PENDIDIKAN NILAI NASIONALISME DENGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nur Aeni Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p752-762

Abstract

ABSTRACT

The aim of these research was to increas critical thinking 5th grade students through national value education process elementary school at Cimanggu subdistrict - Cilacap District, on Proclamation affair subject in second semester by using knowledge enrichment book as a development media on national value education in Pop Up Style. These was a development research by using Borg and Gall model that simpled by Puslitjaknov to be five basic steps i.e analizing develop of product, develop preliminary form of product, validation and revision, preliminary field testing, and main field testing with final product that purposed to exsperiment class comparison of control class. Validation yield to the validity and pertinence of pop up book media as knowledge enrichment book by using coefficient of Aikens content was very valid and very pertinence to used and help students in clarivy national value at capabless to capable chategory. To increase critical thinking students with Pop up book media at the experiment class with 82,86% students success but at the control class only 30%. A t-test analyzed that there was acceptable hypothesis at the difference capablity of critical thinking students by using pop up book media and without pop up book.

 

Keywords: critical thinking, pop up book, value education.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui proses pembelajaran pendidikan nilai nasionalisme siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap pada semester II materi Peristiwa Sekitar Proklamasi dengan media yang dikembangkan berupa buku pengayaan pengetahuan pendidikan nilai nasionalisme berbentuk Pop Up. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang secara prosedural telah disederhanakan lagi oleh Tim Puslitjaknov dalam lima tahapan utama yaitu analisis produk yang akan dikembangkan, pengembangan produk awal, validasi dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi, serta uji coba lapangan skala besar dan produk akhir yang pada penelitian ini dikenakan pada kelas ekspeimen dengan pembanding kelas kontrol. Hasil validasi terhadap kevalidan dan kebergunaan media Pop Up Book sebagai buku pengayaan pengetahuan dengan menggunakan koefisien validitas isi Aikens termasuk kategori sangat valid dan sangat berguna. Sedangkan penggunaan media Pop Up Book dalam membantu siswa mengklarifikasi nilai-nilai nasionalisme siswa dari masih kurang mampu menjadi mampu.  Peningkatan berpikir kritis menggunakan media Pop Up Book pada kelas eksperimen 82,86% sedangkan kelas kontrol 30% dengan uji-t dan kesimpulan hipotesis diterima sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan berpikir kritis siswa dengan  penggunaan media Pop Up Book.

 

Kata Kunci: Berpikir Kritis, Pendidikan Nilai, Pop Up Book.

Author Biography

Nur Aeni, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Adisusilo, Sutarjo. (2014). Pembelajaran Nilai Karakter, Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aeni, Ani Nur. (2010). Pendidikan Nilai di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar No. 14 bulan Oktober 2010. UPI Press: Bandung.

Ahyani, Nur. (2014). Kemampuan Berfikir Kritis dalam Sejarah. Jurnal.FKIP.UNS.ac.id. Diunduh tanggal 20 September 2016.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Azwar, Saifuddin. (2015). Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bluemel, Nancy L & Taylor, Rhonda H. (2012). Pop-up Books: A Guide for Teachers and Librarians. California: Santa Barbara.

Hanifah, Tisna Utami (2014). Pemanfaatan Media Pop Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Lingualistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di Tk Negeri Pembinna Bulu Temanggung). Http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia. Diakses tanggal 17 Oktober 2016.

Kasdi, Aminuddin. (2016). 50 Tahun Bersama Aminuddin Kasdi : Unesa University Press.

Khoerotun, dkk. (2014). Perancangan Buku Pop-Up Museum Sangiran Sebagai Media Pembelajaran Tentang Peninggalan Sejarah. Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol.2, No.1, Art Nouveau, 2014. Diakses tanggal 17 Oktober 2016.

Lambertus. (2009). Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di SD. Jurnal Forum Kependidikan, Volume 28, Nomor 2, Maret 2009. Diunduh Tanggal 3 Novembr 2016.

Miekley, Joshua P. (2014). What Makes Crithical Thinking Critical for Adult ESL Students. The CATESOL Journal 25.1.2013/2014. Diunduh tanggal 13 Desember 2016.

Mulyana, Rohmat.(2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa. E. (2015). Revolusi Mental. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Musfiqon.(2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Pramesti, Jatu. (2015). Skripsi Pengembangan Media Pop-Up Book Tema Peristiwa. Yogyakarta: UNY. Diakses tanggal 17 Oktober 2016.

Puslitjaknov, Tim. (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Depdiknas

Pusat Perbukuan. (2005). Pedoman Klasifikasi Buku Pendidikan. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Ratumanan, Tanwey & Theresia Laurens. (2015). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jogjakarta: Pensil Komunika.

Riduwan & Sunarto. (2014). Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Riyanto, Yatim. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.

Riyanto, Yatim. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Samancı, Nilay Keskin. (2015). A Study on the Link between Moral Judgment Competences and ritical Thinking Skills. International Journal of Environmental & Science Education, 2015, 10(2), 135-143. Dikses tanggal 20 September 2016.

Schafersman, S.D. (2012). An Introducing to Critical Thingking. (online). www.Wikipedia.com. Diunduh tanggal 17 Oktober 2016

Smith, Vernon G & Antonia Szymanski. (2013). Critical Thinking: More Than Test Scores. NCPEA International Journal of Educational Leadership Preparation, Vol. 8, No. 2 October 2013 ISSN: 2155-9635 © 2013 National Council of Professors of Educational Administration. Diunduh tanggal 17 Oktober 2016

Sridiyatmiko, Gunawan. (2016). Social Dynamic of Yogyakarta Citizens in Facing the Uncertainty of Traditional Value and Modernity: The Integrated Value of Social Study. Journal Education and Practice. www.iiste.org ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online) Vol.7, No.15, 2016. Diunduh Tanggal 20 September 2016.

Suherli. (2008). Menulis Buku Pengayaan. suherlicenterblog.id. diunduh tanggal 17 Oktober 2016.

Turkkahraman, Mimar. (2013). Social Value and Value Education. Jurnal Procedia 116 (2014). Diunduh tanggal 13 Desember 2016.

Downloads

Published

2018-09-11

How to Cite

Aeni, N. (2018). PENDIDIKAN NILAI NASIONALISME DENGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3), 752–762. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p752-762
Abstract views: 1184 , PDF Downloads: 1167