PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dwi Indah Rahayuningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p726-733

Abstract

ABSTRACT

This study was aimed to produce students worksheet using scientific approach which can be properly used, practically implemented, and is effective to Improve Learning Outcomes of social science Subjects for fourth graders of Elementary school. This study used Dick and Carrey developemental model consisting of 10 steps. Based on the research results, it was found that (1) students worksheet was categorized as valid (87.5%) by the validator (2) the feasibility of students worksheet was categorized as very practical (88.5%) (3) The significant difference of learning outcomes between classes using students worksheet with a scientific approach and the one which was not, by a margin of 0.15 was  higher for class using students worksheet with a scientific approach


Keywords: Scientific Approach, Social Science Subjects,  Students Learning

                  Outcomes, Students Worksheet.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD dengan pendekatan saintifik yang layak digunakan, praktis dilaksanakan, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS bagi siswa Kelas IV SD. Prosedur pengembangan menggunakan model Dick and Carrey dengan 10 langkah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD dinyatakan sangat valid (87,5%) oleh validator (2) Keterlaksanaan pembelajaran sangat praktis (88,5%) (3) Perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan LKPD dengan pendekatan saintifik dan yang tidak, dengan selisih peningkatan 0,15 lebih tinggi kelas yang menggunakan LKPD dengan pendekatan saintifik.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, IPS, LKPD, Pendekatan Saintifik.

Author Biography

Dwi Indah Rahayuningsih, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Amri, Sofan. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Ayu, dkk. 2014. Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar PKN di Kelas VI SD Jembatan Budaya, Kuta. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4.

Celikler, Dilek. (2010).The Effect of Worksheets Developed for the Subject of Chemical Compounds on Student Achievement and Permanent Learning. The International Journal of Research in Teacher Education, Vol 1 No 1, p:42-51.

Darmodjo, Hendro & Kaligis, Jenny R.E. (1992). Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Dick. W, Carey. L. Carey. J.O. (2015). The Systematic Design of Instruction. Addison-Wesley Educational Publisher Inc.

Fatih Mehmet & Åžekerci Hanifi. (2015). The Effects of the Constructivist Learning Approach on Students Academic Achievement. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 14(4), 143-156.

Iva, Jauharoh. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Untuk Pembelajaran Trigonometri Siswa Kelas X SMA melalui Pendekatan Saintifik. Disertasi, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Kemendikbud. (2013). Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusbangprodik

M, Dania Mc. Donald (2003). The Study Of The Effects Of Two Methods Teaching For Scientific Understanding. Journal, University Of Manitoba.

Marjan, Johari. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Muallimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. E-Journal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.4.

Nurhardiani. (2014). Implementasi Scientific Approach Kurikulum 2013 Melalui Lesson Study Di Mts Al. Hadi Tambun Pengadang. Jurnal Transformasi P2M IAIN, 10(2), 87-102.

Nyoman I, Sumayasa. (2015). Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI Di Sekolah Dasar Se Gugus VI Kecamatan Abang, Karangasem. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, volume 5.

Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat ahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Sudjana, Nana. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Toman, Ufuk, dkk. (2013). Extended Worksheet Developed According To 5e Model Based On Constructivist Learning Approach. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4(4), 173-183.

Ultanir, Emel. (2012). An Epistemological Glance At The Constructivist Approach: Constructivist Learning In Dewey, Piaget, And Montessori. International Jounal of Instruction, Vol.5 No.2, p.196-213.

Wahjoeni, Liliek. (2015). Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Model Inkuiri Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar Khadijah II Surabaya. Prosiding Nasional, Seminar Dan Lokakarya Penulisan Karya Ilmiah, 6-6.

Downloads

Published

2018-05-11

How to Cite

Rahayuningsih, D. I. (2018). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 726–733. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p726-733
Abstract views: 8910 , PDF Downloads: 5241