PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rizka Kusuma Rahmawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n3.p534-546

Abstract

ABSTRACT

This research is based on the fact there are many teachers who have difficulty in developing curriculum-based learning in 2013 that creative thinking skills of the students are still not enough. The development of learning tools in this study describes and analyzes the application of CTL with a device developed can enhance creative thinking skills of fifth grade students of primary school. The development of research include: Learning Implementation Plan (RPP), Student Worksheet (LKS), Sheet Improvement Thinking Skills tested the V-B grade 28 student and class V-A 28 students at SDN Dr. Sutomo VIII Surabaya. Development of the device development model four D Thiagarajan 1974 consisting of phase (1) definition, (2) design, (3) development and distribution of modified into 3-D followed by the implementation of classroom learning by using a pretest-posttest control group design The results showed that (1) the learning model CTL can improve the ability of creative thinking of students, because it uses a learning model CTL will give students the opportunity to menggembangkan experience in daily activities those with learning Acquisition of learning outcomes have proved also that an increase in the ability to think creatively graders experiments using CTL higher learning model with excellent category than students in grade control make conventional learning models. Learning activities of students who receive treatment models Contextual Teaching Learning Imaging better than the learning activities of students who followed the conventional learning. This is evidenced by the test results that the overall activity of students using different learning models significant CTL activity of students who take the learning with conventional learning model.

 

Keywords: Learning Model CTL, Creative Thinking.

 

ABSTRAK

Penelitian ini didasari dari oleh kenyataan masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 sehingga keterampilan berfikir kreatif yang dimiliki siswa masih kurang. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis penerapan CTL dengan perangkat yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Lembar Peningkatan Keterampilan Berfikir yang diujicobakan pada kelas V-B 28 siswa dan kelas V-A 28 siswa di SDN Dr. Sutomo VIII Surabaya. Pengembangan perangkat menggunakan model pengembangan four D Thiagarajan 1974 yang terdiri atas tahap (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan penyebaran yang dimodifikasi menjadi 3-D dilanjutkan dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan menggunakan rancangan pretest-posttest control grup design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa, karena menggunakan model pembelajaran CTL akan memberi kesempatan siswa untuk menggembangkan pengalaman pada kegiatan sehari-hari mereka dengan pembelajaran Perolehan hasil belajar telah membuktikan pula bahwa peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran CTL lebih tinggi dengan kategori sangat baik daripada siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Aktivitas belajar siswa yang mendapatkan perlakuan model Contextual Teaching Learning lebih baik dibandingkan dengan aktivitas belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian bahwa secara keseluruhan aktivitas siswa yang menggunakan model pembelajaran CTL berbeda signifikan dengan aktivitas siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran CTL, Berfikir Kreatif.

Author Biography

Rizka Kusuma Rahmawati, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Alwasilah, Chaedar. A. DR. Prof. (2006). Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: MLC.

Akhadiah, Sabarti, dkk. (1993). Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Direktorat Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Manajemen Pendidikan Penelitian. Jakarta: Departemen Pendidkan dan Kebudayaan.

Barak,Moses & Doppelt, Yaron. (2000). Using Portofolio to Enhance Creative Thingking. The Journal of Teknology Studies Summer Fall 2000, Volume XXVI, Number. (Online) http://scholar.lib.vt.edu/ejournals. diakses pada 10 November 2015.

Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

DePorter, Bobby. (2011). Quantum Learning. Bandung: Mizan Pustaka.

Dewi, Made Ayu Puspita. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Viii Semester Genap Di SMP Negeri 7 Singaraja. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Filsaime, Dennis K. (2007). Menguak Rahasia Berfikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Haffam, E. (1999). Abraham Maslow: A Brief Reminiscene in: Journal of Humanistic Psycohology Fall 2008 vol. 48 no. 4 443-444. New York: McGrew-Hill.

Hosnon, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ibrahim, Muslimin. (2008). Pengembangan Pembelajaran Inovatif. Surabaya: PSMS Unesa.

Indiyani, Yayuk. (2015). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Pada Siswa Kelas X Teknik Pengolahan Minyak dan Gas Petrokimia SMK Migas Cepu Tahun 204/2015. Tesis. Magister Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Unesa.

Johnson, Elaine B. (2007). Contextual Teaching and Learning, Penerjemah: Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Center.

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 untuk SD Kelas V. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemp, Morrison, Ross, and Kalman. (1991). Designing Effective Instruction. New York: Macmillan Collage Publishing Company.

Majid, A. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Kajian Teoritis dan Praktis. Bandung: Interes Media.

Muchith, Saekhan. (2008). Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Remaja Rosdakarya.

Mudrikah. (2010). Implementasi Pendekatan CTL dengan Strategi Penyelesaian Masalah untuk Meningkatkan Kreativitas dan Daya Pikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI IPA 3 MAN Yogyakarta III. Jogjakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Munandar, Utami. (1999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Muslich. (2010). Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konstekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nieveen, Nienke. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. In Jan Vanden Akker, R.M. Branch, K. Gutafson, N. Nieveen & Tj Plomp (Eds), Design Approaches and Tools in Education and Training. Dorgrecht, The Netherland kluwer Academic Publishers.

Petrowski, Mary Jane. (2006). Creativity Research: Implications for Teaching, Learning and Thinking. Reference Services Review, Vol. 28 Iss: 4, pp.304 312.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomer 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI.

Remi, Rando Agnes. (2015). Pengembangan Perangkat Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas IV SD. Tesis. Magister Prodi Pendidikan Dasar Pascasarjana Unesa.

Riyanto, Yatim. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sardin, Eriska Rosari Purnomo Mega. (2015). Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Peningkatan Kreativitas Matematika Siswa. Tesis. Magister Prodi Pendidikan Matematika PPS Universitas Negeri Yogyakarta.

Slavin, Robert E. (2011). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik,Edisi Kesembilan, Jilid 2(Terjemahan dari Education Psychology:Theory and Practice, 9th ed). Jakarta: PT. Indeks.

Shalley, Christina E. (2004). What Leaders Need to Know: A Review of Social and Contextual Factors That Can Foster or Hinder Creativity. USA: DuPree College of Management, Georgia Institute of Technology, 800 West Peachtree Street, Atlanta, GA 30332-0520.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujadi. (2002). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, Syaodih Nana. (2005). Metod Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup.

Trianto. (2007). Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Karisma Putra Utama.

Wasis. (2006). Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelaajran Sains-Fisika SMP. Cakrawala Pendidikan, XXV. 1: 1-16.

Winarti. (2015). Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Tesis. Magister Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Downloads

Published

2017-09-28

How to Cite

Rahmawati, R. K. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(3), 534–546. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n3.p534-546
Abstract views: 523 , PDF Downloads: 368