PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Evi Kurniasih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n3.p508-516

Abstract

ABSTRACT

This research aims to produce learning instrument based models eligible 7E Learning Cycle is used to increase the activity and critical thinking skills of the fourth grade students of elementary school. Learning instrument are developed, namely: RPP, LKS, BAS, LPAS, and TKBK. Design of a test using one group pretest-posttest design are exercised is limited to 10 fourth grade students of SDN 1 Karangsalam then tested on a test implementation of the 21 fourth grade students of SDN Piasa Wetan academic year 2015/2016. The results showed: (1) the validity of the learning instrument that includes RPP, LKS, BAS, LPAS, and TKBK valid category; (2) learning instrument that have been developed practically used as indicated by 100% and the category of practically is excellent category by 3.63, the result of a positive student response and legibility BAS and LKS within easy categories; and (3) the effectiveness of the learning instrument shown by an increase in activity and critical thinking skills of students. Activities of students before the learning category of moderately active after learning increases become active and very active categories. Increased critical thinking skills of students with the average value of n-gain is 0.72 in the high category. Based on the results and discussion of this research concluded that social studies learning instrument based 7E Learning Cycle model has met the eligibility criteria, namely learning instrument validity, practicality, and effectiveness can increase the activity and critical thinking skills of the fourth grade students of elementary school.

 

Keywords: Learning instrument, learning cycle 7e model, activity, critical thinking skills.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis model Learning Cycle 7E yang layak digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu: RPP, LKS, BAS, LPAS, dan TKBK. Desain uji coba menggunakan one group pretest-posttest design yang diujicobakan secara terbatas pada 10 siswa kelas IV SDN 1 Karangsalam kemudian diujicobakan pada uji implementasi kepada 21 siswa kelas IV SDN Piasa Wetan tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kevalidan perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, LKS, BAS, LPAS, dan TKBK berkategori valid; (2) perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan praktis digunakan yang ditunjukkan dengan keterlaksanaan RPP sebesar 100% dan kategori keterlaksanaan RPP sangat baik sebesar 3,63, hasil respon siswa positif serta keterbacaan BAS dan LKS dalam kategori mudah; dan (3) keefektifan perangkat pembelajaran ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas dan keterampilan berpikir kritis siswa. Aktivitas siswa sebelum pembelajaran kategori cukup aktif dan setelah pembelajaran meningkat menjadi kategori aktif dan sangat aktif. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai rata-rata n-gain sebesar 0,72 dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPS berbasis model Learning Cycle 7E telah memenuhi kriteria kelayakan perangkat pembelajaran yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan yang mampu meningkatkan aktivitas dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar.

 

Kata-kata Kunci: Perangkat pembelajaran, model learning cycle 7e, aktivitas, keterampilan berpikir kritis.

Author Biography

Evi Kurniasih, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Brown, Patrick L. and Abell, Sandra K. (2007). Examining The Learning Cycle. Science and Children. Vol. 44 No. 5 Summer 2007. pp. 58-59.

Bybee, R. W., Taylor, J. A., Gardner, A., Van Scotter, P., Powell, J. C., Westbrook, A., Landes N. (2006). The BSCS 5E Instructional Model: Origins, Effectiveness, and Applications. Colorado Springs: BSCS.

Chiappetta, Eugene L. and Koballa, Thomas R. (2010). Science Instruction in The Middle and Secondary School: Developing Fundamental Knowledge and Skills (Seventh Edition). Boston: Pearson Education, Inc.

Dwijananti, P. dan Yulianti, D. (2010). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Journal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 6 Tahun 2010. hlm. 108-114.

Eisenkraft, Arthur. (2003). Expanding the 5E Model: A Proposed 7E Model Emphasis ˜Transfer of Learning and The Importance of Eliciting Prior Understanding. The Science Teacher. Vol. 70 No. 6 Summer 2003. pp. 56-59.

Ennis, Robert H. (1985). A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. Educational Leadership. Vol. 43 No. 2 Summer 1985. pp. 44-48.

Fisher, Alec. (2007). Critical Thinking an Introduction. Cambridge: Cambridge University Press.

Gagne, N.L. and Berliner, D.C. (1979). Educational Psychology. Second Edition. Boston: Houghton Miff Lin Company.

Hartono. (2013). Learning Cycle 7E Model to Increase Students Critical Thinking on Science. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 9 (2013) 58-66. ISSN: 1693-1246.

Husamah dan Setyaningrum, Yanuar. (2013). Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi: Panduan Merancang Pembelajaran untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Lawson, Anton E. (1995). Science Teaching and The Development of Thinking. California: Wadsworth, Inc.

Muijs, Daniel dan Reynolds, David. (2008). Effective Teaching: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nasution, S. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nieveen, Nienke. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Dalam Akker, Jan et al., (Eds.), Design Approaches and Tools in Education and Training (pp.125-136). Kluwer Academic Publishers.

Rajabi, M., Hariadi, Eko., dan Buditjahjanto, Asto. (2015). Pengembanagan Perangkat Pembelajaran Instalasi Sistem Operasi dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek. Vol. 3 No. 1 Tahun 2015. pp. 48-54.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sapriya. (2012). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Thiagarajan, Sivasailam., Semmel, Dorothy S,. and Semmel, Melvyn I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children a Sourcebook. Washington: University of Minnesota.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Trowbridge, Leslie W. dan Bybee, Rodger W. (1990). Becoming a Secondary School Science Teacher. Ohio: Merril Publishing Company.

Yenilmez, K. and Ersoy, M. (2008). Opinion of Mathematics Teacher Candidate Toward Applying 7E Instructional Model on Computer Aided Instruction Environments. International Journal of Instruction. Vol. 1 No. 1. Summer 2008. pp. 49-60.

Downloads

Published

2017-09-28

How to Cite

Kurniasih, E. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(3), 508–516. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n3.p508-516
Abstract views: 319 , PDF Downloads: 293