PENGEMBANGAN AUTHENTIC ASSESSMENT SEBAGAI FUNGSI PENILAIAN FORMATIF PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD

Authors

  • Nugroho Nugroho Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n3.p474-480

Abstract

ABSTRACT

The objective of this research is to analyze the development results of a valid, reliable, and practical assessment tools in Authentic Assessment as a Function of Formative Assessment In social studies lesson of fourth grade elementary school student. This research is a development research. The development model used in this study is 4D, namely: Define, Design, Develop and Disseminate which refers Thiagarajan development model (1974). The subjects of this research is students of class IV SDN 2 Wonoyoso and SDN Pandanlor Kebumen regency, Central Java. The Product of Authentic Assessment are Scenario Learning, Learning tasks, Instrument of Rating Attitudes, Knowledge, and Skills. The results of this study indicate that the product is the development of Authentic Assessment as a function of formative assessment has (1) validity, (2) reliability, and (3) good practicality when used in social studies lesson in fourth grade elementary school student Semester II, with the theme my environment.

 

Keywords: Authentic Assessment, Formative Assessment, Social Study.

 

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil pengembangan Authentic Assessment Sebagai Fungsi Penilaian Formatif Pada Pembelajaran IPS di kelas IV SD yang valid, reliabel, dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D, yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate yang merujuk pada model pengembangan Thiagarajan (1974). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Wonoyoso dan SDN Pandanlor Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Produk Authentic Assessment yang dihasilkan meliputi Skenario Pembelajaran, Tugas-tugas Pembelajaran, Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Produk berupa pengembangan Authentic Assessment sebagai fungsi penilaian formatif memiliki (1) validitas, (2) reliabiliitas, dan (3) kepraktisan yang baik apabila digunakan pada pembelajaran IPS di Kelas IV SD Semester II, dengan tema Lingkunganku.

 

Kata Kunci: Hasil belajar, IPS, komik, media pembelajaran, pengembangan.

Author Biography

Nugroho Nugroho, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Ibrahim, M. (2005). Assessment Berkelanjutan. Surabaya: Unesa University Press.

Kemdikbud. (2015). Pedoman Penilaian Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemp, J. E. (1994). Designing Effective Instruction. Ontario: Maxwell Macmillan Canada.

Kunandar. (2015). Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 66 Tahun 2013. Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian Pendidikan Oleh Pendidik.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Popham, W. J. (2008). Transformative Assessment. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).

Popham, W. J. (2011). Transformative Assessment In Action. Virginia: ASCD.

Rayment, T. (2006). 101 Essentiial list of Assessent. London: Continuum.

Riyanto, Yatim. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.

________. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Stringer, Ernest T & Christensen LM And Baldwin S C. (2010). Integrating Teaching, Learning, and Action Research. California: SAGE Publication.

Thiagarajan, S & Semmel, DS And Semmel, Melvyn. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Execptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.

Uno, Hamzah B dan Koni. (2013). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2017-09-28

How to Cite

Nugroho, N. (2017). PENGEMBANGAN AUTHENTIC ASSESSMENT SEBAGAI FUNGSI PENILAIAN FORMATIF PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(3), 474–480. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n3.p474-480
Abstract views: 823 , PDF Downloads: 578