PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA PHOTO STORY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GLAGAHOMBO 2 SLEMAN

Authors

  • Hasti Wulandari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p704-714

Abstract

ABSTRACT

This research was an action research that aims to insrease the activities and student learning result with the implementation model of cooperative learning type teams games tournament with photo story media to increase the activities and learning result of social science in the fifth grade of Glagahombo 2 Elementary School.. The increase of student activities could be seen from the percentage increase of student activities from the first cycle, that was 65,48% became 77,54% in the second cycle and in the third cycle achieved 86,58%. The percentage of student learning result also increased from the first cycle 57,89% became 68,42% in the second cycle and in the third cycle achieved 89,47%. Based on the research result could be concluded that the implementation model of cooperative learning type teams games tournament with photo story media, could increase the activities and the students learning result of Social Science with the material learning of the struggle againsted colonizer in the fifth grade students of Glagahombo 2 Elementary School

 

Keywords: Student Activities, Learning Result, Photo Story Media.

 

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan media Photo Story pada siswa kelas V SDN Glagahombo 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan media Photo Story, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I sebesar 65,48% menjadi 77,54% pada siklus II dan pada siklus III mencapai 86,58%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus I sebesar 57,89% menjadi 68,42% pada siklus II dan pada siklus III mencapai 89,47%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan media Photo Story dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan materi Perjuangan Melawan Penjajah pada siswa kelas V SDN Glagahombo 2.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil belajar, Media Photo Story.

Author Biography

Hasti Wulandari, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Ahmadi dan Amri. (2011). Metode Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Anitah, S. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, S. dkk. (2015). Penelitian Pendidikan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arends. (2012). Learning to Teach. New York: Routledge.

Arends, R. I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Radja Grapindo Persada.

Asyari, dkk. (2007). Ilmu Pengetahuan Sosial SD untuk Kelas 5. Jakarta: Erlangga.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2005). Pendidikan Kewarganegaraan, Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gunawan, R. (2013). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hopkins, D. (2008). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Terjemahan

Achmad Fawaid. (2011). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. (2013). Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud Dirjen Pendidikan Dasar Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Mustaji. (2013). Media Pembelajaran. Surabaya: Unesa Press.

Riyanto, Y. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.

Riyanto, Y. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sapriya. (2014). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sardjiyo. (2013). Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Slavin, E. R. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. (2012). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, N. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di SekolahDasar. Jakarta: Prenada Media Group.

UNESA. (2000). Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2018-05-11

How to Cite

Wulandari, H. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA PHOTO STORY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GLAGAHOMBO 2 SLEMAN. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 704–714. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p704-714
Abstract views: 357 , PDF Downloads: 331