistics At The Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM). International Journal of Arts & Sciences, volume 4, number 25, page 305–313.

Mandasari, Dewi Septiani. (2016). Pengembangan Bahan Ajar PKn Kelas V Yang Beorientasi Pada Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di SDN Lerpak 3 Bangkalan (Tesis master tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia.

Negrete, Aquiles. (2013). Constructing A Comic To Communicate Scientific Information About Sustainable Development And Natural Resources In Mexico. Procedia - Social and Behavioral Sciences, volume 103, number 2013, page 200 – 209.

Noor, Faiq Makhdum & Insih Wilujeng. (2015). Pengembangan SSP Fisika Berbasis Pendekatan CTL Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, volume 1, number 1, page 73-85.

O’Sullivan, Margo. (2005). Lesson Observation And Quality In Primary Education As Contextual Teaching And Learning Processes. International Journal of Educational Development, volume 26, number 2006, page 246–260.

Rahayu, Sri. (2011). Improving Students’ Learning Achievement In Civics Using Contextual Teaching And Learning Method. Journal of Arts, Science & Commerce, 4(1), 88-91.

Subroto, Waspodo Tcipto & Suhanadji. (2005). Pengetahuan Dasar Ilmu-Ilmu Sosial Geografi, Sejarah, Ekonomi, Politik, Sosiologi & Antropologi. Surabaya: Unesa University Press.

Sudjana, Nana. (1997). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susiani, L. (2006). Bikin Komik dengan Adobe Ilustator dan Adobe Photoshop. Yogyakarta: Andi.

Wiegers, Patronella Grootens, Martine C. de Vries, Mara M. van Beusekom, Laura van Dijck, & Jos M. van den Broek. (2015). Comic Strips Help Children Understand Medical Research Targeting The Informed Consent Procedure To Children’s Needs. Patient Education and Counseling, volume 98, number 2015, page 518–524.



Article Metrics
Abstract view: 651 times
PDF: 436 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN online : 2460-8475

Publisher:

Universitas Negeri Surabaya

Managed by

Program Studi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

Addres: 

Gedung CPD Kampus Lidah Wetan Universitas Negeri Surabaya 60231 Phone/Fax. (031) 8293484

 

Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian

is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License