PENGEMBANGAN MEDIA POHON PINTAR BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MODEL PEMBELAJARAN CIRC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nurun Nisa'ul Lil Muttaqin Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n3.p499-507

Abstract

ABSTRACT

This experiments are based on an elementary schools student who has difficult in writing a poem, low in a poem, has difficult to creat and an imagination, less to understand between write a poem and description it. Because that, it needs some ways to develop in writing an poem by the student. Someone of them with arrange the learning media that can be make interest for the student to understanding the lesson and to applying a writing poem. This experiment pupose is for making a description development of smart tree (pohon pintar) media by multimeddia bassis in a learning CIRC for growing the writing poem skill for the fifth grade elementary school student. The quality of smart tree media product and how it use in the class. This developing experiment are based on the foru-D developing model that consists of first steps (1) define; (2) design; (3) develop; and (4) disseminate. But, this experiment until in develop step only without to do the disseminate step because this experiment product just use for the trying special school. The grouping of datta is doing by kelitatif-kuantitatif of descriptif. Based on experiment result is getting the good prosentase of the content, the mean learning,  and the technic regularly is 95%; 94%; and 95,4%. All of those aspects are including in quality aspect (very good/well). The getting observation for the teacher and student activity continually are  96,6% dan 95,8%. Respons of the teacher and student for smart tree media is 96,8% and 94,2%. The total of students study result is 84,4 which avaluable with the success criteria is 75. Based on the result of an experiment shows that smart tree media by multimeddia bassis in a CIRC learning way that has developing is good to use in writing a poem learning.

 

Key Words: development of Smart Tree by Multimeddia Bassis, The CIRC Learning Moddel, Writing a Poem.

 

ABSTRAK

Penelitian ini berdasar kenyataan bahwa siswa Sekolah Dasar yang kesulitan dalam menulis puisi, rendahnya minat berpuisi, mengalami kesulitan menuangkan pikiran dan berimajinasi, kurang memahami perbedaan menulis deskripsi dan puisi. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Salah satunya dengan merancang media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk memahami materi dan mengaplikasikannya dalam menulis puisi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas media pohon pintar berbasis multimedia dalam model pembelajaran CIRC untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Kualitas media pohon pintar yang dikembangkan ditinjau berdasarkan produk dan penggunaannya di kelas. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan four-D yang terdiri atas tahap (1) pendefinisian; (2) perancangan; (3) pengembangan; dan (4) penyebaran. Akan tetapi, penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan tanpa melakukan penyebaran karena produk penelitian ini hanya dikhususkan sekolah uji coba. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif-kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil presentase kelayakan isi, pembelajaran, dan teknik secara berturut-turut sebesar 95%; 94%; dan 95,4%. Semua kategori tersebut termasuk kategori berkualitas (sangat baik/layak). Perolehan hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa berturut-turut adalah 96,6% dan 95,8%. Respon guru dan siswa terhadap media pohon pintar adalah 96,8% dan 94,2%. Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 84,4 yang sesuai dengan kriteria ketuntasan yaitu 75. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pohon pintar berbasis multimedia dalam model pembelajaran CIRC yang dikembangkan baik digunakan pada pembelajaran menulis puisi.

 

Kata-Kata Kunci: Pengembangan Media Pohon Pintar Berbasis Multimedia, Model Pembelajaran CIRC, Menulis Puisi.

Author Biography

Nurun Nisa'ul Lil Muttaqin, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Andrzejczak, N., Trainin, G., & Poldberg, M. (2005). From Image to Text: Using Images in The Writing Process. International Journal of Education & The Arts, 6 (12). Retrieved [date] from http://ijea.asu.edu/v6n12/.

Angelina, Evin Dwi. (2010). Penggunaan Media Pembelajaran œPohon Pintar dengan Teknik Permainan untuk Meningkatkan Keaktifan dan Penguasaan Konsep FPB dan KPK pada Siswa Kelas IV. Malang: Universitas Negeri Malang.

Aminuddin. (1990). Pendekatan Tekstual dalam Analisis Bahasa Kias Puisi dalam Sekitar Masalah Sastra. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.

Aminuddin. (2011). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arisni, Niken dkk. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, Ashar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bailey, Stephen. (2011). Academic Writing: A Handbook For International Students. New York: Routledge.

Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Elsevier Ltd. (2013). Factors Related The Utilization of Instructional Media. Education and Technology-TASET, Universitesi, Turkey: Sakarya.

Gould, Erick, Robert D.Y, et.al. (1989). Act of Writing (McGraw-Hill English Language Series).

Harmer, Jeremy. (2007). How to Teach Writing. Malaysia: Stenton Associates.

Hunley, Tom C. (2007). Teaching Poetry Writing: A Five-canon Approach. Great Britain: MPG Books.

Kennedy, Mary M. (1998). Learning to Teach Writing: Does Teacher Education Make a Difference?. New York: Teachers College, Columbia University.

Kennedy, William. (1966). How to Analyze Fiction. New York: Monarch Press.

Keraf, Gorys. (1985). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Leow, Fui-Theng dan Neo, Mai. (2014). Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education in a Malaysian University. The Turkish Online Journal of Educational Technology. From http://tojet.net/articles/v13i2/13211.

Malik, S. dan Agarwal, A. (2012). Use of Multimedia As a New Educational Technology ToolA Study. International Journal of Information and Education Technology. From http://IJIET.2012.V2.181.

Maryanto, Joni. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Model Picture and Picture dengan Media Gambar pada Siswa Kelas V. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Masidjo, Ign. (1995). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa Di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

McDonald, Christina R., dkk. (2002). Teaching writing: landmarks and horizons. United States of America: Southern Illinois University.

Moeliono, Anton M. (1982). Diksi atau Pilihan Kata. Jakarta: Bharata.
Nanulaitta. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI IPA I SMA Negeri 2 Ambon.

Pradopo, Rakhmat Djoko. (2002). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Raimes, Ann. (1983). Techniques in Teaching Writing. New York: Oxford University Press.

Riswanto dan Putra, Pebri Prandika. (2012). The Use of Mind Mapping Strategy in the Teaching of Writing. International Journal of Humanities and Social Science. From http://ijhssnet.com/journals/Vol_2_No_21_November_2012/8.

Sanaky, Hujair. (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba.

Sanjaya, Wina. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Semi, M. Atar. (1993). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Semi, M. Atar. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Stanton, Robert. (1965). An Introduction to Fiction. New York: Holt, Rinehart and Watson, Inc.

Subana, M. dan Sunarti. (2000). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suyitno, Amin. (2005). Mengadopsi Pembelajaran CIRC dalam Meningkatkan KeterampilanSiswa Menyelesaikan Soal Cerita. UNNES: Seminar Nasional FMIPA.

Tarigan, Henry G. (1994). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thiagarajan, S; Semmel, D.S; & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.

Ummami, Adhe Zahrotul. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Model Pembelajaran Sinektik Menggunakan Media Kartu Analogi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Waluyo, Herman J. (2010). Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widyasari.

Walker, Decker F. & Hess, Robert D. (1984). Evaluation in Courseware Development. Dalam Walker, D. F. & Hess, R. D., Instructional Software: Principles and Perspectives for Design and Use (pp 204-215). California: Wadsworth Publishing Company.

Downloads

Published

2017-09-28

How to Cite

Muttaqin, N. N. L. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA POHON PINTAR BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MODEL PEMBELAJARAN CIRC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(3), 499–507. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n3.p499-507
Abstract views: 1629 , PDF Downloads: 744