PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS

Authors

  • Nur Khasanah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p664-673

Abstract

ABSTRACT

This research is a Classroom Action Research which aims to improve the activity and student learning outcomes using around environment with mind mapping techniq in the IV grade of SDI Al-Irsyad  Tarakan. This study was conducted on January 5, 2017 to february 16, 2017.The research was carried out in three cycles of learning. Each cycle consists of two meetings.The research subject is the IV grade of SDI Al-Irsyad Tarakan which consists of 30 students in the second semester of the academic year 2016/2017. And the object of research is the students learning activities and student learning outcomes. The result showed that the application of using around environment with mind mapping techniq in social studies material economic activity related to natural resources and other potentials in its region can increase the activity and student learning outcomes. It can be seen from the observation and analysis of data in each cycle. Increased students activity can be seen from the increase of the percentage of students activity in the first cycle is 75,19% become 82,13% in the second cycle and 87,72% in the third cycle. Improving student learning outcomes can be seen from the increase in the learning outcomes completeness in the first cycle is 63,33% become 76,67% in the second cycle and 93,33% in the third cycle. Based on these results it can be concluded that the application of using aroud environment with mind mapping techniq in social studies material economic activity related to natural resources and other potential activity in its region can improve student learning activities and student learning outcomes the IV grade of SDI Al-Irsyad Tarakan.

 

Keywords: Contextual Teaching and Learning, Mind Mapping, Student Activity, Learning outcomes.

 

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pemanfaatan lingkungan sekitar dengan teknik Mind Mapping pada siswa kelas IV SDI Al-Irsyad Kota Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 5 Januari 2017 sampai dengan tanggal 16 Februari 2017. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI A-Irsyad Kota Tarakan yang berjumlah 30 siswa pada semester 2 tahun pelajaran 2016/2017, dan objek penelitiannya adalah aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar dengan teknik mind mapping pada pembelajaran IPS materi pokok aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan dan analisis data pada setiap siklus yang telah dilaksanakan. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari peningkatan persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75,19% menjadi 82,13% pada siklus II dan 87,72% pada siklus III. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 63,33%% menjadi 76,67% pada siklus II dan 93,33% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar dengan teknik mind mapping dalam pembelajaran IPS materi pokok aktivitas ekonomi  yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDI Al-Irsyad Kota Tarakan

 

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Mind Mapping, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar.

Author Biography

Nur Khasanah, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Arikunto, suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. (2007). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bungin, Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Buzan, Tony. (2012). Buku Pintar Mind Map. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta. Depdiknas.

Dewi, Galuh Kartika. (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaraan Contextual Teaching and Learning dengan media Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis Tidak dipublikasikan.

Fraenkel, Jack R dan Norman E Wallen. (2003). How to Design and Evaluate Research In Education. New York: Jane Karpacz.

Glynn, Shawn M dan Linda K Winter. (2004). Contextual Teaching and Learning of Science in Elementary Schools. Journal of Elementary Science Education, Vol. 16, No. 2 pp 51-63.

Kemmis & Mc Taggart. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Riyanto, Yatim. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sama. (2016). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran IPS Materi Permasalahan Sosial di Masyarakat untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di SDS Taman Muda Kalianget Sumenep. Tesis Tidak Dipublikasikan.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sarofah, Siti. (2015). Penerapan Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Canden Kabupaten Bantul. Tesis Tidak Dipublikasikan.

Sihombing, Manumpak (2015). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Potensi dan Persebaran Sumber Daya Laut untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPS Siswa SMP Negeri 2 Medang Deras. Jurnal Pendidikan IPS (INTERAKSI) Vol 02 No 02 pp 123-131.

Siswono, Tatag Yuli Eko. (2008). Mengajar dan Meneliti Panduan Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru dan Calon Guru. Surabaya: Unesa University Press.

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiarto, Iwan. (2011). Mengoptimalkan Daya kerja Otak dengan Berpikir Holistik dan Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Susanto, Ahmad. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Windura, Sutanto. (2013). First Mind Map Untuk siswa, Guru, & Orang Tua Teknik Berpikir & Belajar Sesuai Cara Kerja alami Otak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2018-01-11

How to Cite

Khasanah, N. (2018). PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 664–673. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p664-673
Abstract views: 659 , PDF Downloads: 235