PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN SOGE KANDANGHAUR INDRAMAYU

Authors

  • Siti Muswaroh Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p674-685

Abstract

ABSTRACT

This research aims to describe of execution of social studies by using cooperative learning model think pair share with media puzzles of class of V SDN Soge Kandanghaur Indramayu. This research design uses Classroom Action Research (CAR) model of Kemmis and Mc.Taggart. The research model consist of plan, act and observe, and reflect. Method of descriptive research qualitative.. Data collecting used by method observation and tes. This research showed result that 1) activity of students reach 75% at cycle I, 85,23% at cycle II and 89% at cycle III. 2) result of student learning outcomes of cycle I and cycle II by using cooperative learning model think pair share with media puzzles show improvement that 56,25% at cycle I and 75% at cycle II and 89% at cycle III. Based on these results it can be concluded that student learning activities and student learning outcomes has increased.

 

Keywords : Activity, Learning Outcomes, Think Pair Share With Media Puzzles

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan media puzzle kelas V SDN Soge Kandanghaur Indramayu. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc.Taggart. Model penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan observasi serta tahap refleksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa 1) aktivitas siswa baik pada siklus I, II maupun siklus III menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan persentase pada siklus I sebesar 75% menjadi 85,23% pada siklus II, dan 89% pada siklus III. 2) hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan media puzzle pada siklus I sebesar 56,25% menjadi 75% pada siklus II, dan 93,75 % pada siklus III. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Think Pair Share Berbantuan Media Puzzle

Author Biography

Siti Muswaroh, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safrudin A. J. (2007). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara

Asih Siburian, Tiur. (2013). Improving Students Achievment On Writing Descriptive Text Through Think Pair Share. International Journal of Language Learning and Apllied Linguistic World (IJLLALW). Vol 3 (3), July 2013; 30: 43. Diunduh pada tanggal 23 September 2016. Pada pukul 8: 51

Birsyada, M. Iqbal. (2016). Dasar-dasar Pendidikan IPS. Yogyakarta. Penerbit Ombak

Bonwell, C. E. And J. Eison. (1991). Active Learning: Creating excitement in the classroom (ASHE-ERIC Higher Education Report No.1) Washington, DC: George Washington University. Nacta Journal. September 2012. Diunduh pada tanggal 19 September 2016. Pada pukul 18: 23

Bungin, Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta. Depdiknas

Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta

Husni, Muh, W. Lasman dan Marhaeni. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar PKN Kelas IV SD Gugus I Selong Ditinjau Dari Motivasi Belajar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar volume 3.

Ibrahim, Muslimin. (2002). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press

Jannah, Agung Nugroho Catur Saputro dan Sri Yamtinah. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Disertai Buku Saku Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Kimia Pada Materi Minyak Bumi Kelas X SMA Negeri Gondangrejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 2 No. 4 Tahun 2013. Program Studi Pendidikan Kimia. Universitas Sebelas Maret

Kemmis & Mc.Taggart. (1988). The Action Research Planner. Victoria. Deakin University Press

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. Yrama Media

Lie, Anita. (2008). Cooperative Learning Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta. Grasindo

Nasution. (2015). Kajian Pembelajaran IPS di Sekolah. Surabaya. Unesa University Press

Nimah, A dan P. Dwijananti. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Nahdlatul Muslimin Kudus. UPEJ 3 (2). http://journal.Unnes.ac.id/sju/indexs.php/upej, diunduh pada tanggal 19 September 2016. Pukul 17:36

Rohmatin, Titik. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya

Sanjaya, Wina. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Group

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta. Rajagrafindo Perkasa

Siradjuddin dan Suhanadji. (2012). Pendidikan IPS (Hakikat, Konsep dan Pembelajaran). Surabaya. Unesa University Press

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya

Sugiarto Dino dan Puji Sumarsono. (2014). The Implementation of Think Pair Share Model to Improve Students Ability in Reading Narrative Texts. International Journal of English and Education. Vol : 3, Issue: 3, July 2014. Diunduh pada tanggal 23 September 2016, pukul 8:38

Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Titik Rohmatin. (2016). Pengaruh Model Kooperatif Tipe TPS Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD. Tesis. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya

Tri Wahyuni. (2012). Implementasi Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran IPS. Journal od Educational Social Studies (JESS) 1 (2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess. Diunduh pada tanggal 19 September 2016 pada pukul 17:41.

Undang undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2018-05-11

How to Cite

Muswaroh, S. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN SOGE KANDANGHAUR INDRAMAYU. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 674–685. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p674-685
Abstract views: 2352 , PDF Downloads: 1264