PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PERMAINAN KONSENTRASI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V

Authors

  • Apriza Apriza Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n3.p463-473

Abstract

ABSTRACT

This Research aim to find out the significancy effect of cooperative learning type TGT with concentration game media to activity an learning result.The subjects of the research is grade five student of SDN 17 Gedong Tatan and SDN 15 Way Lima. The research is using quasy experiment methode. Desingned with non equivalent control group. The exsperiment class using cooperative learning model type TGT with concentration game media. While the control group using conventional learning models. The data in this research achieved by giving the pretest and postest in experiment and control class.The result of the research shows that mean value of activity at the postest of experiment class is 76,06 and at the control class 64,42.  This result shows different 11,65 . The mean value of learning result test on the posttest at the experiment class shows at 85,91 while the control class shows 71,19. This result shows different 14,72. The result of the research test using independent sample t test using the SPSS 21 for windows programe shows there are significant activity and learning result in experiment class to the control class. Based on that the hypotesis is proven that cooperative learning model type TGT with concentration game media have an effect to activity and learning result of garde Five student on social science.

 

Keywords: Cooperative Learning, Team Games Tournmaent, Concentration Game, Activity, Learning result.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh pembelajaran model kooperatif tipe TGT dengan media permainan konsentrasi terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SDN 17 Gedong Tataan dan SDN 15 Way Lima. Penelitian  ini merupakan  penelitian  eksperimen  semu  (quasy  eksperiment)  dengan  rancangan  penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe TGT dengan media permainan konsentrasi, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data  penelitian  diperoleh  melalui  pretest  dan  postttest  pada  kelas  eksperimen  maupun  kelas  kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diketahui rata-rata nilai posttest aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 76,06 dan nilai kelas kontrol sebesar 64,42. Sehingga, selisih antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol sebesar 11,65. Adapun hasil penelitian tes hasil belajar menunjukkan bahwa diketahui rata-rata nilai posttest tes hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 85,91 dan perolehan nilai kelas kontrol sebesar 71,19. Sehingga, selisih antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol sebesar 14,72. Hasil penelitian dianalisis menggunakan Uji independent t test berbantuan program SPSS 21 for windows menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen terhadap kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis terbukti bahwa pembelajaran model kooperatif tipe TGT dengan media permainan konsentrasi berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Model Kooperatif, Team Games Tournmaent, Permainan Konsentrasi, Aktivitas, Hasil Belajar.

Author Biography

Apriza Apriza, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Arends, R. (1997). Classroom Instructional Management. New York: The Mc. Grow-Hill Company.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar. S. (2015). Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Borich, GD. (1994). Observation Skill for Effective Teaching. Newyork: Macmillan Publishing Company.

Chairhany, Sitie dan Arsaythamby Veloo. (2013). Fostering Students Attitudes and Achievement in Probability Using Teams-Games-Tournaments. http://search.proquest.com/docview/1532635211/fulltextPDF/A3C88E59D25D47C0PQ/1?accountid=38628.

Colman, Andrew M. (2003). Cooperation, Psychological Game Theory, and Limitations of Rationality in Social Interaction http://search.proquest.com/docview/216460272/fulltextPDF/D3F78DBF73F4204PQ/29?accountid=38628.

Depdiknas. (2007). Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gagne, R.M. and Briggs, L.J.(1979). Principles of Instructional Design. New York: Holt, Rinehart and Wisnton.

Gora, Winastwan, dan Sunarto. (2010). Pakematik: Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Gunawan, R. (2011). Pendidikan IPS :Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Heinich, et. al. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall.

Ibrahim, M. dkk. (2008). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa-University Press.

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Divapress.

Ischak, SU, dkk. (2002). Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Ke, Frengfreg. (2008). Alternative Goal Structures for Computer Game-Based Learning. International Journal of Computer-Supported Collaborative Learning, 3(4), 429-445. http://dx.doi.org/10.1007/s11412-008-9048-2.

Knabb, M. T. (2000). Discovering Teamwork: A Novel Cooperative Learning Activity to Encourage Group Interdependence. The American Biology Teacher, 62(3), 211-213. Retrieved from http://search.proquest.com/docview/219021121?accountid=139588.

Margono. S. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Miarso, Y. (2009). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Muijs, Daniel & David Reinold. (2005). Effective Teaching Evidence and Practice. London: SAGE Publications Ltd.

Nur, Mohammad dan Prima Retno Wikandari. (2008). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Unesa-University Press.

Paino, P. (2001). Games Students Play. The Science Teacher, 68(4), 28-30. http://search.proquest.com/docview/214621177?accountid=139588.

Pritchard A. dan J. Woollard. (2010). Psychology for The Classroom: Contructivism and Social Learning. Oxon: Routledge.

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riyanto,Y. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Sanjaya,Wina. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kecana.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sardjiyo. (2013). Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Siberman, M.L. (2014). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Slameto. (2010). Belajar: Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R.E. (2008). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Indeks.

Smaldino, E.Sharon dkk. (2014). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sudjana. N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujadi, I. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Software Cabri 3D ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. http://jurnal.uns,ac,id/Jurnal Elekronik Pembelajaran Matematika. Vol.2, No.8, hal 816-827.

Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supriatna, N. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS.

Suprijono, A. (2005). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryosubroto, S. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto, (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Padang: UNP PRESS.

Winataputra, Udin S. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wyk, Micheal M. Van. (2011). The Effects of Teams-Games-Tournaments on Achievement, Retention, and Attitudes of Economics Education Students. http://search.proquest.com/docview/219021121/fulltextPDF/D3F78DBF73F4204PQ/30?accountid=38628.

Zaini, H, dkk. (2004). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Central For Teaching Staff Develoment.

Downloads

Published

2017-09-28

How to Cite

Apriza, A. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PERMAINAN KONSENTRASI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(3), 463–473. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n3.p463-473
Abstract views: 397 , PDF Downloads: 295