IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS SISWA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN PENGUASAAN KONSEP

Authors

  • Danang Ricco Setyo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p771-779

Abstract

ABSTRACT

This study aimed to describe the implementation of activities based learning to facilitate students' creative thinking skills and mastery of concepts. Samples were fifth grade students at SDN Babat Jerawat II Surabaya and fifth grade students at SDN Rangkah VII Surabaya. The topic used in this study is Human Organs and Animals. Research conducted the academic year 2016/2017. This type of research is quasi experiment. The research design was pretest-posttest control group design. The instrument used in this study include: 1) observation sheet implementation of learning; 2) student activity observation sheet; 3) creative skills test instruments; and 4) the test instrument mastery of concepts. Data analysis technique using inferential analysis to determine the differences in the test results of creative thinking skills and mastery of concepts between the experimental group and the control group using t-test analysis. Based on the results of t-test results obtained significance value of 0.000 < 0.05 for creative thinking skills tests. As for the concept mastery test results obtained significance value of 0.020 < 0.05. From the test results of t-tests, we can conclude that there are significant differences between creative thinking skills and mastery of concepts in the control group (instead of activities based learning) and experiment group (activities based learning).


Keywords: Concept Mastery, Creative Thinking Skills, Students Activities Based Learning.

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasian pendekatan pembelajaran berbasis aktivitas siswa untuk melatih keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Babat Jerawat II Surabaya dan siswa kelas V di SDN Rangkah VII Surabaya. Adapun materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Penelitian dilaksanakan tahun ajaran 2016/2017.  Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1) lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran; 2) lembar pengamatan aktivitas siswa; 3) instrumen tes keterampilan kreatif; dan 4) instrumen tes penguasaan konsep. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis inferensial untuk mengetahui adanya perbedaan hasil tes keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan analisis uji t-tes. Berdasarkan hasil  uji t-tes diperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 untuk tes keterampilan berpikir kreatif, sedangkan untuk tes penguasaan konsep diperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,020 <  0,05. Dari hasil  uji t-tes tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep pada kelompok kontrol (pendekatan pembelajaran bukan berbasis aktivitas siswa) dan kelompok eksperimen (pendekatan pembelajaran berbasis aktivitas siswa).

 

Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, Pembelajaran Berbasis Aktivitas Siswa, Penguasaan Konsep.

Author Biography

Danang Ricco Setyo Nugroho, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Abdi, A. (2012). The effect Multiple intelligences-based instruction on Students creative thinking ability at 5th grade in primary school. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47(2012) 105-108

Ahmadi, Iif Khoiru. (2011). Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot (PAIKEM GEMBROT). Jakarta: Prestasi Belajar.

Aiamy, M. (2014). The Effect of Synectics & Brainstorming on 3rd Grade Students Development of Creative Thinking on Science. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47(2012) 610-613

Arifin, Zainal. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsini. (1989). Manajemen Penelitian. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Arnyana, I. B. P. (2006). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif pada Pelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA (Tesis master). Diperoleh dari http://undiksha.ac.id/

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.

Aydin, Y. (2014). The Effects of Problem Based Approach on Students Conceptual Understanding in a University Science Classroom. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152(2014) 704-707

Azwar, Saifuddin. (2012). Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiyanto, A. M. (2014). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kretif Dan Kemandirian Belajar Siswa Sma Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (Tesis master). Diperoleh dari http://www.upi.edu/

Busyairi, A. (2015). Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Keterampilan Berpikir Kreatif (Tesis master). Diperoleh dari http://www.upi.edu/

Cetinkaya, C. (2014). The Effect of Gifted Students Creative Problem Solving Program on Creative Thinking. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(2014) 3722-3726

Dahar, Ratna Wilis. (2006). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Bandung: Gelora Aksara Pratama.

De Porter, Bobby. (2011). Quantum Learning. Bandung: Mizan Pustaka.
Ersoy, E. 2014. The Effects of Problem-Based Learning Method in Higher Education on Creative Thinking. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(2014) 3494-3498

Fogarty, Robin. (1991). How To Integrated The Curricula. Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.

Hadi A. M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMA Negeri di Kota Malang (Tesis master). Diperoleh dari http://www.um.ac.id/

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Husamah. (2013). Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ibrahim, Muslimin. (2012). Konsep, Miskonsepsi, dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: University Press.

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Izzati, N. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa (Tesis master). Diperoleh dari http://web.syekhnurjati.ac.id/

Julianto. (2010). Kajian Teori dan Implementasi Model Pembelajaran Terpadu Dalam Pembelajaran di Kelas. Surabaya: University Press.
Karim, A. S. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student-Teams-Achievment-Divisions) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Kerjasama Siswa (Tesis master). Diperoleh dari http://www.upi.edu/

Komalasari, Kokom. (2011). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.

Kurniati, T. (2015). Penerapan Model Siklus Belajar 5e Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Umum Dan Kemampuan Aplikasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi (Tesis master). Diperoleh dari http://www.uinsgd.ac.id/

Kusumaningrum. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas (Tesis master). Diperoleh dari https://www.uny.ac.id/

Lathifah, I. N. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Integrated Science Berbasis Kearifan Lokal (Tesis master). Diperoleh dari https://www.uny.ac.id/

Nur, Mohamad. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa.

Poerwati, Loeloek Endah. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rahmawati, M. M. E. (2013). Pengaruh Mind Mapping dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran IPA SMP Kelas VII (Tesis master). Diperoleh dari https://www.uny.ac.id/

Ratumanan, Tanwey Gerson dan Laurens Theresia. (2015). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pensil Komunika.

Rohana, R. S. (2016). Project Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa SD pada Materi Makanan dan Kesehatan (Tesis master). Diperoleh dari http://www.upi.edu/

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Samatowa, Usman. Pembeajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sanjaya, Wina. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Silberman, Mel. (2013). Pembelajaran Aktif. Jakarta:PT Indeks.

Simsek, P. (2014). The Effects of Inquiry-Based Learning on Elementary Students Conceptual Understanding of Matter, Scientific Process Skills and Science Attitudes. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2010) 1190-1194

Sudarma, Momon. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiarto, Bambang. (2009). Mengajar Siswa Belajar. Surabaya: University Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supriyono. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di Smpn 239 Jakarta (Tesis master). Diperoleh dari http://www.upi.edu/

Susanto, Ahmad. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Taniredja, Tukiran. (2011). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta.

Tirtawati, N. L. R. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kuantum (Quantum Learning) dan Peta Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA (Tesis master). Diperoleh dari http://undiksha.ac.id/

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka.

Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wadiadnyana, I. W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP (Tesis master). Diperoleh dari http://undiksha.ac.id/

Yaumi, Muhammad. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelegences. Jakarta: Dian Rakyat.

Natawijaya, Rochman. (2005). Aktivitas Belajar. Jakarta: Depdiknas.

Puskur. (2001). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Mata Pelajarann IPS Sekolah Dasar. Jakarta: PusKur Balitbang, Depdiknas.

Roesminingsih, MV. (2005). Teori dan Praktek Pendidikan. Surabaya: FIP UNESA

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.

Downloads

Published

2018-09-11

How to Cite

Nugroho, D. R. S. (2018). IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS SISWA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN PENGUASAAN KONSEP. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3), 771–779. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p771-779
Abstract views: 2270 , PDF Downloads: 708