PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN LINGKUNGAN PASAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBANDINGKAN PASAR TRADISIONAL DAN MODERN PADA KELAS V SDN PLOSO I/72 SURABAYA

Authors

  • Dian Cahya Nur Kartika Rahayu Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p780-788

Abstract

ABSTRACT

This study aimed to improvement of student ability to compare traditional and modern markets 5th grade Student of SDN Ploso I/172 Surabaya after the application of problem-based learning using market environment. This research is a classroom action research (PTK). The research was conducted in two cycles, where each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection. Subjects in this study 5th grade Student of SDN Ploso I/172 Surabaya in academic year 2016/2017, at about 36 students. Techniques of collecting data were used tests and observation. The techniques of data analysis used in this study is descriptive quantitative analysis. The results showed that the application of problem-based learning can improve student ability to compare traditional and modern markets 5th grade Student of SDN Ploso I/172 Surabaya. This can be seen in the results of classical completeness 56% cycle 1 and cycle 2 increased to 91.66%. This shows an increase of 35.66% classical. This increase occurred because the two researchers cycle change action by bringing learners to traditional markets and modern environment directly.

 

Keywords: Problem-Based Learning, The Market Environment, The Ability to Compare.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan peserta didik dalam membandingkan pasar tradisional dan modern pada kelas V SDN Ploso I/172 Surabaya setelah penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan lingkungan pasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Ploso I/172 Surabaya tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membandingkan pasar tradisional dan modern pada kelas V SDN Ploso I/172 Surabaya. Hal ini dapat dilihat pada hasil ketuntasan klasikal siklus 1 sebesar 56% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 91,66%. Ini menunjukkan terjadi peningkatan 35,66%. Peningkatan ini terjadi karena pada siklus 2 peneliti merubah tindakan dengan membawa peserta didik ke lingkungan pasar tradisional dan modern secara langsung.

 

Kata Kunci:  Pembelajaran Berbasis Masalah, Lingkungan Pasar, Kemampuan Membandingkan.

Author Biography

Dian Cahya Nur Kartika Rahayu, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media

Arends, Ricards I. (1997). Classroom Instruction and Management. New York & San Fransisco: McGraw-Hill companies

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. (2011). Penelitian Tidakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Cho, Young Hoan, Hyoseon, Jiwon, Him, Yoon and Jung Yeon Kim. (2015). Review of Research on Online Learning Environments in Higher Education. Procedia Social and Behavioral Sciences. Volume 19 No. 17 July 2015, pp2012-2017

Erdogan, Tolga. (2015). Research Trends In Dissertations On PBL: A Content Analysis Study. Procedia Social and Behavioral Sciences. Volume 197 No. 5 February 2015, pp308-315

Ersoy, Esen and Nese Baser. (2014). The Effect of Problem Based Learning Method in Higher Education on Creative Thinking. Procedia Social and Behavioral Sciences. Volume 116 No. 5 January 2014, pp3495-3498

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-Model Permbelajaran Inovatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media

Hopkins, David. (1993). A teacher Guide to Classroom Research, 2nd. Philadelphia: Open University Press

Jalani, Noor Hisham and Lai Chee Sern. (2015). Efficiency Comparisons between Example Problem Based Learning and Teacher Centered Learning in the Teaching of Circuit Theory. Procedia Social and Behavioral Sciences. Volume 204 No. 4 November 2015, pp153-163

Jalani, Noor Hisyam and Lai Chee Sern. (2015). The Example Problem Based Learning Model: Appliying Cognitive Load Theory. Procedia Social and Behavioral Sciences. Volume 5 No. 20 Desember 2015, pp872-880

Mills, G.E. (2003). Action Research: A Guide for the Teacher Research (2nd ed). New Jersey: Merrill Prentice Hall

Moutinho, Sara, Joana, Isabel, and Clara Vasconcelos. (2015). Problem Based Learning and Nature of Science: A Study With Science Teachers. Procedia Social and Behavioral Sciences. Volume 191 No. 10 May 2015, pp1871-1875

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya

Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah. Jakarta: Prenada Media Group

Nurhadi. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta. Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama

Robbins, S. (2007). Manajemen, Edisi Kedelapan. Jakarta: Penerbit PT. Indeks.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Grafindo Persada

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya

Sinaga, Anggiat dan Sri Hadiati. (2001). Pemberdayaan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga AdministarsiNegara Republik Indonesia.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Warsono dan Hariyanto. (2014). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Rosdakarya

Yusdi, Milman. (2010). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Downloads

Published

2018-09-11

How to Cite

Rahayu, D. C. N. K. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN LINGKUNGAN PASAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBANDINGKAN PASAR TRADISIONAL DAN MODERN PADA KELAS V SDN PLOSO I/72 SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3), 780–788. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p780-788
Abstract views: 186 , PDF Downloads: 246