PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL CIRC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI BERBAHASA SISWA KELAS V SD

Authors

  • Finna Rahma Hijria Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n1.p638-645

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this study is to develop a Indonesian textbook CIRC model to improve language literacy skills of  125th">  grade elementary students. The specific objectives of this study are (1) to describe the process of developing Indonesian textbooks with CIRC model to improve students language literacy skills of elementary school classrooms, (2) to describe the quality of Indonesian texsbooks with CIRC model. Quality developed textbooks is reviewed based on products and their use in the classroom. This development study referred to the four-D development model which consists of four stages (1) define; (2) design; (3) develop,and (4) disseminate. However, this research was only limited at the development stage without doing dissemination because this research product was for trial school in particular. The data collection used documentation technique, observation, questionnaire, and test. The obtained data was analysed by qualitative-quantitative descriptive (mixed method). The results from this research 90,62% of material feasibility, 92,5% of presentation feasibility, 100% language feasibility, and 86,36% feasibility was gotten from the research results. All of those percentagesbelonged to the good quality category (proper). The results from the observation toward teacher and students activity were 89,2% and 92,04%. The teacher and students responses toward CIRC model in Bahasa Indonesia textbook were 87,5% and 83,33%. The students average test score was 82,63 meet a students standard competence of 75.

 

Keywords: Textbook Elaboration, Language Literacy, CIRC Model.

 

ABSTRAK                                                                                         

Tujuan umum penelitian ini adalah mengembangkan buku ajar Bahasa Indonesia dengan model CIRC untuk meningkatkan keterampilan Literasi berbahasa siswa kelas V SD. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pengembangan buku ajar Bahasa Indonesia dengan model CIRC untuk meningkatkan keterampilan literasi berbahasa siswa kelass V SD, (2) mendeskripsikan kualitas buku ajar Bahasa Indonesia dengan model CIRC. Kualitas buku ajar yang dikembangkan ditinjau berdasarkan produk dan penggunaannya di kelas. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan four-D yang terdiri atas tahap (1) pendefinisian; (2) perancangan; (3) pengembangan; dan (4) penyebaran. Akan tetapi, penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan tanpa melakukan penyebaran karena produk penelitian ini hanya dikhususkan sekolah uji coba. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif-kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil persentase kelayakan materi 90,62%, kelayakan penyajian 92,5%, kelayakan kebahasaan 100%, dan kelayakan kegrafikaan 86,36%. Semua kategori tersebut termasuk kategori berkualitas (sangat layak/baik). Perolehan hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa berturut-turut adalah 89,2% dan 92,04%. Respon guru dan siswa terhadap buku ajar Bahasa Indonesia model CIRC adalah 87,5% dan 83,33%. Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 82,63 yang sesuai dengan kriteria ketuntasan yaitu 75.

Kata Kunci: Pengembangan Buku Ajar, Literasi Berbahasa, Model Pembelajaran CIRC.

Author Biography

Finna Rahma Hijria, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan dasar

Program Pascasarjana

References

Ahmadi Abu dan Widodo Supriyono. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Amri Sofan. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya

Arikunto Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Barwati Oktofiana. (2015). Literasi dalam Teks Eksplanasi Siswa di SMPN 17 Kendari. Tesis. surabaya:unesa

Ediger, Marlow. (2002). Childrens Literature in the Language Arts. Philippines: Opinion Papers

Greene dan Petty. (1981). Developing Language Skill in The Elementary Schools, Boston: Alyn and Bacon Inc.

Kartono. Kartini. (1996). Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju
Koraf, Ofra dan Shamir, Adina. 2012. Direct and Indirect Teaching: Using E-Books For Supporting Vocabulary, Word Reading, and Story Comprehension For Young Children. Israel: Bar-llan University

Magner, Thomas F. (1995). The Folklore of Language Teaching. Pennsylvania State: Modern Language Association

Lie Anita. (2008). Cooperative Learning. Mempraktikkan Cooperative Learning di Riang-ruang Kelas. Jakarta: Pusat Bahasa

Muslich, Mansur. (2010). Texsbook Writing: dasar-dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Nation, l S P. (2010). Learing Vocabulary in Another Language. Cambridge: Learning Vocabulary in Another Language
Nisbet, Deanna L. 2010. Vocabulary Instruction for Second Language Readers. Virgina: Regent University

Nurgiyantoro, Burhan. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Riduwan. (2005). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2010) Dasar-dasar Statistika. Bandung: ALFABETA

Rofiuddin, Ahmad dan Darmiyati Zuchdi. (1998). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud

Slavin Robert E. (2005). Cooperative Learining Theoru, research and practice. London: Allymand Bacon

Slavin Robert E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Indeks

Sugiyono. (2008). Evaluasi Pembelajaran Di SD. Jakarta: Depdiknas

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tompkins, Gail E. Dan Kenneth Hoskisson. (1991). Language Arts: Content and Teaching Strategies. New York: Max Well Macmillan Internationaal Publishing Group.

Thiagarajan, Sammel D, dan Semmel M. (1974). Intructional Development for Training Teacher of Exeptional Children. Minnesota: Grant

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Walpole, Ronald. (1993). Pengantar Statistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Zuchdi, Darmiyati. (2007). Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca: Peningkatan Komprehensi. Yogyakarta: UNY Press.

Downloads

Published

2018-01-11

How to Cite

Hijria, F. R. (2018). PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL CIRC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI BERBAHASA SISWA KELAS V SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(1), 638–645. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n1.p638-645
Abstract views: 300 , PDF Downloads: 393