DESAIN RISET PROTOTIPE BUKU GURU DAN BUKU SISWA BERBASIS PEMBELAJARAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH IPA PADA SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n1.p626-637Abstract
ABSTRACT
This design research has aimed to train problem solving skill through the development of the teacher and student book prototype using guided discovery learning. The research was conducted in the first semester of the school year 2015/2016, subjects in this research is designing learning packade tested on 16 students of class IV SDN Kramat 2 Lamongan. Research and development model used in this research is 4D model using one group pretest-posttest design. The results show that: 1) the intervention are valid; 2) the implementation result of the intervention is very good, and the student activity show that the intervention is practice categorized to train problem solving skills; 3) the intervention is effective, according to the increasing of problem solving skills and students positively respond towards intervention. It is show that the intervention is effective to train problem solving skills. Based on the result of research, it can be concluded that the teacher and student book prototype is valid, practice and effective to train students problem solving skills.
Keywords: Guided Discovery Learning, Problem Solving Skill.
ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian desain riset yang bertujuan untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah melalui pengembangan Prototipe Buku Guru dan Buku Siswa dengan pembelajaran penemuan terbimbing yang layak digunakan. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/ 2016, subjek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang diujikan pada 16 siswa kelas IV SDN Kramat 2 Lamongan. Model penelitian dan pengembangan perangkat yang digunakan adalah model pengembangan 4-D dengan menggunakan rancangan uji coba One Group Pretest Posttest Design. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Prototipe Buku yang dikembangkan valid untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah siswa; 2) keterlaksanaan RPP berkategori sangat baik dan aktivitas belajar siswa menunjukkan Prototipe Buku yang didesain terkategori praktis dalam melatihkan keterampilan pemecahan masalah siswa; 3) respon positif siswa terhadap prototipe buku dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa menunjukkan prototipe buku yang didesain efektif untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Prototipe Buku Guru dan Buku Siswa berbasis pembelajaran terbimbing yang didesain valid, praktis dan efektif untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah.
Kata kunci: Pembelajaran Terbimbing, Keterampilan Pemecahan Masalah
References
Arends, R. (2012). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill
Bicknell-Holmes, T. & Hoffman, P. S. (2000). Elicit, engage, experience, explore: Discovery learning in library instruction. Reference Services Review. 28(4), 313-322.
Borich, G. (1994). Observation skill for effective teaching. New York: Mac Millan Publishing Company.
Depdikbud. (2013). Materi Sosialisasi dan Pelatihan Kurikulum 2013: Permendikbud Nomor 32 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Depdikbud.
Depdikbud. (2013). Materi Sosialisasi dan Pelatihan Kurikulum 2013: Permendikbud Nomor 67 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Depdikbud.
Eggen, P and Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir Edisi 6. Jakarta: PT Indeks
Hake, Richard. R. (1999). American Educational Research Association, Division, D measurement and Research Methodology: Analyzing Change/ Gain Scores. USA : Woodland Hills
Howe, A.C. and Jones, L. (1993). Engaging Children in Science. N.Y: Merril.
Ibrahim, Muslimin dan Nur, Muhamad. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA
Ibrahim, Muslimin. (2003). Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Direktorat Pendidikan Lanjut Pertama, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional. Surabaya: Unesa University Press.
Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2014. Jakarta: Depdikbud.
Lohman, Margaret C. (2010). Designing groups in problem-based learning to promote problem-solving skill and self-directedness. Kluwer Academic Publishers 291307
Mahtari, Saidah. (2015). Prototipe Buku Guru Dan Buku Siswa IPA dengan Penemuan Terbimbing Untuk Melatihkan Kreativias Ilmiah Siswa SMP. Unesa Sains Education Journal.
Mayer, R.E. (2003). The Promise Of Multimedia Learning: Using The Same Instructional Design Methods Across Different Media. New Jersey: LES
Medina, Melissa S. (2013). The Impact of Problem-Solving Feedback on Team-Based Learning Case Responses. American Journal of Pharmaceutical Education 2013; 77 (9) Article 189
Nur, Mohamad. (2008). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.
Nur, Mohamad. (2008). Teori-teori Pembelajaran Kognitif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.
Nur, Mohamad. (2013). Keterampilan-keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Bepikir Kritis. Surabaya: Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi.
Permendikbud No 71 Tahun 2013 Tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru.
Permendikbud No 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Permendiknas Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Purnomo, Y.W. (2011). Keefektivan Model Penemuan Terbimbing dan Cooperative Learning pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan Volume 41. Nomor 1, p 37-54
Rochim, F. (2012). Penerapan Model Discovery Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Physic Education Journal.
Ratumanan dan Laurents. (2006). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press.
Rotherham, A. J., & Willingham, D. (2009). 21st Century Skills: The challenges ahead. Educational Leadership Volume 67 Number 1 , 16 21.
Santrock, John W. (2007). Psikologi Perkembangan. Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Santrock, John W. (2011). Psikologi Pendidikan Edisi 3 Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharnan. (2005). Psikologi Kognitif Edisi Revisi. Surabaya: Srikandi.
Suryanti, dkk. (2011). Modul Suplemen Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slavin, Robert E. (2000). Educational Psychology Theory and Practice. Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon Publisher.
Thiagarajan, S. Semmel, D. S. & Semmel, M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Source Book. Bloominton: Center for Innovation on Teaching the Handicapped.
Widhiyantoro, T. (2012). The Effectiveness of Guided Discovery Methods Aplication Toward Creative Thinking Skills at The Tenth Grade Student. Jurnal Pendidikan Biologi Vol 4.
Woolfolk, Anita. (2005). Educational Psychology Active Learning Edition. United States of America: Pearson Education.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

