PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR PERANAN INDONESIA PADA ERA GLOBAL SISWA KELAS VI SDN 2 TEGALPINGEN PURBALINGGA

Authors

  • Anggit Purwanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n3.p491-498

Abstract

ABSTRACT

This research aims to improve social skills and learning outcomes of social studies by using cooperative learning STAD models in six grade students of SDN 2 Tegalpingen Purblingga. This research is Classroom Action Research that uses the model of Kemmis and Taggart. The Techniques of Collecting data used observation and test. The result of the research indicated an improvement of social skills and student learning outcomes. It can be proved from the observation and analysis of data in each cycles. Improved social skills of students can be seen from the percentage increase social skills in the first cycle is 60% become 80% in the second cycle. Improved student learning outcomes can be seen from the increasing learning outcomes completeness in the first cycle is 60% become 85% in the second cycle. Based on these results it can be concluded that the application of cooperative learning STAD in social studies material role of Indonesia in the global era could improve the social skills and learning outcomes six grade students SDN 2 Tegalpingen Purbalingga..

 

Keywords: STAD cooperative model, social skills, learning outcomes.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe student team achievement division (STAD) pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Tegalpingen Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan desain Kemmis & Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatkan ketermpilan sosial dan hasil belajar siswa. Terbukti dari hasil observasi dan analisis data pada setiap siklusnya. Peningkatan keterampilan sosial siswa dapat dilihat dari peningkatan persentase keterampilan sosial pada siklus I sebesar 60% menjadi 80% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 60% menjadi 85% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning STAD dalam pembelajaran IPS pokok bahasan peranan Indonesia pada era global dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Tegalpingen Purbalingga.

 

Kata Kunci: model kooperatif STAD, keterampilan sosial, hasil belajar.

Author Biography

Anggit Purwanto, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Arends. (2012). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill Company.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-asar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Combs, Slaby. (1997). Social Skill Training with Children. New York: Plennun.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif; Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemmis & Taggart. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Lesmana, Atep. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe STAD Terhadap Keterampilan Sosial dan Kemampuan Berfikir KritisPeserta Didik SD Pada Mata Pelajaran IPS. Pendidikan Dasar. Thesis. UPI.

Munawaroh. (2013). The Effect of Type STAD Cooperative Learning Model, the Way of Learning, And Learning Motivation toward Enterpreneurial Attitudes. International Journal of Research & Method in Education. Volume 3. PP 38-44.

Muslich, Masnur. (2007). KTSP, Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution. (2011). Kajian Pembelajaran IPS di Sekolah. Surabaya: Unesa University Press.

Schunk, Dale. (2012). Learning Theories an Educational Perspective. Boston: Allyn & Bacon. Sixth edition.

Sapriya. (2012). Pendidikan IPS, Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slavin, Robert. (1995). Cooperative Learning, Theory, Reseach and Practice. London: Allyn and Bacon.

Teemuangsai, Sanit, Monchai. (2013). Student Team Achievement Divisions (STAD) Technique through the Moodle to Enhance Learning Achievement. International Journal Education Studies. Vol 6 No 4. ISSN 1913-9020. Pp 85-92.

Tran, Van, Dat. (2014). The Effects of Cooperative Learning on The Academic Achievement and Knowledge Retention. International Journal of Higher Education. Vol 3 No 2. Pp 131-140.

Downloads

Published

2017-09-28

How to Cite

Purwanto, A. (2017). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR PERANAN INDONESIA PADA ERA GLOBAL SISWA KELAS VI SDN 2 TEGALPINGEN PURBALINGGA. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(3), 491–498. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n3.p491-498
Abstract views: 386 , PDF Downloads: 278