PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDM 020 KUOK

Authors

  • Muhammad Syahrul Rizal Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p741-751

Abstract

ABSTRACT

This research aims to analyze the influence of cooperative learning model types Think Talk Write (TTW) against the liveliness of the grade IV SD and to analyze the influence of cooperative learning model type TTW against student learning outcomes grade IV SD.This research was conducted at SDM 020 Kuok Kampar to the subject of research is the grade IVa as a class experiment and grade 1Vb as class control in learning 2016/2017. This type of research is research conducted experiments with design research on non equivalent control group design. The instruments used in the penelitia this is the observation sheet liveliness student learning and learning outcomes a matter of grain. Data research results shows thitung (21.179) > ttabel (1.682), this means there are differences the liveliness of students. After holding of treatment and done posttest, experimental class students may be higher compared to the control class. So, there's the influence of model learning TTW against liveliness student learning. As for the second hypothesis testing, data student learning outcomes (pretest) with a value of thitung (0.015) < ttabel (1.682), this shows the lack of difference in the ability of the student learning outcomes. After being given treatment and posttest, then the data research results the results of student learning (posttest) indicates the value of the thitung (4,200) > ttabel (1.682), this means that there is a difference in the ability of the student learning outcomes. After being given treatment and posttest results, student learning in the classroom experiment higher compared to the control class. So, there's the influence of model learning student learning outcomes against TTW. Based on the results of data analysis, It can be concluded that cooperative learning model type TTW influence on learning outcomes and student activity significantly.

 

Keywords: Cooperative Learning Model Types Think Talk Write (TTW), Learning Results, Students May Be.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap keaktifan siswa kelas IV SD dan untuk menganalisa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TTW terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Penelitian ini dilakukan di SDM 020 Kuok Kampar dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IVa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 1Vb sebagai kelas control pada tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitia ini adalah lembar observasi keaktifan belajar siswa dan butir soal hasil belajar. Data hasil penelitian keaktifan menunjukkan thitung (21,179) > ttabel (1.682), hal ini berarti ada perbedaan keaktifan siswa. Setelah diadakannya treatment dan dilakukan posttest, keaktifan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas control. Jadi, ada pengaruh model pembelajaran TTW terhadap keaktifan belajar siswa. Sedangkan untuk pengujian hipotesis kedua, data hasil belajar siswa (pretest) dengan nilai thitung (0,015) < ttabel (1.682), ini menunjukkan tidak adanya perbedaan kemampuan hasil belajar siswa. Setelah diberikan treatment dan dilaksanakan posttest, maka data hasil penelitian hasil belajar siswa (posttest) menunjukkan nilai thitung (4.200) > ttabel (1.682), hal ini mengartikan bahwa terdapat perbedaan kemampuan hasil belajar siswa. Setelah diberikan treatment dan dilaksanakan posttest, hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Jadi, ada pengaruh model pembelajaran TTW terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW berpengaruh terhadap keaktifan siswa dan hasil belajar secara signifikan.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW),

                     Keaktifan Siswa, Hasil Belajar.

Author Biography

Muhammad Syahrul Rizal, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Acar, Filiz Evran. (2008). An Assessment of Social Studies Competency of Turkish Classroom Teachers. Journal of Instruction, Vol. 1, No.2.

Ahmadi, Lif Khoiru dan Amri, Sofan. (2011). Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Amri, Sofan. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqip, Zainal, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV. Yrama Widya.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful, dkk. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, Rudi. (2011). Pendidikan IPS Filosofi:konsep dan Aplikasi. Bandung Alfabeta.

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Indarti, Titik. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Ilmiah. Surabaya: Lembaga Penerbit FBS UNESA.

Jack C. Richard and Theodore S. Rodger. (2001). Approaches and Method In Language Teaching, Amerika: Cambridge University Press.

Jarolimek, John. (1982). Social Studies in Elementary Educations. New York: Macmilian Publishing Company.

Jihad, Aseo dan Haris, Abdul. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Jones, Vernon.F with Louises S.Jones. (1998). Comprehensive: Classroom Management. USA: A Viacom Company.

Kemp. Jerold. E, dkk. (1994). Designing Effective Instruction. USA: Macmioon College Publishing Company.

Sadirman, I. S, dkk. (2008). Ilmu Pengetahuan Social untuk SD/MI Kelas IV. Departemen Pendidikan Nasional.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sapriya. (2012). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Subroto, Waspodo Tjipto. (2014). Bahan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Surabaya: Unesa University Press.

Sudjana. Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. (2013). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Trianto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta. Prestasi Pustaka.

Usman, M. Uzer. (2009). Statistik Dalam Penelitian Psikologi & Pendidikan. Malang: UMM Press.

Wrech, Jason. S, dkk. (2009). Communication, Afftect and Learning in The Classroom. California: Creative Common Atribution.

Downloads

Published

2018-05-11

How to Cite

Rizal, M. S. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDM 020 KUOK. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 741–751. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p741-751
Abstract views: 899 , PDF Downloads: 614